twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Sabtu, 06 Agustus 2022

Keseruan Belajar Basic Cake Decoration di Kitchen Modern Food University Indonesia


Mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar Diajarkan Basic Bordering Plain Tube, Basic Bordering with Star Tube, Basic Bordering Flower dan Buat Enam Kreasi Cakes Basic yang Cantik


SELAMA lima kali tatap muka, sekitar 40-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyardari  A, B dan C Class secara terpisah diajarkan Basic Cake Decoration, Selama praktik Basic Cake Decoration, mahasiswa dibimbing oleh Chef Daniel Pradipta, Chef Sari Palupi dan Chef Ita Suhervin di Kitchen Modern 2, Lantai 2 Food University Indonesia Jl. Raya Manyar Kertoarjo No. 74 Surabaya, Kamis (04/08/2022) pagi.


Pada pertemuan hari pertama, Senin (01/08/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar selain dibekali secara teori seputar Basic Cake Decoration, juga praktik membuat Basic Bordering Plain Tube dengan menggunakan spuit yang ujungnya runcing berlubang satu.


Untuk bisa leluasa selama praktik Basic Cake Decoration, setiap individu mahasiswa waijb memiliki satu set spuit (isi 24 pieces) sendiri. Di pasaran, harga spuit memang bervariasi, tergantung bahan pembuatannya karena ada yang terbuat dari alumunium hingga bahan stainless steel.


Selama praktik Basic Bordering Plain Tube, mahasiswa diajarkan membuat pola hiasan writing, heart, drop strings, cornelli lace, lattice, ruffle dan overlapping drop strings. Teknik menghias berbagai pola yang cantik dengan spuit itu dilakukan di atas Styrofoam berdiameter 16 cm yang sudah ditutup dengan whipped cream (white margarine yang sudah di-mixer) lebih dulu.


Sementara itu selama praktik Basic Bordering with Star Tube pada hari kedua, mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar diajarkan membuat pola hiasan cake mulai stars, fleur de lis, rosettes, shells, reserve shells, zig zag garlands, e-motion, c-motion, twist, flute, zig-zag hingga puff.


”Untuk membuat berbagai pola Basic Bordering with Star Tube, maka Anda bisa menggunakan spuit yang ujungnya berbentuk bintang,” kata Chef Ita Suhervin sambil menunjukkan contoh spuit itu di hadapan mahasiswa Pastry Art B Class, Kamis (04/08/2022) pagi.


Saat praktik Basic Bordering with Star Tube di Kitchen Modern 2, Lantai 2 Food University Indonesia, 13-an mahasiswa Pastry Art Tristar Manyar B Class tampil percaya diri sejak prepare bahan, proses menghias Styrofoam (gabus) yang sudah tertutup oleh whipped cream (white margarine).


Sementara itu pada tatap muka hari ketiga, lanjut Chef Ita, mahasiswa Pastry Art Class praktik Basic Bordering Flowers. Bahan yang khusus dipakai membuat hiasan cakes kali ini adalah butter cream borders & flowers decoration. Pola hiasannya sendiri berupa ropes, basket wave, scrolls dan crown.


”Sedangkan pada pertemuan hari keempat dan kelima, mahasiswa Pastry Art Class Tristar Manyar giliran kami ajarkan membuat enam kreasi Cakes Basic yang cantik tampilannya, yakni Anniversary Cake, Birthday Cake, Cartoon Cake, Valentine Cake, Motherday Cake dan Idul Fitri Cake,” pungkas Chef Ita Suhervin kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Food University Indonesia Tristar Manyar (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Tristar Group di Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar