twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 09 Februari 2023

Serunya Praktik Skill Training with Chef Vivi Liong di Kitchen Modern Food University Indonesia


Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Kelas A Antusias Buat Valentine Cake Pops, Unicorn Cake Pops dan Gravel Chocolate nan Keren


PADA pekan kedua Februari 2023 atau tepatnya hari Rabu (08/02/2023) dan Kamis (09/02/2023), sekitar 29-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria) Kelas A dan B secara terpisah diajarkan materi praktik Skill Training. Kali ini mahasiswa diajarkan membuat dua kreasi Cake Pops yakni Valentine Cakes Pops & Unicorn Cake Pops serta Gravel Chocolate yang keren tampilannya.


Selama praktik Skill Training tersebut, mahasiswa dibimbing langsung oleh Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Vivi Liong, di Kitchen Modern 1, Lantai 2 Food University Indonesia (FUI) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.


Praktik Skill Training bersama Chef Vivi Liong pada Kamis (09/02/2023) pagi itu demi membuat dua kreasi Cake Pops yakni Valentine Cakes Pops & Unicorn Cake Pops serta Gravel Chocolate nan cantik dan berkelas. Untuk membuat ketiga produk tersebut memang cukup ribet, namun seru banget kalau dikerjakan bareng-bareng di cold kitchen.


Kepopuleran aneka kreasi Cake Pops yang cute & funny saat ini menjadi pilihan Chef Vivi untuk materi praktik Skill Training bagi mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar kali ini. Momentumnya pun dinilai pas jelang perayaan Happy Valentine’s Day yang diperingati oleh sebagian masyarakat setiap tanggal 14 Februari.


Dua kreasi Cake Pops tersebut adalah Valentine Cake Pops & Unicorn Cake Pops serta Gravel Chocolate (coklat batu) yang keren tampilannya, sehingga cocok banget untuk hadiah bagi orang-orang terkasih pada acara Happy Valentine’s Day tersebut.


Demi mempercepat pekerjaan di cold kitchen Tristar Manyar, 12 mahasiswa Pastry Art Kelas A yang hadir pagi itu dibagi dalam tiga tim kerja. Tim A (beranggotakan empat orang mahasiswa) kebagian job membuat Valentine Cake Pops, Tim B (anggotanya juga empat orang) mendapat tugas bikin Unicorn Cake Pops dan Tim C (personelnya pun empat orang mahasiswa) diminta membuat Gravel Chocolate.


Empat mahasiswa yang tergabung dalam Tim A tampil all out demi membuat Valentine Cake Pops (metode pembuatannya dengan cara di-steam selama 25-30 menitan). Bahan yang dibutuhkan adalah (1). Ingredients A meliputi Dark Compound Chocolate (DCC) dan vegetable oil (dipanaskan sampai melted). Sedangkan (2). Ingredients B terdiri dari egg, castor sugar, cake emulsifier, SB flour, cocoa powder dan rhum bake.


Sementara itu bahan lainnya yang disiapkan pada saat proses finishing adalah DCC (melted), lemon compound (melted), strawberry compound (juga dibuat melted), plastic icing, trimit (pernak pernik untuk hiasan cakes yang edible) dan ice cream stick.


Selanjutnya Tim B yang bertugas untuk membikin Unicorn Cake Pops, juga antusias bekerja di cold kitchen Tristar Manyar. Langkah pertama yang dikerjakan Tim B adalah membuat Rainbow Cake. Bahannya terdiri dari egg, castor sugar dan cake emulsifier (ketiga bahan tersebut lalu di-mix until soft peak). Selanjutnya tambahkan unsalted butter (melted), vegetable oil, milk powder, condensed milk, vanilla paste, salt dan rainbow color.


”Untuk proses finishing-nya sendiri, maka bahan yang perlu Anda siapkan adalah condensed milk, White Compound Chocolate (WCC), plastic icing dan stick lolipop,” kata Chef Vivi saat mendampingi anak didiknya bekerja di cold kitchen Food University Indonesia, Tristar Manyar, kemarin.


Terakhir, giliran Tim C yang tampil all out demi membuat Gravel Chocolate (coklat batu). Untuk ingredients-nya sendiri terdiri atas corn starch (di-toast with pandan leaf), milk powder, black biscuit, White Chocolate Compound (WC), tutty fruity dan food colors (black, red, orange, yellow, green, blue & purple). Good jobs! Bro & Sis. Very very nice


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Food University Indonesia Tristar Manyar (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar