twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 20 Agustus 2022

Aksi Heboh Mahasiswa Belajar Cara Hias Classic Cakes Bersama Chef Dwi Mei Retnowati


Cantiknya Tampilan Ontbijtkoek, Lapis Mandarin dan Spiku Persembahan Mahasiswa Pastry Art Class

 

PADA tatap muka hari kedua, Rabu (10/08/2022) pagi, Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit Chef Dwi Mei Retnowati berbagi ilmu dengan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, praktik menghias tiga kreasi Classic Cakes yakni Ontbijtkoek, Lapis Mandarin dan Spiku yang cantik menawan tampilannya. Pertemuan tersebut dihelat di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Pada pertemuan hari pertama, Selasa (09/08/2022), mahasiswa praktik menghias tiga kreasi Classic Cakes, yakni Black Forest Cake, Opera Cake dan Tiramisu Cake. Sedangkan pada tatap muka hari terakhir, Selasa (23/08/2022), mahasiswa diajarkan teknik membuat Yulong, Red Velvet Cake dan Tropical Fruit Cake yang keren.

 

”Dengan demikian dalam tiga kali pertemuan, mahasiswa Pastry Art Class saya ajarkan cara membuat sembilan kreasi Classic Cakes sekaligus teknik menghiasnya,” kata Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya.

 

Di hadapan anak didiknya, Dosen Pengajar Pastry Art Class ini kembali menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang teknik pengolahan dan cara menghias Classic Cakes yang sedikit lebih ribet daripada saat belajar Cakes Basic. Untuk itu, mahasiswa juga diingatkan kembali dasar-dasar teknik pengolahan kue yang sudah diajarkan sebelumnya.

 

Demi membuat Ontbijtkoek di Kitchen Patisserie Graha Tristar, misalnya, mahasiswa anggota Kelompok 1 diminta menyiapkan bahan-bahan untuk membuat adonan kue dalam wadah berukuran 12x12 cm2 dan di-bake pada suhu 180*C selama 30-35 menitan.

 

Bahan untuk membuat adonan kue Ontbijtkoek sendiri terdiri dari egg yolk, egg white, palm sugar, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, milk powder, baking powder. Spekulas powder, melted margarine, butter (melted), condensed milk dan dan vanilla paste. Sementara itu untuk topping-nya sendiri menggunakan canary, sedangkan garnish-nya bisa memanfaatkan red cherry.


Menurut sejarahnya, Ontbijtkoek merupakan kue untuk sarapan. Oleh orang-orang Belanda dulu, kue jadul ini memang disajikan untuk sarapan. Makanya sepotong pun sudah bikin kenyang. Rasanya sangat kuno, mengingatkan kita pada nenek yang dengan setia mengirimkan kue enak buat cucu tersayang.


Saat praktik menghias Classic Cakes pada tatap muka hari kedua itu, mahasiswa anggota Kelompok 2 dan 3 kebagian tugas membuat Lapis Mandarin dan mahasiswa yang tergabung dalam Kelompok 4 tampil percaya diri saat praktik membuat Spiku.

 

”Masing-masing kelompok kerja juga saya kasih kebebasan berkreasi saat menghias tiga kreasi Classic Cakes tersebut agar tampilannya semakin keren dan berkelas sesuai standar industri,” tandas Chef Mei kepada anak didiknya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar