twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 10 April 2019

Praktik FoodTech di Dapur Culinary Graha Tristar - Mahasiswa Advanced Culinary Class Diajarkan Buat ”Red Noodle, Yellow Noodle dan Siomay Original”

Praktik FoodTech di Dapur Culinary Graha Tristar

 Mahasiswa Advanced Culinary Class Diajarkan Buat ”Red Noodle, Yellow Noodle dan Siomay Original”

USAI libur selama dua pekan, tepatnya mulai Senin (08/10/2018), 21 mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit Kelas Pagi dan Kelas Siang, diajarkan Chef Anastasia Kristien STP., membuat aneka olahan Asian Food Technology di Dapur Culinary Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.
Selama empat kali pertemuan, mulai Senin (08/10/2018) hingga Kamis (11/10/2018), mahasiswa Advanced Culinary Class praktik membuat 9-10 resep olahan Asian Food Technology, dari Noodle, Siomay hingga Kimchi.
”Sedangkan pada tatap muka hari terakhir, Jumat (12/10/2018), mereka diuji membuat aneka kreasi makanan menurut versi mereka masing-masing. Ujian praktik masak itu tetap berbasis pada Asian Food Technology yang telah kami ajarkan sebelumnya,” kata Chef Anastasia Kristien STP., di ruang kerjanya, Senin (08/10/2018) pagi.
Pada tatap muka hari pertama, Senin (08/10/2018), Chef Anastasia mengajarkan anak didiknya –21 orang mahasiswa Advanced Culinary Kelas Pagi dan Kelas Siang— teknik membuat Red Noodle, Yellow Noodle dan Siomay Original di Dapur Culinary Lantai 3 Graha Tristar.
21 mahasiswa Advanced Culinary yang belajar Asian Food Technology adalah Alfonso Senomurti Atmoko, Ronaldo Dimas Julianto, Florensius Vendy Satriawan, Leonardo Aldi Mahat, Noor Ainun, Rivaldi Jun Artanto, Delfries Haryo Yudhanto, Nicholas Anderson, Setia Yoga Pratama dan Iversen Riky Djunaidi (Advanced Culinary Kelas Pagi).
Sedangkan Syaifullah Yusuf, Joseph Veda Hidayat, Melvin Septian Budiono, Abdullah Umar Al-Faruq, Muhammad Lucky Kurniawan P., Eroldo, Kevin Irawan, James Armando Suroso, Septian Ade C.J.P., Muhammad Rizky Brillyan dan Wayan Raditya (Advanced Culinary Kelas Siang).
Secara umum untuk membuat Noodle (mie), bahan utamanya adalah hard flour, egg, salt, oil dan tepung tapioka. Untuk memberi warna merah pada Red Noodle tersebut, digunakan buah bit (Beet) yang dikukus. Begitu juga untuk membuat Yellow Noodle, warna kuning pada mie, menggunakan waluh (Pumpkin) yang dikukus lebih dulu sebelum dicampur dengan bahan-bahan yang lain.
Sedangkan resep ketiga yang diberikan kepada mahasiswa Advanced Culinary Class adalah membuat Siomay Original. Bahan membuat siomay antara lain chicken fillet, shrimp, makarel fillet, chicken fat, yam bean chopeed, carrot chopeed, salt, MSG, sugar, tepung tapioka, oyster sauce, sesame oil, chicken powder, baking powder dan garlic oil. Selain bahan-bahan tersebut di atas, pihaknya juga menyediakan kulit siomay sehingga mempercepat proses pembuatan Siomay Original.
Saat praktik masak membuat Red Noodle, Yellow Noodle dan Siomay Original, mahasiswa juga dikenalkan mesin pembuat mie (Portable Noodle Maker) merek Fomag tipe MDN-200 dan mesin Marcalo Traditione Pasta (Atlas Pasta Bike) untuk merajang mie yang telah diproses oleh Portable Noodle Maker.
”Penggunaan kedua mesin tersebut, maka praktik membuat Red Noodle dan Yellow Noodle di Dapur Culinary bisa diselesaikan sekitar 60 menitan,” terang chef Anastasia Kristien kepada kru www.culinarynews.info di ruang kerjanya, kemarin.
Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Advanced Culinary Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar