twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 24 Februari 2023

Memotret Keseruan Acara Baking Demo & Duplication with Chef di Kitchen Patisserie Graha Tristar


Chef Verian Mahendra Jati Tampilkan Idul Fitri Cake dan Dome Cake, Dua Kreasi Cakes Modern nan Elegan


GUEST Lecturer dari Tigerson Philti, Chef Verian Mahendra Jati AMd.Par menggelar Baking Demo & Duplication with Chef, di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (21/02/2023) pagi, demi membuat Idul Fitri Cake dan Dome Cake, dua kreasi cakes modern nan elegan tampilannya.

 

Gelaran Baking Demo & Duplication itu selain dihadiri 20-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit dari Kelas A-1 Pagi dan Kelas A-2 Pagi, juga disaksikan langsung oleh tiga orang Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Sari Palupi, Chef Renny Savitri dan Chef Dwi Mei Retnowati.

 

Sebelum demo, Chef Verian menjelaskan secara singkat mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias cakes modern di hadapan mahasiswa Pastry Art Class. Chef Verian juga mengingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue dan cara menghias kue yang tentunya diajarkan sebelumnya oleh dosen pengajar di cold kitchen kampus.

 

Technical Advisory Tigerson Philti ini pun menjelaskan keunggulan produk premium jelly glaze dari Tigerson yakni Royal Jelly. Manfaat dari penggunaan Royal Jelly membuat tampilan cake menjadi shining & glowing, tampilan cake-nya pun semakin elegan, tampak bersinar sebening kristal (crystal clear) dan materialnya sendiri terbuat dari bahan-bahan premium.

 

Hal itu ditunjukkan oleh Chef Verian saat menghelat baking demo sesi pertama, demi membuat Idul Fitri Cake, sedangkan baking demo sesi kedua baru membuat Dome Cake. Pekerjaan tahap pertama adalah membuat adonan sponge cake. Adonan cake itu dicetak pada loyang bulat berdiameter 14 cm, kemudian di-bake di dalam mesin oven pada suhu 180*C selama 25-30 menitan. Pada demo tersebut telah disiapkan 12 buah sponge cakes.

 

Dari 12 buah sponge cakes tersebut, dua cakes-nya dimanfaatkan Chef Verian untuk membuat Idul Fitri Cake dan Dome Cake yang tampilannya tampak shining & glowing dengan garnish-nya berupa chocolate ornament dan irisan buah strawberry yang masih fresh.

 

Sementara itu 10 sponge cakes sisanya digunakan oleh 20-an mahasiswa Pastry Art Class (dibagi dalam 10 tim) untuk praktik menduplikasikan Idul Fitri Cake seperti yang dicontohkan Chef Verian, namun tampilan mirror glazing-nya diserahkan masing-masing tim, sehingga tercipta 10 kreasi Idul Fitri Cake yang beragam tampilannya. Amazing banget!

 

Demi membuat Idul Fitri Cake yang keren, maka sponge cake diletakkan di atas rolling desk cake untuk memudahkan proses memotong cake jadi dua lalu ditengahnya diisi whipped cream (berwarna putih seperti salju) yang sudah disiapkan sebelumnya.

 

Selanjutnya sponge cake dilapisi (ditutup) whipped cream secara merata dengan spatula dan rolling desk cake diputar perlahan agar ketebalan whipped cream-nya rata dan hasilnya pun semakin bagus.

 

Sebelum melapisi sponge cake dengan whipped cream, Chef Verian juga berbagi ilmu dengan mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu untuk membuat aneka kreasi chocolate ornament yang bernuasa Idul Fitri seperti ketupat, bintang, bulan dan unta.

 

Sebelum hiasan chocolate ornament itu diletakkan di atas permukaan cake, maka sponge cake yang sudah dilapisi whipped cream, lalu dilapisi lagi dengan royal jelly (premium jelly glaze) produksi Tigerson Philti dan ditambahkan beberapa tetes food coloring sesuai selera agar hasil akhirnya nanti tampak bersinar bak kristal.

 

”Selama proses melapisi cake ini dengan premium jelly glaze pun harus dllakukan hati-hati sambil diputar perlahan-lahan sampai menutup seluruh permukaan cake hingga sempurna. Selanjutnya untuk finishing touch-nya saat menghias cake, saya baru taruh beberapa chocolate ornament dan irisan buah strawberry yang masih segar,” ulas Chef Verian di hadapan mahasiswa. Good jobs! Chef. Very very impressive …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar