twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 09 Maret 2023

Aksi Ciamik Mahasiswa Buat Aneka Kreasi Chocolate Praline Bersama Chef Dwi Mei Retnowati


Dari Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Pastry Art Tampilkan Enam Kreasi Praline Kekinian yang Keren Banget

 

DOSEN Pengajar Pastry Art Tristar Group Chef Dwi Mei Retnowati giliran berbagi ilmu dengan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, seputar teknik membuat enam kreasi Chocolate Praline kekinian selama dua kali pertemuan, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (06/03/2023) pagi.


Sebelum praktik membuat aneka kreasi Chocolate Praline, Chef Dwi Mei Retnowati menerangkan sejarah singkat Chocolate Praline menjadi suatu olahan coklat eksklusif dan menjadi pilihan keluarga bangsawan, ketika memberikan hadiah kepada mereka yang dianggap penting. Jadi wajar saja bila Chocolate Praline sangat jarang dikonsumsi oleh warga biasa pada saat itu.

 

Chocolate Praline diyakini bermula dari seorang Chef Duke of Plessis-Praslin, yang secara tidak sengaja menumpahkan gula mendidih yang meleleh pada bubuk almond. Kemudian lahirlah kata Praline.

 

Berdasarkan bahan pembuatnya, Praline pada awalnya dibuat dari campuran almond dan gula yang dilelehkan. Lantas resep dasar ini diinovasi oleh perajin Praline dari Belgia dengan mencampurkannya dengan coklat. Sejarah coklat mencatat ini terjadi sekitar tahun 1671 silam.

 

Chocolate Praline adalah sejenis permen coklat yang biasa di dalamnya berisi isian buah kering berupa kismis atau kacang-kacangan seperti hazelnut atau isian lain misalnya caramel dan sebagainya. Berbentuk bulatan kecil-kecil atau persegi dan ada juga yang berwarna-warni.

 

Biasanya Chocolate Praline dikemas secara satuan (per butir) dalam kemasan kado. Chocolate Praline biasa dijadikan hadiah Hari Kasih Sayang seperti Valentine Day. Tak hanya sebatas itu, Chocolate Praline juga cocok banget diberikan sebagai hadiah untuk orang-orang yang dicintai seperti pasangan, teman atau keluarga.

 

Dalam kesempatan itu, Chef Mei, sapaan akrabnya, juga menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pembuatan dan pencetakan Chocolate Praline dengan tampilan unik, imut dan cute di hadapan anak didiknya.

 

Oleh Chef Mei, mahasiswa Pastry Art Class juga dibekali pengetahuan tentang jenis coklat dan teknik pengolahan coklat hingga cara membuat berbagai ornament dengan motif daun, bunga, sulur (ulir), stick dan cigarette dari dark chocolate maupun white chocolate yang cantik saat praktik di cold kitchen Graha Tristar Surabaya, Senin (06/03/2023) pagi.

 

Sesuai panduan praktik membuat aneka olahan produk pastry di Buku Ajar (Silabus), pada pertemuan hari pertama, Senin (06/03/2022) pagi, sembilan mahasiswa Pastry Art Class itu diajarkan membuat tiga resep kreasi Chocolate Praline yakni Rhum Truffle, Crunchy Peanut Butter Balls dan Strawberry & Biscuit Truffle.

 

Sedangkan keesokan harinya, tepatnya pada tatap muka hari kedua, Selasa (07/03/2023) pagi, mahasiswa Pastry Art Class kembali dikenalkan cara membuat tiga resep Chocolate Praline yang berbeda, yakni Mocha Caramel Praline, Strawberry Cheese Praline dan Lemon Cream Praline yang legit rasanya.

 

Selama praktik hari pertama, sembilan mahasiswa itu dibagi dalam empat kelompok kecil. Masing-masing kelompok tersebut beranggotakan 2-3 mahasiswa. Setiap kelompok diberi tugas membuat satu dari tiga resep kreasi Chocolate Praline yang kerern banget tampilannya.

 

“Namun saat mem-plating dan meng-garnish-nya, setiap anggota kelompok saya minta tampil all out dalam menuangkan ide-ide briliannya agar lahir lebih beragam kreasi plating yang ditampilkan,” terang Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Dari tiga resep tersebut, indikasi kreasi Chocolate Praline yang dibuat setiap kelompok mahasiswa itu berhasil jika tampilan permukaan cenderung kasar, bentuknya tidak beraturan dan warnanya buram (nge-dop) karena tidak dicetak dalam cetakan (silicon mold), melainkan dibentuk bulat pakai tangan secara manual. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible …          

 

Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar