twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 02 Agustus 2022

Aksi Heboh Mahasiswa Culinary Art Praktik Foodpreneur di Kitchen Modern Graha Tristar


Gelar Cooking Demo for Foodpreneur, Chef Nadya Tampilkan Hainan Chicken Rice with Rolled Tofu yang Yummy

 


UNTUK kali kedua, tepatnya pada Senin (01/08/2022) pagi, Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit menggelar Cooking Demo for Entrepreneur, demi membuat salah satu menu masakan legendaris Oriental Cuisines, yakni Hainan Chicken Rice with Rolled Tofu yang yummy.

 

Demo masak demi menyukseskan gelaran Program Foodpreneur tersebut, dihadiri 14-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi. Demo masak tersebut dilaksanakan di Kitchen Modern 1 Lantai 3, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Usai menghelat Cooking Demo for Entrepreneur, sekarang giliran dua kelompok mahasiswa –masing-masing tim beranggotakan tujun orang-- diminta menduplikasi menu masakan itu sesuai resep yang diberikan, lalu memproses di kitchen hingga mengemasnya dalam plastic box packaging yang keren seperti yang diajarkan Chef Nadya.

 

Program Foodpreneur bagi mahasiswa Culianary Art Class ini melengkapi jadwal praktik harian di kitchen yang sudah disusun pihak Akademik. Sehingga, mahasiswa –dalam satu kelompok kerja beranggotakan 6-7 orang setiap kelompoknya-- punya kesempatan langsung untuk belajar berwirausaha di bidang kuliner kekinian yang lezat dengan harga terjangkau.

 

Di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar, Senin (25/07/2022) pagi, Chef Nadya Ratri Aryani bersama 14 orang anak didiknya tampil heboh demi menyiapkan Hainan Chicken Rice with Rolled Tofu dengan tampilan kekinian yang yummy rasanya.

 

Dalam setiap kemasan Hainan Chicken Rice with Rolled Tofu, isinya meliputi Hainan rice, Hainan chicken (lengkap dengan kuahnya), condiment (berupa cambal dan pickie) serta rolled tofu. Berdasarkan kalkulasi sementara, lanjut Chef Nadya, harga jual Hainan Chicken Rice with Rolled Tofu untuk setiap paketnya berkisar antara Rp 27.500 – Rp 30.000-an. 


Setelah Chef Nadya menghelat demo masak Hainan Chicken Rice with Rolled Tofu, sekarang giliran dua kelompok mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi itu diminta menduplikasi kreasi masakan Oriental Cuisines tersebut dengan tampilan sekeren mungkin ala pengusaha catering atau pelaku bisnis restoran terkemuka di Surabaya.

 

Untuk membuat Hainan Chicken Rice with Rolled Tofu ala pelaku usaha Foodpreneur, maka ada beberapa tahapan pekerjaan yang mesti dilakoni. Pekerjaan tahap pertama adalah masak Hainan Chicken. Bahannya terdiri dari whole chicken broiler, ginger, garlic, leek, Chinese wine, sesame oil, clove, water, salt, pepper & sugar serta soy sauce.


Sedangkan tahapan pekerjaan berikutnya adalah menyiapkan Hainan Rice. Bahan untuk masak Hainan Rice sendiri meliputi rice, ginger, garlic, sesame oil, SP dan chicken Hainan stock. Selanjutnya Chef Nadya berbagi cara membuat Condiment, berupa sambal dan pickie.

 

Sementara itu pekerjaan terakhir yang dilakukan Chef Nadya adalah membuat Rolled Tofu yang berasa gurih dengan tekstur yang sedikit agak kenyal. Bahan untuk masak Rolled Tofu terdiri atas tofu, egg, carrot, flour, sesame oil, SPS dan nori.

 

”Untuk finishing-nya (tentunya etelah semua pekerjaan rampung), lalu saya mem-plating menu Hainan Chicken Rice with Rolled Tofu tersebut secantik dan semenarik mungkin agar tampilan semakin keren saat dikemas dalam plastic box,” ujar Chef Nadya di hadapan anak didiknya. Good jobs! Chef. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar