twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 20 Agustus 2022

Keseruan Aksi Mahasiswa Belajar Cara Hias Cakes Spesial Bersama Chef Daniel Pradipta


Mahasiswa Pastry Art Sukses Tampilkan Mother's Day Cake, Engagement Cake dan Valentine's Day Cake nan Elegan

 

MAHASISWA Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang diasuh Chef Daniel Pradipta, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, sukses menampilkan tiga kreasi Cakes Spesial, yakni Mother's Day Cake, Engagement Cake dan Valentine's Day Cake nan elegan, seusai praktik di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (10/08/2022) pagi.

 

Tatap muka pada hari ketiga (terakhir) pagi itu dihadiri 14-an orang mahasiswa Pastry Art Class. Oleh Chef Daniel, mahasiswa cara membuat tiga kreasi Cakes Spesial (Butter Cream Theme Cake) yakni Mother's Day Cake, Engagement Cake dan Valentine's Day Cake. Sedangkan pada pertemuan sebelumnya, mahasiswa praktik membuat Anniversary Cake, Idul Fitri Cake dan Birthday Cake yang keren dan berkelas.

 

Untuk membuat Mother's Day Cake di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar, misalnya, mahasiswa diminta menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat adonan vanilla sponge yakni eggs, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, milk powder, melted margarine dan vanilla paste.

 

Adonan vanilla sponge sebelum di-bake pada suhu 180*C dimasukkan lebih dulu ke dalam loyang bulat berdiameter 14 cm. Metode pembuatan Cakes Spesial yang satu ini menggunakan Sponge Method.

 

Pekerjaan selanjutnya adalah menyiapkan Filling, Cover & Ornament-nya. Untuk filling-nya sendiri menggunakan strawberry jam, sedangkan bahan untuk membuat cover & ornament-nya meliputi white margarine, butter, fresh cream, simple syrup, milk powder dan food coloring.

 

Sementara itu untuk membuat kreasi kue berikutnya, yakni Engagement Cake dan Valentine's Day Cake, Chef Daniel kembali mengajak anak didiknya menyiapkan bahan membuat adonan kue yang terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, milk powder, melted margarine, chocolate paste (Engagement Cake) dan strawberry paste (Valentine Day Cake).

 

Seperti saat membuat Mother's Day Cake, maka untuk membuat Engagement Cake dan Valentine Day Cake ini metode yang digunakan juga sama, yakni Sponge Method. Adonan kue sebelum di-bake pada suhu 180*C dimasukkan lebih dulu ke dalam loyang bulat berdiameter 14 cm.

 

Pekerjaan berikutnya ketika praktik membuat Engagement Cake, mahasiswa diminta menyiapkan Buttercream II (Simple Buttercream) dengan memanfaatkan bahan seperti white margarine, butter, icing sugar, condensed milk, pinch of silver pil dan food coloring secukupnya.

 

Sedangkan saat praktik membuat Valentine's Day Cake, pekerjaan selanjutnya adalah membuat Cover Buttercream, yang bahannya terdiri atas white margarine, butter, icing sugar, condensed milk dan food coloring.

 

Pertemuan hari ketiga ini merupakan rangkaian dari materi praktik teknik menghias Cakes Spesial selama tiga kali tatap muka. Tatap muka pada hari ketiga (terakhir) pagi itu dihadiri 14-an orang mahasiswa Pastry Art Class.

 

Oleh Chef Daniel, mahasiswa diajarkan cara membuat tiga kreasi Cakes Spesial (Butter Cream Theme Cake) yakni Mother's Day Cake, Engagement Cake dan Valentine's Day Cake. Sedangkan pada pertemuan sebelumnya, Selasa (09/08/2022), mahasiswa praktik membuat Anniversary Cake, Idul Fitri Cake dan Birthday Cake yang keren dan berkelas.

 

Sedangkan pada tatap muka hari pertama, Rabu (03/08/2022) lalu, mahasiswa fokus belajar tentang Basic Bordering Plain Tube, Basic Bordering with Star Tube dan Basic Bordering Flower bersama Chef Daniel Pradipta di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya. Good jobs! Bro & Sis. Very very nice …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar