twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 16 Maret 2023

Serunya Buat Kreasi Cakes Kekinian di Kitchen Food University Indonesia Bersama Chef Vivi Liong


Dari Hands on Group Practices, Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Tampilkan Empat Kreasi Korean Folding Cake dengan Aneka Topping Cantik nan Elegan

  

DALAM gelaran Hands on Group Practices kali ini, Chef Vivi Liong bersama mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A dan B Class (Pagi), menampilkan cakes kekinian bertajuk Korean Folding Cake nan cantik dan elegan, di Kitchen Modern 1, Lantai 1 Food University Indonesia (FUI) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Rabu (15/03/2023).

 

Korean Folding Cake adalah dessert yang sekarang lagi populer di Negeri Ginseng (Korea Selatan) itu belakangan mulai dikenalkan pada publik Surabaya. Teksturnya yang lembut semakin terasa meleleh di mulut karena cakes itu ada filling-nya yang berupa cream dengan aneka varian rasa yang lezat.  

 

Di sejumlah outlet Cake & Patisserie Shop terkemuka di Surabaya, kreasi cakes kekinian yang lagi populer ini dikemas dalam wadah plastik transparan, sehingga tampilannya semakin cantik dan elegan. Setiap paketnya berisi 3-4 buah Korean Folding Cake dibandrol antara Rp 35.000-Rp 50.000,00

 

Dalam gelaran Hands on Group Practices hari pertama, Selasa (14/03/2023), Chef Vivi melibatkan 16 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar B Class (dibagi menjadi empat tim) demi membuat Korean Folding Cake. Sementara itu pada pertemuan hari kedua, Rabu (15/03/2023), giliran 16 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A Class (juga dibagi menjadi empat tim) yang dibekali Chef Vivi seputar teknik membuat Korean Folding Cake nan cantik dan elegan tampilannya.

 

Baik mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar B Class maupun mahasiswa Pastry Art A Class, tampil antusias saat praktik membuat Korean Folding Cake mulai dari A (prepare bahan) sampai Z (mem-plating dan meng-garnish) di meja display produk, bersama Chef Vivi di Kitchen Modern 1, Lantai 1 Food University Indonesia (FUI).

 

Demi membuat Korean Folding Cake sesuai standar industri, maka bahan yang dibutuhkan membuat cakes populer ini melalui beberapa tahapan pekerjaan. Tahapan pekerjaan pertama membuat Vanilla Sponge dikerjakan Tim A (setiap tim anggotanya empat orang mahasiswa). Bahannya terdiri dari egg, castor sugar, cake emulsifier, salt, Kunci Biru (KB) flour, corn starch, vanilla milk paste (all in one method) dan unsalted butter (melted). 


Selanjutnya Tim B diminta Chef Vivi Liong membuat Chocolate Sponge. Bahannya meliputi egg, castor sugar, cake emulsifier, salt, KB flour, cocoa powder, corn starch, choco paste, rhum bake (all in one methode) dan unsalted butter (melted). 

 

Giliran Tim C yang kebagian tugas dari Chef Vivi untuk membuat Matcha (Green Tea) Sponge. Bahannya terdiri atas egg, castor sugar, cake emulsifier, salt, KB flour, matcha pawder, corn starch, vanilla paste (all in one method) dan unsalted butter (melted).

 

Sedangkan empat personel Tim D diberi tugas oleh Chef Vivi membuat Strawberry Sponge. Bahannya meliputi egg, castor sugar, cake emulsifier, salt, KB flour, corn starch strawberry paste (all in one method) dan unsalted butter (melted). Adonan cakes yang sudah siap lalu ditaruh dalam wadah ala cupcake baru di-bake pada suhu 180*C selama 10 menitan.


Tahapan pekerjaan berikutnya adalah membuat filling-nya. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari rich crème, castor sugar ice water (mixing until 90 persen peak), matcha powder, choco filling, lotus jam dan cheese spread.

 

Untuk Vanilla Sponge maka filling-nya adalah Lotus Cream, Chocolate Sponge diberi filling berupa Strawberry Cream, sedangkan Matcha Sponge maka filling-nya adalah Choco Cream dan yang terakhir Strawberry Sponge dikasih filling berupa Cheese Cream.

 

Sementara itu untuk topping-nya sendiri, Anda bisa memanfaatkan peanut chunk, kiwi, mandarin orange, oreo biscuit, strawberry dan choco ball. Dengan topping tersebut maka tampilan dari Korean Folding Cake menjadi semakin cantik, berkelas dan elegan.


Chef Vivi pun antusias memberikan finishing touch agar tampilan Korean Folding Cake setelah di-plating dan di-garnish menjadi semakin keren saat ditata di meja display produk. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible…

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar