twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 01 April 2019

Praktik Masak Western Food di Dapur Culinary 3 Tristar Institute - Chef Yenata dan Chef Thomas Bekali Peserta Pelatihan Cruise Teknik Masak ”Western Food” dan ala ”Chef Hibachi”

Praktik Masak Western Food di Dapur Culinary 3 Tristar Institute

Chef Yenata dan Chef Thomas Bekali Peserta Pelatihan Cruise Teknik Masak ”Western Food” dan ala ”Chef Hibachi”

PADA  pertemuan pekan ketujuh, tepatnya mulai Senin (03/09/2018) hingga Selasa  (04/09/2018), 10 orang peserta Tristar Cruise Training Centre (TCTC), praktik masak empat menu Weastern Food oleh Chef Yenata, Dosen Culinary Tristar Group, di Dapur Culinary Tristar Institute, Jl  Raya Jemursari No. 234 Surabaya.
10 orang peserta pelatihan tersebut adalah Christian Evan Setiabudi, Deotelin Fajar, Mulyani Sari Octavia, DedyTrisno, George Langie, Ahmad Rafles Bagio, Irma Yuliana (penggantinya Jessica Pandew), Ely Akyuwen, Anugrah Chrishinduarsa Irianto dan Indinar Prakoso.
Pada pertemuan hari pertama, Senin (03/09/2018) pagi, peserta pelatihan cruise praktik masak dua resep masakan Western Food yakni Broccoli Puree with Puff Stick dan Baked Potato Soup with Garlic Bread.
Sedangkan pada hari kedua, Selasa (04/09/2018) pagi, Chef Yenata kembali berbagi ilmu teknik masak dua menu Western Food yang diberi nama Scott Egg with BBQ Sauce & Crisp Couton dan Fujitas with Cheese & Gaucamole.
”Untuk membuat Scott Egg with BBQ Sauce & Crisp Couton, peserta pelatihan cruise saya ajarkan langsung cara membikin saus BBQ, sedangkan untuk membuat Scott Egg bahannya terdiri dari egg, chicken mousseline, flour, egg dan bread crumb (tepung panir),” terang Chef Yenata kepada kru www.culinarynews.info, di ruang kerjanya, Selasa (04/09/2018) pagi.
Sementara itu, saat praktik masak Fujitas with Cheese & Gaucamole, peserta pelatihan cruise diajarkan membuat the tortilla, guacamole sauce dan chile corn carne di Dapur Culinary Tristar Institute Jl. Raya Jemursari No. 234 Surabaya.
Sebelum praktik masak di Dapur Culinary Tristar Institute, Chef Yenata mem-briefing lebih dulu peserta pelatihan cruise untuk menekankan bahan dan bumbunya apa saja dan tahapan teknik memasaknya bagaimana.
”Tujuannya agar peserta memahami standard operational procedure (SOP) memasak makanan Western Food (termasuk masakan dari Amerika Latin) yang biasa diterapkan di industri perhotelan termasuk di kapal pesiar juga,” tandas Chef Yenata.
Sementara itu, pada praktik masak pekan kedelapan, tepatnya pada Senin (10/09/2018) dan Rabu (12/09/2018), peserta pelatihan cruise dikenalkan teknik masak dengan sentuhan hibachi yang menekankan pada kepiawaian show of fire (pertunjukan api) di hadapan tamu hotel atau penumpang kapal pesiar.
Kali ini giliran Chef Thomas, sapaan akrab Thomas Denny mengenalkan dasar-dasar teknik masak ala chef hibachi kepada peserta pelatihan cruise. Pasalnya, teknik masak yang satu ini berbeda dengan cara memasak secara klasik (konvensional) karena lebih menekankan pada kepiawaian memainkan show of fire di atas mesin grilling hibachi yang dibawanya dari rumah.  

Pria paro baya yang dikenal piawai mendemonstrasikan cara membuat masakan Jepang (Japanese Food) dengan sentuhan hibachi show (pertunjukkan api) ini menyiapkan peralatannya antara lain berupa grilling hibachi, knife (pisau dapur), spatula, tempat bumbu dan sendok garpu. Khusus grilling hibachi-nya sendiri sudah ready di Dapur Culinary 3 Lantai 3 Graha Tristar, sejak Senin (10/09/2019) pagi.
”Peserta pelatihan cruise itu saya ajarkan bagaimana memainkan knife, spatula, tempat bumbu dan sendok garpu layaknya pemain sirkus profesional. Untuk piawai memainkan peralatan masak tersebut Anda bisa belajar intensif di kampus atau di rumah sendiri," saran Chef Thomas kepada peserta pelatihan cruise, Rabu (12/09/2018) siang.
Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Akpar Majapahit (Tristar Group) Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar