twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 05 Agustus 2022

Aksi Mahasiswa Belajar Buat Cake Kekinian di Kitchen Modern Food University Surabaya


Chef Vivi Ajarkan Cara Buat Cake Kekinian asal Spanyol yang Lagi Hits, Blueberry Basque Burnt Cheese Cake

 

CAKE kekinian dari Negeri Matador (Spanyol), Blueberry Basque Burnt Cheese Cake menjadi pilihan Chef Vivi Liong, Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Manyar (member of Tristar Group), dalam gelaran praktik Hand on Group bersama mahasiswa baru Pastry Art Tristar Manyar A Class, di Kitchen Modern 1, Lantai 1 Food University Indonesia Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Kamis (04/082022) pagi.


Sebanyak 14 mahasiswa baru yang hadir pagi antusias mengikuti arahan dari Chef Vivi seputar sejarah singkat dari Blueberry Basque Burnt Cheese Cake yang populer di Spanyol berikut cara membuatnya sejak prepare bahan, proses membuatnya hingga teknik menghias cake tersebut agar tampilannya semakin keren saat disajikan di meja display produk.


Produk pastry asal Negeri Matador yang satu ini belakangan lagi hits di sejumlah kota besar Indonesia, khususnya Surabaya dan sekitarnya. Orang awam mengenalnya sebagai Kue Keju Gosong khas Spanyol yang sangat populer dan saat ini sedang booming.


Di sejumlah outlet Bakery Shop terkenal di Surabaya, harga Blueberry Basque Burnt Cheese Cake cukup bervariasi, mulai Rp 65.000-an (ukuran kecil) hingga Rp 350.000-an (ukuran jumbo). Teksturnya yang lembut dengan citarasa yang superdelicious, banyak disuka masyarakat dari kalangan menengah atas.


Demi membuat cake yang spesial ini, bahan yang dibutuhkan untuk bikin adonannya terdiri atas cream cheese, castor sugar, SB flour, egg, whip cream, salt, lemon juice dan lemon zest. Untuk filling-nya sendiri menggunakan blueberry jam. Sementara itu sebagai bahan untuk garnish-nya adalah fresh blueberry, fresh strawberry dan dextrose.


Setelah pekerjaan membuat adonan sudah siap, maka adonan dituangkan ke dalam wadah alumunium berdiameter 15 cm yang sebelumnya sudah dilapisi kertas kue. Saat menuang adonan kue tersebut, usahakan tingginya sekitar 3-5 cm. Sebelum di-bake pada suhu 200*C selama 60 menitan, adonan yang sudah ditata di dalam wadah itu lalu dikasih filling berupa blueberry jam.


Usai di-bake selama 60 menit, Blueberry Basque Burnt Cheese Cake itu lalu diangkat dari mesin oven dan diangin-anginkan di atas meja display produk. Dan tahapan pekerjaan yang terakhir adalah meng-garnish-nya dengan fresh blueberry, fresh strawberry dan ditaburi bubuk halus dextrose.


”Dengan meng-garnish Blueberry Basque Burnt Cheese Cake, tentu tampilan cake asal Spanyol tersebut semakin keren dan berkelas,” tandas Chef Vivi Liong di hadapan anak didiknya. Good jobs! Chef. Amazing ....


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar