twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 08 Agustus 2022

Dari Final Exam Pastry Art di Kitchen Modern Food University Indonesia Surabaya


30 Kreasi Modern Hybrid Cakes Persembahan Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Layak Masuk Program Entrepreneur Unggulan

 

SEBANYAK 30 kreasi Modern Hybrid Cakes yang dipersembahkan 30 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar (member of Tristar Group) dari A, B dan C Class, pada gelaran final exam awal Juli 2022 silam di Kitchen Modern 2, Lantai 2 Food University Indonesia Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, layak masuk Program Entrepreneur unggulan.

 

Hal itu disampaikan Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group Chef Ita Suhervin, saat bincang santai di ruang kerjanya dengan kru www.sekolahmasak.info, terkait aneka kreasi Modern Hybrid Cakes yang superkeren dan telah ditampilkan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar pada gelaran final exam lalu.

 

”Iya betul 30-an kreasi Modern Hybrid Cakes yang ditampilkan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar selama ujian praktik dua hari itu luar biasa banget. Hampir semua kreasi mahasiswa itu keren-keren. Jadi layak banget jika kreasi mereka masuk Program Entrepreneur unggulan yang kini digalakkan pihak akademik,” cetus Chef Ita, sapaan akrabnya, Kamis (04/08/2022) siang.


Pihaknya berpendapat demikian karena memasuki perkuliahan baru yang berlangsung sejak pekan terakhir Juli 2022, manajemen Tristar Group mencanangkan Program Entrepreneur di-push lebih intens lagi, baik untuk mahasiswa Pastry Art Class maupun maupun Culinary Art Class. Mahasiswa baru pun sudah mulai dikenalkan Entrepreneur sejak dini.

 

Beberapa kreasi mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar yang membuatnya terkesima sekaligus bangga karena semua itu memang di luar ekspektasi. Aneka kreasi Modern Hybrid Cakes yang ditampilkan anak didiknya itu antara lain cake dari olahan kulit manggis, cake dari olahan kulit pisang, cake dari olahan kerang, cookies dari olahan tempe, choux rasa rawon, tom yam cake dan sebagainya.


Dari sisi tampilan, dirinya melihat semua produk pastry yang di-display di lantai 1 Lobi Kampus Food University Indonesia oleh mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar selama final exam, itu layak masuk Program Entrepreneur unggulan.

 

Jika dari sisi produknya saja sudah menarik, maka masih perlu sentuhan lain agar konsumen bisa menerima produk pastry yang berkelas tersebut. Misalnya dari aspek selling price, packaging (kemasannya), marketing & promotion, penentuan harga pokok produksi (HPP) hingga penetapan margin keuntungan yang pantas karena pebisnis pun harus meraih profit demi kelangsungan usaha mereka.

 

”Demi maksud tersebut maka mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar juga diajarkan mata kuliah Akuntansi dan Perpajakan Sederhana termasuk Food Cost dan Packaging Knowledge, bagaimana mengurus Perijinan (Ijin Usaha) PIR-T untuk industri skala rumahan (home industry), UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) dan sebagainya,” terang Chef Ita Suhevin.

 

Dari aspek marketing & promotion, sepertinya bukan lagi menjadi kendala yang krusial, karena untuk menawarkan aneka produk pastry kekinian itu Anda bisa memanfaatkan layanan online system atau menggunakan media sosial yang murah meriah, seperti Instagram (IG), WhatsApp (WA), Twitter hingga Facebook.

 

Dosen pengajar Pastry Art Class Tristar Group yang lain, seperti Chef Vivi Liong dan Chef Daniel Pradipta, juga mengapresiasikan aneka kreasi Modern Hybrid Cakes yang ditampilkan mahasiswa Pastry Art dari A, B dan C Class yang berjibaku di kitchen selama gelaran final exam awal Juli 2022 lalu.

 

Hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class itu telah dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Chef Vivi Liong, Chef Ita Suhervin dan Chef Daniel Pradipta. Kriteria penilaiannya sendiri meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan. Good jobs Bro & Sis! Very very impressive. Congratulations ….

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Manyar (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar