twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 17 Februari 2023

Ciamiknya Aksi Mahasiswa Praktik Masak American Cuisines di Kitchen Modern Graha Tristar


Wow! Lezatnya Mexican BBQ Ribs, Paella dan Ensalada de Nacho Buena, Tiga Menu Masakan Legendaris dari Negeri Sombrero Meksiko 



AKSI ciamik ditampilkan empat tim mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, saat praktik masak tiga menu masakan legendaris dari negeri Sombrero sebutan lain Negara Meksiko, yakni Mexican BBQ Ribs, Paella dan Ensalada de Nacho Buena nan lezat, di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha TristarJl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (13/02/2023) pagi.

 

Selama praktik masak American Cuisines pada hari ketujuh, sekitar 16-an mahasiswa yang hadir pagi itu tampil all out, demi masak Mexican BBQ Ribs, Paella dan Ensalada de Nacho Buena ala masakan di hotel berbintang yang disupervisi langsung oleh Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Class Akpar Majapahit.

 

Kali ini mahasiswa diajarkan cara masak Mexican BBQ Ribs dan Paella (Main Course), sedangkan Ensalada de Nacho Buena (Salad/Appetizer). Praktik masak tiga menu American Cuisines tersebut menekankan cara pengolahan iga sapi (ribs) lengkap dengan saus BBQ ala masakan khas Meksiko.

 

Secara umum resep seputar masakan Meksiko itu dikenal sebagai Taco Seasoning. Bahannya terdiri atas chili powder, cumin, garlic powder, smoke paprika powder, oregano, onion powder, sea salt, ground blackpepper dan red flakes pepper.

 

Menurut Chef Nadya, demi masak Mexican BBQ Ribs yang serat iga sapinya bertekstur lembut dan gurih taste-nya, maka sejumlah bahan masakan yang disiapkan terdiri dari short beef ribs yang sudah di-marinated, kemudian di-bake selama 30 menitan pada suhu 160*C. Bumbu untuk marinasinya sendiri terdiri atas paprika, garlic, blackpepper, cayenne pepper, thyme dan oregano.

 

Selanjutnya masing-masing tim (Tim A, B, C maupun Tim D), juga diminta Chef Nadya Ratri Aryani untuk membuat BBQ Sauce sendiri, Bahannya meliputi tomato paste, chopped gherkin, onion, clove, brown sugar, L&P sauce, tabasco, vinegar, tomato sauce dan cilantro leaf.

 

Sedangkan menu kedua adalah Paella. Untuk masak Paella yang delicious, maka bahan masakan yang dibutuhkan adalah onion, garlic, jalapeno, cayenne, tomato, olive oil, rice, cumin, grean peas, beef sausage dan beef bacon. Beras dimasak jadi satu bersama bumbu dan sosisnya, lalu angkat jika sudah matang, Paella tampilannya seperti bubur dengan warna kecoklatan dan beraroma khas.

 

Sementara itu menu masakan terakhir yang dibuat masing-masing tim adalah Ensalada de Nacho Buena (Salad)-nya yang segar. Bahannya meliputi orange, iceberg lettuce, apple (cuci potong cube atau di-slice agak tebal), banana, small pineapple, beetroot, roasted peanut (disangrai), olive oil, white vinegar, sugar dan tambahkan salt & pepper (S&P) secukupnya untuk taste-nya.

 

Praktik pengolahan makanan American Cuisines hingga pertemuan hari ketujuh itu sudah mengaplikasikan teknik-teknik memasak seperti grilling, roasting, sautéing, boiling, simmering, braising dan yang lainnya. Oleh karena itu, mahasiswa Culinary Art diharapkan sudah bisa membaca resep sekaligus mempraktikannya di hot kitchen kampus dengan baik.

 

Masing-masing tim yang berjibaku di hot kitchen, juga diberi kesempatan sama untuk menuangkan ide-ide cemerlang mereka saat mem-plating ketiga menu masakan American Cuisines tersebut agar tampilannya semakin keren, elegan dan berkelas, layaknya sajian makanan di hotel berbintang atau restoran terkemuka di Surabaya. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar