twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 01 April 2019

Aplikasikan Statistik Perhotelan di Ayola La Lisa Hotels Surabaya - Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Masak Menu ”Lunch Buffet” di Kitchen Ayola La Lisa Hotels

Aplikasikan Statistik Perhotelan di Ayola La Lisa Hotels Surabaya

Mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Masak Menu ”Lunch Buffet” di Kitchen Ayola La Lisa Hotels 
SEBANYAK 21 mahasiswa D3 Perhotelan Akpar Majapahit praktik masak menu Lunch Buffet sesuai Standar Industri Perhotelan di Kitchen Ayola La Lisa Hotels Surabaya, Senin (03/09/2018) pagi, demi mengaplikasikan mata kuliah Statistik Perhotelan yang diasuh oleh R. Paulus W. Soetrisno M.Par., Dosen Statistik Perhotelan.

 
Maksud dan tujuan dari kunjungan industri ini untuk memberikan pemahaman yang sama saat mereka belajar Statistik Perhotelan di kelas dengan realitas di lapangan khususnya di industri perhotelan.
Rombongan mahasiswa bersama dosen pembimbingnya itu menumpang satu unit mobil Multipurpose Vehicle (MPV), Sport Utility Vehicle (SUV) dan sejumlah motor pribadi. Mereka berangkat dari Kampus Akpar Majapahit Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya menuju hotel yang beroperasi di Jl Raya Nginden No. 82 Surabaya tersebut sekitar pukul 09.50 WIB. 
Perjalanan sejauh lima kilometer itu hanya ditempuh 10 menitan dan rombongan sampai di tujuan sekitar pukul 10.00 WIB. Sedangkan dosen yang mendampingi rombongan mahasiswa pada Senin (06/08/2018) pagi itu adalah R. Paulus W. Soetrisno M.Par bersama tim dari Divisi Multimedia Tristar Group.
Kedatangan 21 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit bersama dosen pembimbingnya itu disambut oleh Food & Beverage Manager (FBM) Ayola La Lisa Hotel, M. Arya Reza, Human Resource Manager (HRM) Anita dan Head Chef Yuznix, di lobi hotel bintang tiga tersebut. 
Setelah berbincang sejenak di lobi hotel, rombongan mahasiswa diajak oleh HRM Ayola La Lisa Anita dan FBM M. Arya Reza menuju Meeting Room untuk diberi pengarahan seputar Food Costing sekitar 45 menitan, sebelum praktik masak di kitchen hotel sesuai run down yang telah disusun pihak hotel. 
Selama praktik masak di Kitchen Ayola La Lisa Hotels Surabaya, mahasiswa juga diajarkan cara menghitung Harga Pokok Produksi (HPP), Selling Price, Revenue, Profit, Tax & Service Charge, Standard Recipes hingga Cost Control agar dalam berbisnis tidak sampai menderita kerugian. Oleh karena itu, seorang calon entrepreneur sejatinya juga harus rajin melakukan survei harga pasar (tradisional maupun modern) minimal sebulan satu kali untuk cek harga.
Setidaknya terdapat tiga komponen utama terkait dengan cost  (biaya), yakni harga bahan baku, ingredient (komposisi bahan masakan) dan profit (besaran keuntungan maksimum dipatok hingga 70 persen) karena memperhitungkan biasa operasi termasuk listrik (PLN), air bersih (PDAM), gas (PGN), ongkos tenaga kerja dan pajak (tax). 
Sementara itu untuk memudahkan pekerjaan di dapur, dari 21 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang kebagian tugas masak sebanyak 15 orang, yakni Ryan dan Cherry (Soup), Vivian dan Ferlitta (Salad), Azarya dan Emily (Fried Rice), Astricia dan Agus (Potong Sayuran), Galuh dan Harry (Noodle), Cherry, Ezra dan Rona (Chicken), Jothan dan Yohana (Fish) serta Steven (Dessert).
Sedangkan enam mahasiswa lainnya yakni Excel Bayu, Anthony, Steven Leonardo, Christina, Eggy Pradina, Eric Tasyana dan Sherry Gondosaputro kebagian tugas menjadi waiters dan waitress (Banquet Department).
Saat praktik masak aneka menu Lunch Buffet. 15 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit (Kelompok 1) itu disupervisi langsung oleh Head Chef Yuznix dan dibantu jajarannya. Sementara itu, enam mahasiswa lainnya (anggota Kelompok 2) ditugaskan menjadi waitress atau pramusaji demi mempersiapkan acara jamuan makan siang.
Menu masakan untuk jamuan makan siang itu meliputi Chinese Salad (Appetizer), Sup Asparagus (Soup), Nasi Putih, Nasi Goreng Yong Chow, Sauted Cauliflower, Hokkian Noodle, Fish Thai Sauce, Chicken Yim Ko Kee, Es Cao, Orange Juice, Air Mineral dan menyiapkan Slice Fruits (Semangka dan Melon). Durasi masaknya pun dibatasi sekitar 50 menitan sesuai standar kerja di Kitchen Ayola La Lisa Hotels karena jumlah tamunya.kurang dari 25 orang.
”Selain diberi kesempatan praktik langsung memasak aneka menu jamuan makan siang di kitchen hotel, tujuh mahasiswa anggota Kelompok 1 juga kami tugasi untuk menaruh hasil masakannya di atas meja makan yang telah disiapkan mahasiswa anggota Kelompok 2. Masakan itu untuk persiapan makan siang yang di-set up ala Lunch Buffet,” terang HRM Ayola La Lisa Hotels, Anita di damping FBM M. Arya Reza kepada kru www.culinarynews.info.  
Sementara itu, pada waktu bersamaan, FBM Ayola La Lisa Hotels, M. Arya Reza juga menyupervisi langsung enam mahasiswa lain dari Kelompok 2. Mereka diminta menyiapkan sendok dan garpu, piring, sendok es, gelas dan napkin (celemek) untuk diletakkan sesuai tempatnya, seperti yang dicontohkan waiters Ayola La Lisa Restaurant.
Di sela mendampingi anak didiknya praktik, Dosen Statistik Perhotelan Akpar Majapahit R. Paulus W. Soetrisno M.Par mengatakan, program pembelajaran Statistik Perhotelan dan praktik masak sesuai standar industri bagi mahasiswa ini merupakan tindak lanjut dari penjelasan dosen selama belajar materi perkuliahan tersebut di ruang kelas.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di kampus Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar