twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 19 Maret 2023

Hebohnya Mahasiswa Praktik Buat Aneka Kreasi Chocolate Praline Bersama Chef Ita Suhervin


Mahasiswa Pastry Art Tampilkan Aneka Kreasi Chocolate Praline yang Imut, Lucu dan Cute, Usai Praktik di Cold Kitchen Food University Indonesia

 

SELAMA dua hari tatap muka, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A dan B Class diajarkan membuat enam kreasi Chocolate Praline yang imut, lucu dan cute banget tampilannya, di Kitchen Modern Food University Indonesia (FUI) bersama Chef Ita Suhervin dan asistennya, Chef Enny Suryati, Rabu (15/03/2023) pagi, pekan lalu.

 

Pada pertemuan hari kedua, Rabu (15/03/2023), sebanyak 16 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar B Class yang berkampus di Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya pagi itu berjibaku secara individual di cold kitchen, demi membuat tiga kreasi Chocolate Praline, yakni Nut Praline, Lemon Cream Praline dan Mocha Caramel Praline sesuai arahan dan tugas dari dosen pengajar.

 

Menurut Chef Ita, sapaan akrabnya, enam mahasiswa mendapat tugas membuat Nut Praline, sedangkan lima mahasiswa berikutnya kebagian job membuat Lemon Cream Praline dan lima mahasiswa yang terakhir praktik membuat Mocha Caramel Praline.

 

Ketika praktik membuat tiga kreasi Chocolate Praline pada hari terakhir itu, setiap individu mahasiswa Pastry Art Class diminta menggunakan cetakan silikon (silicon mold) dengan berbagai karakter seperti wajah teddy bear, blossom flower, ball, star, clamshell, scallob dan sebagainya yang imut, lucu dan cute tampilannya.

 

Sementara itu saat praktik pada hari pertama, Senin (13/03/2023), mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar B Class diajarkan membuat tiga kreasi Chocolate Praline yang berbeda daripada praktik hari kedua, yakni Pinacolata Truffle, Tropica Truffle dan Biscuit Nut Truffle.

 

Untuk membuat tiga kreasi truffles tersebut, masing-masing individu cukup memanfaatkan ketrampilan tangan alias tidak menggunakan silicon mold. Tampilan truffles cenderung warnanya nge-dop (buram) atau tidak mengkilap, permukaan kasar dan tidak beraturan bentuknya.

 

Sebelum praktik membuat enam kreasi Chocolate Praline dalam dua kali pertemuan, Chef Ita menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pembuatan dan pencetakan Chocolate Praline menggunakan silicon mold dan membuat Chocolate Praline secara manual dengan telapak tangan. Selain itu, dosen pengajar juga membekali pengetahuan tentang jenis coklat dan teknik pengolahan coklat.

 

Sesuai panduan praktik membuat aneka olahan produk pastry di Buku Ajar (Silabus), pada pertemuan hari kedua, Rabu (15/03/2023) pagi, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas B giliran diajarkan Chef Ita bersama asistennya cara membuat tiga resep kreasi Chocolate Praline yakni Nut Praline, Lemon Cream Praline dan Mocha Caramel Praline.

 

”Dari tiga resep tersebut, indikasi kreasi Chocolate Praline yang dibuat mahasiswa secara individual itu berhasil jika tampilan permukaan produknya rata-rata mengkilap, lucu, imut dan cute banget penampilannya,” terang Chef Ita Suhervin kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Selain mahasiswa Pastry Art B Class, Chef Ita  juga membekali mahasiswa Pastry Art A Class teknik membuat enam kreasi Chocolate Praline yang keren tampilannya pada Selasa (14/03/2023) dan Kamis (16/03/2023) di Kitchen Modern Lantai 2 Food University Indonesia (FUI) Tristar Manyar Surabaya.     

 

Demi menghasilkan tampilan produk Chocolate Praline yang menarik, mahasiswa juga harus paham teknik pengolahan coklat yang benar dan penggunaan bahan pewarna makanan (food coloring) yang tepat, sebelum praktik membuat Chocolate Praline di cold kitchen Tristar Manyar Surabaya.



”Untuk hasil terbaik, mahasiswa juga diminta terus mengasah kreativitasnya ketika mem-plating produk Chocolate Praline yang baru selesai dibuat. Jika saat mengambil praline ada bagian pinggirannya yang belum rata, bisa Anda rapikan dengan gunting kecil agar finishing-nya nanti terlihat halus, menarik dan rapi,” kata Chef Ita memberi panduan cara membuat kreasi Chocolate Praline yang cantik dan menarik.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Manyar (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Tristar Group, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar