twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 16 Februari 2023

Melihat Kehebohan Gelaran Cooking Demo & Duplication with Chef Mario Alvin Jonathan


Dari Kitchen Graha Tristar, Empat Tim Mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi Sukses Duplikasikan Brazilian Chicken Steak with Chimicurri Sauce & Potato Salad yang Tasty & Delicious

 

PADA pertemuan kali ini, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, Chef Mario Alvin Jonathan menggelar Cooking Demo American Cuisines & Duplication, demi membuat Brazilian Chicken Steak with Chimicurri Sauce & Potato Salad yang tasty & delicious, di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (13/01/2023) pagi.

 

Oleh Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Jonathan, salah satu menu masakan American Cuisines yang populer di Negeri Samba tersebut ditampilkan pada saat cooking demo di hadapan 18 mahasiswa Culinary Art Class.

 

Untuk masak Brazilian Chicken Steak with Chimicurri Sauce & Potato Salad sesuai standar industri perhotelan, Chef Jo melakukannya dalam beberapa tahapan pekerjaan. Pekerjaan pertama masak Chicken Steak. Bahan masakan yang dibutuhkan adalah chicken thigh fillet, ground cumin, oregano, thyme, lime, olive oil, salt dan blackpepper.

 

Semua bahan tersebut lalu di-marinated. Selanjutnya daging ayam itu di-slice dan ditaruh di atas pan grill kemudian di-roast selama 15 menitan pada suhu 180*C, ditunggu sampai matang baru diangkat.

 

Tahapan pekerjaan berikutnya membuat Chimisrurri Sauce. Untuk membuat saus yang istimewa ini maka bahan masakan yang diperlukan terdiri atas shallot, jalapeno dan galic (ketiganya di-minced), red wine vinegar, salt, cilantro, parsley dan oregano (juga di-minced) dan olive oil dimasak jadi satu hingga kuahnya mengental.

 

Pekerjaan terakhir adalah membikin Potato Salad-nya. Bahan yang disiapkan adalah potato dan carrot (di-dice) lalu di-blanch sebentar, sedangkan parsley-nya di-chop, green olive (di-slice), mayonnaise serta salt & pepper.

 

Langkah terakhir pada perhelatan cooking demo tersebut, Chef Jo kemudian mem-plating hasil kreasi masakannya agar tampilannya semakin keren dan berkelas. Menu Brazilian Chicken Steak with Chimicurri Sauce & Potato Salad yang tasty & delicious pun akhirnya ditampilkan di meja display produk untuk didokumentasikan oleh Tim Multimedia Tristar Group. Good jobs! Chef Jo.

 

Setelah menghelat cooking demo, sekarang giliran empat tim mahasiswa Cilinary Art Class diminta untuk menduplikasi apa yang telah dicontohkan dosen pembimbing saat cooking demo, baik Tim A, B, C maupun Tim D kebagian tugas masak menu populer tersebut dan mem-plating-nya dengan tampilan yang keren, sebelum dievaluasi langsung oleh Chef Jo.

 

Sesuai arahan dosen pembimbing, baik Tim A, B, C maupun Tim D (yang masing-masing tim beranggotakan 4-5 orang) tampil bersamaan di hot kitchen. Mereka pun tampil all out saat proses menduplikasikannya dengan durasi 90 menitan (sekitar 1,5 jam) di hot kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Kepada kru www.sekolahmasak.info, di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar, Chef Jo mengapresiasi upaya masing-masing tim menampilkan hasil kreasi masakan terbaiknya, seusai menduplikasikan salah satu masakan populer American Cuisines, yakni Brazilian Chicken Steak with Chimicurri Sauce & Potato Salad. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar