twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 26 Juli 2022

Aksi Mahasiswa Pastry Art Praktik Foodpreneur di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya


Chef Mei Demo Buat Choco Red Velvet Brownies, Chef Renny Bikin Brownies Kukus dan Banana Cake yang Legit



MEMASUKI pekan kedua masa perkuliahan semester genap pada akhir Juli 2022, sebanyak 25-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 dan A-2 Pagi yang diasuh Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Renny Savitri, antusias mengikuti materi praktik Foodpreneur di Kitchen Patisserie, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (25/07/2022) pagi. 


Langkah terukur Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit membekali anak didiknya seputar materi Foodpreneur agar pelaksanaannya nanti bisa saling melengkapi dengan materi praktik reguler di Kitchen Patisserie Lantai 2 Graha Tristar yang sudah disusun pihak Akademik. 


Dalam program Foodpreneur, Dosen Pengajar Pastry Art Kelas A-1 Pagi, Chef Dwi Mei Retnowati lebih dulu menghelat Baking Demo for Entrepreneur demi membuat Choco Red Velvet Brownies bersama anak didiknya. Produk pastry tersebut nantinya ditawarkan secara online system (Open PO) maupun Direct Selling kepada calon konsumen, baik dari civitas akademika Tristar Group sendiri maupun pembeli dari kalangan umum.


Red Velvet Brownies (dengan dua pilihan topping, Cheese atau Chocolate dan garnish-nya sendiri meggunakan red cherry) itu dikemas cantik dalam kotak karton berwarna coklat agar tampilannya semakin menarik dan berkelas, sehingga disuka konsumen terutama generasi millennial.

 

Selama membuat Choco Red Velvet Brownies di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar, Chef Mei juga melibatkan langsung 12 orang mahasiswa (dibagi dalam dua tim) yang hadir pagi itu, karena merekalah yang nantinya membuat, mengemas dan menjual produk pastry tersebut demi menyukseskan Program Foodpreneur yang wajib diikuti mahasiswa Pastry Art Class.

 

Seperti halnya produk makanan yang ditawarkan mahasiswa Culinary Art Class, hasil kreasi mahasiswa Pastry Art Class ini juga dikemas sekeren mungkin dengan menggunakan label Fun’s Shop & Cakes --Pusat Oleh-oleh khas Surabaya— yang merupakan salah satu unit usaha di bawah jaringan Tristar Group.


”Berdasarkan kalkulasi sementara, harga jual Choco Red Velvet Brownies yang saya tampilkan pada gelaran Baking Demo for Entrepreneur kali ini berada pada kisaran  Rp 20.000 per paketnya,” ujar Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Senin (25/07/2022) siang.

 

Sementara itu kesibukan serupa juga tampak di Kitchen Patisserie 2, Lantai 3 Graha Tristar, Senin (25/07/2022) pagi. Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Renny Savitri bersama 13 anak didiknya (terbagi menjadi dua tim) harus berjibaku di kitchen, demi membuat dua kreasi cakes kekinian, yakni Brownies Kukus dan Banana Cake (original tanpa topping).

 

”Demi menyukseskan Program Foodpreneur, Anda juga bisa memberikan topping misalnya Cheese atau Chocolate agar tampilan cake-nya semakin keren dan berkelas,” ujar Chef Renny di hadapan anak didiknya yang hadir di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, pagi itu.

 

Sebelum program Foodpreneur itu mulai berjalan awal Agustus 2022 mendatang, mahasiswa Pastry Art Class pun akan dibekali ilmu akuntansi sederhana, terutama Food Cost yakni cara menghitung Harga Pokok Produksi (HPP) termasuk tenaga kerja, air, listrik dan elpiji (LPG) hingga cara menentukan Harga Jual Produk (Selling Price) serta menghitung besaran margin-nya agar usaha kuliner itu nantinya bisa meraih keuntungan. Berdasarkan perhitungan sementara harga jual kedua produk cakes itu masing-masing dipatok Rp 25.000 per paketnya. 


Demi menyukseskan program Foodpreneur di lingkungan civitas akademika Tristar Group termasuk Akpar Majapahit, maka segenap mahasiswa Pastry Art Class harus bekerja sungguh-sungguh dan menjaga kekompakan tim. ”Pasalnya sukses tidaknya program ini, maka soliditas Anda bersama personel lainnya dalam satu tim memegang peranan penting. Selamat bekerja!” pesan Chef Renny kepada anak didiknya. Good jobs! Bro & Sis. Very very impressive

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar