twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 13 Februari 2023

Memotret Kehebohan Mahasiswa Praktik Skill Training Pudding (Jelly) Art Bersama Chef Ita Suhervin


Demi Tambah Skill, Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar All Out Belajar Hias Pudding dengan Teknik Suntik  


SEBANYAK 18-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas B tampil all out saat belajar menghias pudding dengan teknik suntik bersama Chef Ita Suhervin. Dalam materi praktik bertajuk Skill Training Pudding (Jelly) Art, mahasiswa diajarkan cara menghias pudding dengan teknik suntik (pudding inject). Praktiknya sendiri dihelat di Kitchen Modern Lantai 2 Food University Indonesia Tristar Manyar Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Kamis (09/02/2023) pekan lalu.


Sedangkan sehari sebelumnya atau tepatnya Rabu (08/02/2023) pagi, Chef Ita Suhervin bersama asistennya, juga telah berbagi ilmu dengan 16 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A demi menyukseskan gelaran Sklill Training Pudding (Jelly) Art. 

 

”Demi membuat kreasi Pudding (Jelly) Art atau yang biasa disebut Pudding Inject dengan alat suntik perlu ketrampilan khusus agar hasilnya eye catching. Tampilannya cantik dan menarik saat dilihat,” kata Chef Ita kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya,

 

Untuk belajar Pudding Inject, maka satu hal yang wajib disiapkan mahasiswa adalah bahan untuk masak pudding mulai jelly powder (terbuat dari rumput laut atau seaweed yang memiliki kadar serat pangan cukup tinggi, vitamin D dan Ca) sebagai base-nya.

 

Sementara itu pemakaian fruit acid berfungsi sebagai balanced color dan untuk background-nya sendiri bisa menggunakan Nutrijell ditambah agar-agar dan fresh milk serta peralatan teknis berupa satu set alat suntik untuk menghias pudding-nya.

 

Demi menyiapkan pudding (clear) base-nya (berwarna bening), setelah bahan membuat pudding (clear) base dipanaskan, kemudian pudding (clear) base itu dimasukkan ke dalam wadah plastik transparan berukuran 10 x 10 x 5 cm3. Bisa juga memakai wadah plastik yang ukurannya 12 x 12 x 6 cm3 atau memanfaatkan toples kotak persegi ukuran 10 x 10 x 6 cm3

 

Kehebohan mahasiswa saat praktik menghias pudding (clear) base pun tak terelakkan, meskipun mereka tampil secara individu dengan disupervisi langsung oleh Chef Ita bersama asistennya. Dengan telaten kedua pengajar tersebut memberi tips bagaimana teknik menghias pudding (clear) base dengan jarum suntik yang bentuknya masih lurus maupun yang sudah dibengkokkan (melengkung).

 

Bahan untuk membuat pudding (clear) base terdiri dari jelly powder (sirsat), sugar dan water, sedangkan bahan yang disiapkan untuk hiasan flower-nya adalah agar-agar rasa vanilla, sugar dan fresh milk. Sementara itu untuk background-nya sendiri juga memakai agar-agar rasa vanilla, sugar dan fresh milk.

 

Berdasarkan informasi ter-up todate dari pelaku industri perhotelan, penyajian aneka kreasi pudding kekinian saat ini semakin tumbuh pesat. Dalam sebuah acara jamuan makan malam resmi (fine dining) yang dikemas ala table manner, misalnya, aneka kreasi pudding biasanya disajikan sebagai menu makanan penutup (dessert) di hotel-hotel berbintang dan restoran terkemuka di Surabaya yang menyediakan layanan ala buffet (prasmanan).

 

”Sedangkan menu makanan pembukanya berupa bread & butter (BB), appetizer, kemudian disajikan menu aneka soup. Sementara itu menu utamanya (main course) bisa nasi atau kentang dengan lauk pauknya bisa berupa daging ayam, daging sapi atau seafood (sari laut),” ujar Chef Ita, sapaan akrabnya. Good jobs! Chef. Amazing banget …



Anda tertarik menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group dan ingin belajar Pudding (Jelly) Art, silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group cq Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar