twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 21 Agustus 2022

Asyiknya Praktik Skill Training with Chef di Kitchen Modern Food University Indonesia


Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Percaya Diri Buat Chocolate Modeling Decoration & Chocolate Ornament


PEKAN lalu tepatnya hari Senin (15/08/2022) dan Selasa (16/08/2022), sekitar 40-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (Trestelle Accademia Pasticceria) dari A, B dan C Class secara terpisah diajarkan materi praktik Skill Training bertajuk Chocolate Modeling Decoration & Chocolate Ornament for Cakes.


Selama praktik Skill Training, mahasiswa dibimbing langsung oleh Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Daniel Pradipta, Chef Ita Suhervin dan Chef Sari Palupi di Kitchen Modern 2, Lantai 2 Food University Indonesia (FUI) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya.


Pada pertemuan hari pertama, Senin (01/08/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar B Class praktik Skill Training bersama Chef Daniel Pradipta, sedangkan pada siang harinya, giliran Chef Ita Suhervin yang mendampingi mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar C Class belajar Skill Training demi membuat Chocolate Modeling Decoration & Chocolate Ornament nan cantik dan berkelas.


Keesokan harinya, Selasa (16/08/2022) pagi, Chef Sari Palupi yang kebagian tugas mendampingi 14-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar  A Class, praktik Skill Training untuk berbagi ilmu teknik membuat Chocolate Modeling Decoration & Chocolate Ornament kekinian yang keren. Mahasiswa pagi itu tampil percaya diri saat praktik Skill Training di Kitchen Modern FUI.


Demi membuat Chocolate Modeling Decoration berupa Bunga Merekah (Blooming Flowers), setiap mahasiswa diberikan bahan berupa dark chocolate compound (DCC) @ 250 gram, 125 gram air panas dan 35-40 gram glucose untuk dilelehkan sebentar lalu dilembutkan dengan tangan sampai merata. Barulah adonan coklat tersebut dibentuk layaknya tumpukan kelopak Bunga Mawar (Rose Flowers) yang sedang merekah.


Sementara itu untuk praktik membuat Chocolate Ornament setiap individul mahasiswa disediakan @ 200 gram DCC. Coklat itu ditaruh di dalam bowl lalu dipanaskan dengan api kecil. Setelah coklat itu meleleh baru dimasukkan ke dalam plastik segitiga yang salah satu ujungnya yang rucing digunting sedikit guna membuat berbagai kreasi Chocolate Ornament yang cantik.


Selama praktik membuat Chocolate Ornament tersebut, mahasiswa diajarkan membuat 15-18 kreasi, mulai melody, flower, spring, leaf, stick, roll, pagar, kipas, cigar, curly, ball, swirl hingga butterfly. Mahasiswa yang tidak membawa seal pad sendiri dari rumah, bisa memanfaatkan kertas kue (cake paper) saat membuat kreasi Chocolate Ornament tersebut.


Sedangkan penggunaan plastik transparan bergambar seperti sticker, untuk memberi tampilan spesial pada coklat yang sebelumnya telah dituangkan ke permukaan sticker tersebut. Coklat yang sudah mulai mengering di atas permukaan sticker tersebut, lalu dipotong segitiga atau dicetak dengan cetakan bulat.


Sticker yang masih menempel di atas permukaan coklat berbentuk segitiga atau bulat itu lalu diambil pelan-pelan agar motif gambarnya (berwarna biru) tetap melekat kuat di atas permukaan coklat. Jadilah Chocolate Ornament yang keren! Good jobs! Bro & Sis. Congratulations


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di Kampus Food University Indonesia Tristar Manyar (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar