twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 26 Februari 2023

Aksi Heboh Mahasiswa Cooking Practices with Chef Frido di Kitchen Modern Graha Tristar


Chilli Con Carne, Mexican Burrito dan Guacamole, Tiga Menu Masakan American Cuisines Legendaris Persembahan Mahasiswa Culinary Art Class 

 

EMPAT tim mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tampil heboh saat praktik masak hari terakhir, Selasa (21/02/2023) pekan lalu, bersama Guest Lecturer Chef Fridolin Nombert Liem Schufzler, demi mempersembahkan tiga menu American Cuisines legendaris, yakni Chilli Con Carne, Mexican Burrito dan Guacamole yang tasty & deliciously, di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha TristarJl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Selama praktik masak American Cuisines pada hari kesepuluh, sekitar 18-an mahasiswa Culinary Art Class (terbagi dalam Tim A, B, C dan Tim D) yang hadir pagi itu tampil penuh semangat, demi masak American Cuisines ala sajian makanan mewah di hotel-hotel berbintang dan restoran terkenal di Surabaya.

 

Oleh Chef Frido, sapaan akrabnya, mahasiswa Culinary Art Class itu diajarkan cara masak Chilli Con Carne, Mexican Burrito dan Guacamole. Sedangkan pada tatap muka hari kedelapan, Rabu (22/02/2023) lalu, Chef Frido berbagi ilmu dengan anak didiknya demi masak Fujitas, The Tortilla dan Enchiladas de Camaron yang lezat.

 

Menurut Chef Frido, bahan yang disiapkan oleh masing-masing tim untuk masak Chilli Con Carne (sup pedas yang mengandung daging sapi, cabai, tomat dan kacang merah) terdiri dari onion dan garlic (di-chop), salad oil, lean beef, chili powder, paprica (di-dice dulu) baru di-sautee jadi satu. Sedangkan tomato (di-blender), kemudian cumin, oregano dan thyme (disangrai tanpa minyak).

 

Selanjutnya lean beef bersama bumbu pendukungnya tersebut dimasak bersama bay leaf, beef stock (kaldu daging sapi), tomato paste dan flour hingga kuahnya mengental dan tekstur lean beef-nya menjadi lembut.

 

Sedangkan menu kedua adalah Mexican Burrito. Untuk membuat masakan yang satu ini, maka langkah pertama adalah membuat tortilla lebih dulu. Bahannya meliputi soft flour, water, baking powder, salt, white margarine, baking soda dan yeast (ragi roti). Sementara itu untuk membuat filling-nya, maka bahan yang dibutuhkan terdiri atas tortilla, tomato, onion, oil, shredded beef, kidney bean, salt, pepper, paprica powder dan chili powder, iceberg lettuce dan cheddar (di-grated).

 

Selanjutnya menu masakan terakhir yang dibuat masing-masing tim adalah Guacamole. Bahannya meliputi avocado (di-dice atau di-chop lebih dulu), cilantro, onion (juga di-chop), lemon juice (di-slice), jalapeno (di-slice atau bisa juga di-chop), garlic (juga di-chop) dan olive oil.

 

Sementara itu pada pertemuan kali pertama, tepatnya pada materi praktik masak hari kedelapan (Rabu, 22/02/2023) lalu, Chef Frido mengajarkan teknik masak Fujitas, The Tortilla dan Enchiladas de Camaron yang lezat, di hot kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Selain menekankan aspek tekstur dan citarasa hasil olahan makanan, aspek penyajiannya pun tak luput dari perhatian Chef Frido terutama ketika hasil masakan masing-masing tim (baik Tim A, B, C maupun Tim D) tersebut disajikan di atas meja display produk.

 

”Oleh karena itu, saya juga memberikan kesempatan sama kepada masing-masing tim untuk menuangkan ide-ide fantastis mereka saat mem-plating ketiga menu masakan legendaris tersebut agar tampilannya keren banget dan terkesan mewah, layaknya hidangan berkelas di hotel-hotel berbintang atau restoran terkenal,” terang Chef Frido, yang pernah kuliah masak di Negeri Kanguru (Australia) tersebut. Good jobs! Bro & Sis. Very very impressive

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar