twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 14 Maret 2023

Asyiknya Mahasiswa Belajar Teknik Pengolahan Modern & Fusion Bread Bersama Chef Renny Savitri


Dari Kitchen Graha Tristar, Mahasiswa Pastry Art Class Tampilkan Fried Curry Bread, Sweet Potato Bread dan Roti Sisir Sandwich Kekinian 


MAHASISWA Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari disupervisi langsung oleh Chef Renny Savitri, tampil antusias demi membuat tujuh kreasi Modern & Fusion Bread kekinian nan keren dalam dua kali pertemuan, di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Pada tatap muka hari kedua, Senin (06/03/2023), pekan lalu, Chef Renny, kembali mengajarkan 10 anak didiknya yang hadir pagi itu seputar cara membuat tiga kreasi Modern & Fusin Bread, yakni Fried Curry Bread, Sweet Potato Bread dan Roti Sisir Sandwich.


”Sedangkan pada pertemuan hari pertama, Rabu (01/03/2023) lalu, mahasiswa saya ajarkan cara membuat empat kreasi Modern & Fusion Bread yang lain, yakni Cheese Smoke & Blueberry Crumble Loaf, Japanese Soft Roll Bread dan Twist Doughnut yang elegan dan berkelas,” kata Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, Senin (06/03/2023) siang.


Mahasiswa Pastry Art Class yang praktik pagi itu bekerja all out di cold kitchen, demi membuat tiga kreasi Modern & Fusion Bread dengan tampilan kekinian sesuai pembagian tugas yang diberikan dosen pengajar.


Mereka yang hadir pagi itu dibagi menjadi tiga tim, masing-masing tim beranggotakan 3-4 orang. Setiap tim ditugasi membuat satu kreasi Modern & Fusion Bread dengan durasi 2-3 jam. Terhitung sejak prepare bahan, memproses di cold kitchen hingga mem-plating dan meng-garnish-nya, sebelum tiga produk pastry itu dievaluasi dan dikritisi Chef Renny Savitri.


Tak salah jika masing-masing tim pun kerja keras untuk membuat produk pastry dengan sebaik-baiknya seperti arahan Chef Renny. Tim A misalnya, tampil percaya diri saat bekerja di cold kitchen demi membuat Fried Curry Bread yang berasa asin/gurih (savoury taste) dengan tampilan cantik dan menarik.


Begitu juga dengan Tim B, yang kebagian tugas membuat kreasi Sweet Potato Bread yang berasa manis (sweet taste), tampil kompak saat bekerja di cold kitchen, sejak prepare bahan, mengolah hingga mem-plating-nya agar tampilannya memikat hati. Sedangkan Tim C pun tampil penuh semangat ketika bekerja di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan Roti Sisir Sandwich sesuai standar hotel berbintang.


Selama berjibaku di cold kitchen, tiga mahasiswa anggota Tim A, misalnya, terlihat bahu-membahu membuat Fried Curry Bread. Bahan-bahan yang disiapkan untuk membuat adonan Fried Curry Bread adalah bread flour, all purposes flour, tapioca flour, sugar, milk powder, butter, margarine, instant yeast, egg, fresh milk dan salt (Bread Dough).


Selanjutnya untuk membuat filling-nya, maka bahan yang dibutuhkan terdiri dari onion (di-chop dulu), garlic (juga di-chop atau di-blend), hot chili (di-slice), curly red chili (di-blend), chicken (di-boiled & shredded), coconut cream, potato (di-small dice lebih dulu baru di-fried) dan carrot (juga di-small dice) lalu tambahkan seasoning.


”Sebelum Fried Curry Bread setengah jadi itu digoreng, maka celupkan lebih dulu ke dalam egg white baru ditaburi dengan bread crumb sampai merata,” terang Chef Renny Savitri di hadapan anak didiknya.


Sementara itu mahasiswa yang menjadi anggotaTim B dan C pun harus berjibaku di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan Sweet Potato Bread dan Roti Sisir Sandwich kekinian nan keren. Good jobs! Bro & Sis. Very very impressive


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Class Art Class di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar