twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 15 Agustus 2022

Asyiknya Buat Kue Tradisional Kekinian di Kitchen Food University Bersama Chef Vivi Liong


Sambut Independence Day’s, Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Praktik Buat Lumpia Basah Merah Putih yang Keren


 

DEMI menyambut gebyar perayaan Independence Day’s ke-77 yang jatuh pada 17 Agustus 2022, Chef Vivi Liong bersama 14 mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar A Class praktik membuat kue tradisional kekinian bertajuk Lumpia Basah Merah Putih, di Kitchen Modern 1, Lantai 1 Food University Indonesia (FUI) Jl. Raya Manyar Kertoarjo No, 74 Surabaya, Kamis (11/08/2022) pagi.


Lumpia sendiri dikenal sebagai salah satu kue tradisional khas hasil perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia yang popularitasnya bertahan hingga era millenial. Lumpia Semarang merupakan makanan semacam rollade yang pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah.

 

Makanan tradisional yang berisi rebung, telur dan daging ayam atau udang dibungkus dengan kulit lumpia ini disuka banyak kalangan karena selain cocok untuk camilan juga menjadi buah tangan atau oleh-oleh khas dari daerah Semarang, untuk keluarga, kerabat atau teman.

 

Rasa otentik udang yang tercampur rebung semakin lezat dengan saus khasnya. Di pasatan, ada beberapa variasi lumpia baik goreng maupun basah dan daya tarik lumpia ada pada cita rasa sausnya.

 

Sementara itu dalam praktik kali ini, Chef Vivi Liong mengangkat kreasi Lumpia tematik dengan tampilan kekinian, yakni Lumpia Basah Merah Putih yang superkeren. Pas banget jika kue istimewa tersebut disajikan bersama hidangan yang lain pada puncak peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan RI.

 

Untuk membuat Lumpia Basah Merah Putih ada beberapa tahapan pekerjaan yang dijalani. Pekerjaan tahap pertama adalah membuat Skin-nya. Bahan yang dibutuhkan terdiri dari telur dan salt lalu di-blend until thick, water, SB flour, tapioca flour dan vegetable oil.

 

Tahapan pekerjaan selanjutnya adalah menyiapkan Filling-nya. Bahan yang dibutuhkan demi membuat filling kue tradisional yang satu ini meliputi vegetable oil, shallot (di-chop), garlic (di-grated), ebi (di-soak dulu baru di-chop), carrot (diiris model juliene), chicken breast (di-boil lalu di-shredded), oyster sauce, salt, pepper, totole, sugar, sesame oil, bean sprout, green onion (di-chop) dan egg (di-scrambled).

 

Sedangkan pekerjaan terakhir adalah membuat Tauco Sauce. Bahannya sendiri terdiri dari vegetable oil, garlic, red chili (removed seed) dan tauco (Semua bahan di-blend lalu di-sautee), chicken stock, salt, pepper, totole, brown sugar, corn starch, water dan vinegar.

 

Giliran selanjutnya, Chef Vivi Liong memberikan finishing touch agar tampilan Lumpia Basah Merah Putih setelah di-plating dan di-garnish menjadi semakin keren dan berkelas saat ditata di meja display produk. Good jobs! Chef. Congratulations …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group, silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar