twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 07 Februari 2023

Asyiknya Buat Kue Tradisional di Kitchen Modern Food University Bersama Chef Ita Suhervin


Aplikasikan Resep Leluhur, Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas B Tampilkan Tiga Kreasi Kue Tradisional, Putri Mandi, Klepon dan Pukis


 

SEBANYAK 15 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas B tampil percaya diri saat praktik pada hari pertama membuat Putri Mandi, Klepon dan Pukis, tiga kreasi kue tradisional khas Indonesia yang popularitasnya tetap eksis di era millennial saat ini. Selama praktik hari pertama di Kitchen Modern Lantai 2 Food University Indonesia (FUI) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No, 74 Surabaya, Kamis (26/01/2023) pagi, mahasiswa dibimbing Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group Chef Ita Suhervin.


Selain diajarkan praktik membuat tiga kue tradisional Indonesia yang legendaris tersebut, 29 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (baik Kelas A maupun Kelas B) juga diajarkan Chef Ita Suhervin dan asistennya cara membuat 12 kreasi kue tradisional lainnya dengan tampilan modern kekinian.


Menurut Chef Ita, 12 kreasi kue tradisional tersebut adalah Kue Lumpur Kentang, Bikang Mawar, Putu Ayu, Lemper, Terang Bulan, Kue Ku, Kue Karamel, Wingko Babat, Bolu Kukus Mekar, Panada, Pastel dan Risoles. Kue tradisional yang diajarkan kepada mahasiswa tersebut ada yang berasa manis (sweet taste) dan ada juga yang berasa asin/gurih (savoury taste).

 

”Aneka kreasi kue tradisional tersebut saat ini menjadi pelengkap aneka kreasi roti dan kue modern pada sesi sarapan (breakfast) dan makan siang (lunch) di hotel berbintang. Kue-kue tradisional  itu ditata sedemikian rupa di meja display restoran hotel dengan tampilan yang cantik, berkelas dan elegan,” terang Chef Ita Suhervin kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Kamis (26/01/2023) lalu.



Sesuai arahan Chef Ita, lima mahasiswa pertama kebagian job membuat Putri Mandi secara individual, sedangkan lima mahasiswa lainnya lagi diminta membikin Klepon dan lima mahasiswa yang terakhir mendapat tugas untuk membuat Pukis.

 

Demi membuat Putri Mandi, misalnya, tahapan pekerjaan kali pertama adalah menyiapkan skin-nya. Bahan yang diperlukan untuk membuat skin tersebut meliputi glutinous flour (tepung beras ketan), tapioca flour, salt, water (warm), red color, green color dan yellow color (pewarna makanan).

 

Pekerjaan selanjutnya menyiapkan bahan untuk filling-nya, yakni grated young coconut (parutan kelapa), coconut sugar dan salt. Sedangkan untuk membuat sauce-nya bahan yang dibutuhkan terdiri atas coconut milk (kara), water, rice flour, tapioca flour, sugar dan salt secukupnya. Untuk tempat penyajiannya agar terkesan natural, Anda bisa memanfaatkan banana leaf dan pandan leaf sebagai garnish-nya. Good jobs! Bro & Sis. Amazing banget

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar