twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 09 April 2019

Dari Kunjungan di Pabrik Minyak Goreng PT Smart Corporation Tbk - Mahasiswa Akpar Majapahit Saksikan Chef Kim Gerry Demo Masak Buat ”Crispy Chicken Pizza, Chocolate Legit Roll dan Chicken Salted Egg”

Dari Kunjungan di Pabrik Minyak Goreng PT Smart Corporation Tbk 

 Mahasiswa Akpar Majapahit Saksikan Chef Kim Gerry Demo Masak Buat ”Crispy Chicken Pizza, Chocolate Legit Roll dan Chicken Salted Egg” 
TIDAK sia-sia jika 26 mahasiswa D3 Prodi Perhotelan Akpar Majapahit Konsentrasi Culinary mengikuti acara Factory Visit 2018 ke pabrik minyak goreng (migor) dan margarine PT Smart Corporation (Sinarmas Group) Tbk., salah satu dari dua pabrik yang dikunjungi mahasiswa pada Selasa, 18 September 2018 lalu.
Pasalnya, selain mendapatkan informasi teraktual seputar aneka produk unggulan PT Smart Corporation Tbk., mahasiswa juga memperoleh tiga resep baru dari Chef Kim Gerry dan asistennya Chef Mickey Gunawan pada saat demo masak di dapur perusahaan yang beroperasi di kawasan Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) tersebut.
26 peserta Factory Visit 2018 itu, 21 orang di antaranya mengambil Advanced Culinary Class, Mereka adalah Alfonso Senomurti Atmoko, Ronaldo Dimas Julianto, Florensius Vendy Satriawan, Leonardo Aldi Mahat, Noor Ainun, Rivaldi Jun Artanto, Delfries Haryo Yudhanto, Nicholas Anderson, Setia Yoga Pratama dan Iversen Riky Djunaidi (Advanced Culinary Kelas Pagi).
Sedangkan Syaifullah Yusuf, Joseph Veda Hidayat, Melvin Septian Budiono, Abdullah Umar Al-Faruq, Muhammad Lucky Kurniawan P., Eroldo, Kevin Irawan, James Armando Suroso, Septian Ade C.J.P., Muhammad Rizky Brillyan dan Wayan Raditya (Advanced Culinary Kelas Siang). Sementara itu lima mahasiswa D3 Prodi Perhotelan yang lainnya adalah Ryan, Rionaldy, Yosef, Timotius dan Yumato.
Demo masak tiga resep baru persembahan Chef Kim Gerry dan asistennya itu dilakukan usai  26 mahasiswa Akpar Majapahit diajak keliling pabrik. ”Makanan yang kami buat di hadapan mahasiswa adalah Crispy Chicken Pizza, Chicken Salted Egg dan Chocolate Legit Roll,” kata Chef Gerry, yang juga menjadi Guest Lecture di Advanced Pastry Class Akpar Majapahit..
Bahan A untuk membuat Chicken Crispy Pizza (resep pertama) adalah dada ayam, garam, merica, cabe bubuk, jinten, kaldu bubuk dan bawang putih bubuk, sedangkan bahan B-nya adalah putih telur. Untuk bahan C-nya sendiri (tepung crispy) meliputi tepung protein sedang, maizena, baking powder, garam, merica, cabe bubuk, kaldu bubuk dan bawang putih bubuk. Sementara itu untuk bahan D-nya adalah FILMA Goodfry Deep Frying Fat.
Menurut Chef Gerry, cara membuatnya: (1). Campur semua bahan A hingga tercampur rata, kemudian simpan dalam lemari es selama 2-3 jam, sebelum digunakan. (2). Campur semua bahan C (tepung crispy) hingga tercampur rata. (3). Celupkan ayam yang sudah dibumbui ke dalam putih telur, kemudian balur dengan bahan C (tepung crispy), lakukan sebanyak dua kali. (4). Selanjutnya goreng dengan FILMA Goodfry Deep Frying Fat hingga kuning kecoklatan.
Untuk finishing-nya sendiri: Ayam yang sudah digoreng, beri topping bumbu pizza, tata potongan smoked beef atau sosis dan taburi dengan keju mozzarella. Panggang kembali hingga mozzarella meleleh. Maka, Chicken Crispy Pizza itu pun siap untuk  dihidangkan.
Selanjutnya, Chef Kim Gerry dan asistennya Chef Mickey Gunawan demo membuat resep kedua yakni Chocolate Legit Roll di hadapan mahasiswa Advanced Culinary Class Akpar Majapahit.
Bahan-bahan yang dibutuhkan meliputi bahan A terdiri dari kuning telur, putih telur, gula pasir, coklat pasta dan vanilla pasta, sedangkan bahan B-nya sendiri yakni terigu protein sedang dan coklat bubuk. Selanjutnya adalah bahan C terdiri atas PALMBOOM Cake Margarine, PALMVITA BOS, garam dan susu kental manis.
Cara membuatnya: (1). Kocok bahan A hingga mengembang, kemudian tambahkan bahan B, aduk sampai rata. Terakhir campur dengan bahan C. (2). Tuang ke dalam loyang ukuran 40x60x2 c, ratakan. (3). Panggang dengan oven (suhu atas 200*C dan suhu bawah 180*C) selama 12 menit maksimal. (4). Setelah matang dan dingin olesi dengan chocolate ganace, kemudian ratakan dan gulung.
Setelah demo masak dua resep unggulan persembahan Chef Gerry, mahasiswa Akpar Majapahit masih diberi satu lagi resep makanan yang sampai saat ini masih banyak disuka masyarakat Surabaya dan sekitarnya, yakni Chicken Salted Egg.
Bahannya antara lain bisa pakai tepung biasa (tepung terigu protein sedang) atau bisa juga pakai tepung kentang dan sebagai pengentalnya bisa menggunakan tepung maizena yang sifatnya lebih encer daripada tepung tapioka dan hasilnya lebih mengkilap. Sedangkan bahan pendukung untuk membuat Chicken Salted Egg adalah garam, merica, bawang putih bubuk, kaldu bubuk merek Knorr dan telur asin.
Potongan daging ayam yang sudah dibumbui dengan adonan salted egg kemudian digoreng dengan FILMA Goodfry Deep Frying Fat, hingga kuning kecoklatan. Angkat dan dinginkan sebelum Chicken Salted Egg itu disajikan di atas piring. ”Chicken Salted Egg yang digoreng dengan FILMA Goodfry Deep Frying Fat (minyak padat), hasilnya lebih crispy dan dagingnya pun jadi juzzy,” tandas Chef Gerry.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit, silakan menghubungi Tim Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar