twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 06 Februari 2023

Melihat Keseruan Mahasiswa Pastry Art Class Praktik Entrepreneur di Kitchen Graha Tristar


DuaTim Mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi Sukses Duplikasi Dua Kreasi Sweet Bread Kekinian, Mini Pizza & Banana Bread


UNTUK menyukseskan Program Entrepreneur yang mulai bergulir sejak pertengahan Januari 2023 lalu, dua tim mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi, yang sehari-hari diasuh Chef Sari Palupi, berhasil menduplikasi dua kreasi sweet bread kekinian, yakni Mini Pizza & Banana Bread, seperti yang dicontohkan ketika gelaran Baking Demo for Entrepreneur pada pekan sebelumnya. Praktik entrepreneur tersebut dihelat di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (25/01/2023) lalu.

 

Dua kreasi sweet bread kekinian itu selain ada yang berasa manis (sweet taste) juga ada yang berasa gurih/asin (savoury taste). Pada saat menduplikasikannya, baik Tim A (Amelia Amanda, I Made Ananda, Difilia Ilsabana, Jonathan Aurelliano dan Muthia Azzahra) maupun Tim B (Teresa Avila One, Zydan Prima Alzahri, Evan Peterson, Nathania Emanuella Tawas, Gilbert Justyn Kang dan Marchella Jocelyn Wang), kebagian tugas membuat dua kreasi produk pastry, yakni Mini Pizza & Banana Bread, sesuai standar industri perhotelan.

 

Demi mempercepat pekerjaan, dua tim itu pun harus berjibaku di cold kitchen sejak prepare bahan roti, memprosesnya menjadi bread setengah jadi lalu mem-proofing-nya selama 45-60 menitan agar mengembang dan selanjutnya mem-bake-nya di mesin oven pada suhu 180*C selama 15-20 menitan.

 

Mengingat resep membuat Mini Pizza & Banana Bread ini untuk tujuan komersial, maka bahan yang dibutuhkan terdiri atas bread flour, medium flour, sugar, yeast, bread improver, egg yolk, fresh cream, cool water, butter dan salt harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya termasuk mengkalkulasi resep dan berapa biaya pengadaan bahannya secara rinci.

 

Selama bekerja di cold kitchen, masing-masing tim juga sibuk menyiapkan bahan untuk membuat filling & topping-nya. Filling & topping untuk Mini Pizza, maka bahan yang dibutuhkan adalah bolognaise sauce, sausage beef, red & green paprika, cheddar cheese, mozzarella, chili sauce, mayonnaise, onion dan dry oregano secukupnya.

 

Sementara itu filling & topping untuk Banana Bread bahannya meliputi banana (pisang raja), choco filling dan cheddar cheese. Jangan lupa sebelum di-bake, roti setengah jadi tersebut di-wash lebih dulu dengan milk powder yang telah diencerkan dengan water agar permukaan roti tampak mengkilap usai proses pengovenan.


Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Sari Palupi, meminta masing-masing tim yang terlibat dalam proses duplikasi dua kreasi sweet bread kekinian tersebut tetap tampil penuh semangat selama proses duplikasikasi di cold kitchen Graha Tristar Surabaya, Rabu (25/01/2023) lalu.



”Baik Tim A maupun Tim B, saya minta untuk menampilkan dua kreasi sweet bread terbaiknya di meja display produk sebelum saya evaluasi apakah produk pastry untuk program entrepreneur tersebut sudah sesuai ekspektasi, mengingat awal Februari 2023 ini mereka sudah harus menggelar test food dan presentasi proposal,” ujar Chef Upi, sapaan akrab Sari Palupi. Good jobs! Bro & Sis. Very very nice

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar