twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 06 Juli 2022

Aksi Seru Mahasiswa Masak Satu Set Menu di Kitchen Plaza Segi Delapan Surabaya Barat


Gelar Fine Dining, Mahasiswa Tristar Cruise Persembahkan Deconstructed Nusantara Cuisine yang Berkelas di Indonesia International Restaurant


UNTUK kali keempat, mahasiswa Tristar Cruise A Class yang berkampus di Kampus D Plaza Segi Delapan Sukomanunggal, Surabaya Barat, sukses menggelar acara Fine Dining bertema Deconstructed Nusantara Cuisine yang menyajikan aneka kreasi masakan khas Indonesia untuk acara jamuan makan resmi ala hotel berbintang atau kapal pesiar mewah, Selasa (14/062022) malam.


Mahasiswa Cruise A Class tersebut sehari-hari diasuh Chef Lusiana dan Chef Suhendra Hardja, Dosen Pengajar Tristar Cruise International Training Centre (member of Tristar Group), tampil all out demi mempersembahkan kreasi masakan terbaiknya di hadapan tamu dan dosen pembimbing.


Gelaran Fine Dining bertema Deconstructed Nusantara Cuisine yang dihelat di Indonesia International Restaurant tersebut, di-set up sedemikian rupa sehingga penataannya terkesan mewah, dengan berhias pernak pernik khas restoran yang menyajikan satu set menu lengkap masakan authentic dari Indonesia dengan tampilan keren, berkelas dan tentunya superlezat juga citarasanya.


Penataan meja yang terkesan mewah untuk acara fine dining itu wajib hukumnya karena disesuaikan dengan kehadiran 12-15 orang tamu (undangan) berstatus Very Important Person (VIP) yang menuntut pelayanan spesial dan memuaskan tentunya.


Penataan meja makan untuk perhelatan fine dining itu pun dipercayakan kepada M. Bilal Gunawan sebagai General Manager (GM) bersama empat orang waiters/waitrees bagian Food & Beverage Service (FBS) dengan balutan busana khas Jawa dengan tampilan kekinian. Sedangkan kru kitchen-nya sendiri sebanyak enam orang, yang dimotori langsung oleh Head Chef Indonesia International Restaurant, Bella Salwa.


Bella, sapaan akrab mahasiswa Tristar Cruise A Class bersama lima anggota timnya harus berjibaku di hot kitchen Indonesia International Restaurant demi membuat Bir Pletok (Welcome Drink), Lumpia Basah Bandung (Live Cooking), Gado-Gado (Appetizer), Soto Betawi (Soup), Nasi Campur Bali (Main Course) dan Pudding Cendol (Dessert).


Dalam gelaran Fine Dining kali ini, menurut Bella, pihaknya mengangkat tema Deconstructed Nusantara Cuisine karena ingin tampil beda dari biasanya. Pengertian deconstructed sendiri menekankan makanan itu dipisah-pisahkan lalu dirakit ulang menjadi bentuk lain sehingga tidak sama dengan bentuk makanan aslinya.


Bella lalu mencontohkan Es Cendol tampilan aslinya berupa cendol, santan kelapa, gula merah, nangka dan es batu. Namun dengan pendekatan teknik deconstructed, maka Es Cendol pun berubah tampilannya menjadi Pudding Cendol yang berkelas. Kreasi Pudding Cendol ini disajikan sebagai menu penutup (Dessert)-nya.


Sementara itu Bir Pletok asli Betawi untuk Welcome Drink ini ditampilkan di gelaran jamuan makan malam itu karena citarasanya tidak kalah dengan cocktail di Café atau Bar. Untuk membuat minuman rempah yang menhhangatkan tubuh, bahannya meliputi jahe, cengkih, pala, lada, serai (sereh), kapulaga, kayu manis, daun pandan, daun jeruk, gula, air dan kayu secang secukupnya (untuk pewarna merah alami) + di-garnish agar tampilannya semakin keren.


Sedangkan untuk Welcome Snack-nya sendiri, tim kitchen menggelar live cooking demi membuat Lumpia Basah Bandung yang tasty. Untuk membuat Lumpia Basah khas Bandung yang legendaris ini bahannya terdiri dari kulit lumpia, bengkuang manis, tauge, telur orak arik, bawang putih serta saus yang terbuat dari tepung kanji dan gula merah.


Sementara itu menu Appetizer-nya sendiri adalah Gado-Gado. Makanan pembuka ini asli dari Indonesia, dengan ciri khas berupa aneka sayuran segar maupun sayuran yang dikukus (direbus) seperti lontong, daun selada, kacang panjang, kubis, kecambah (taoge), kentang, telur, irian mentimun dan tomat buah lalu diguyur dengan saus kacang halus yang berasa gurih banget dan ditaburi bawang merah goreng, kerupuk udang dan melinjo dengan condiment-nya berupa kecap manis dan sambal.


Menu selanjutnya Soto Betawi. Soup yang satu ini ditampilkan dalam acara jamuan makan malam karena keunikan dari kuahnya. Soto Betawi berisi olahan daging dengan kuah santan (sebagai pengganti susu), nikmat banget jika disantap selagi hangat. Bahan isi Soto Betawi biasanya berupa daging dan jeroan sapi seperti babat dan paru. Sedangkan bumbu Soto Betawi sendiri terdiri dari cengkih, kayu manis, pala, serai dan tambahkan juga minyak samin secukupnya.


Sementara itu menu Main Course-nya adalah Nasi Campur Bali. Salah satu menu utama andalan Indonesia International Restaurant ini berupa SateLlilit (bahannya meliputi ikan tenggiri, udang giling, kelapa muda, air asam jawa, gula merah, garam secukupnya, daun alam, daun jeruk diiris halus, serai dan minyak untuk menumis).


Untuk membuat bumbu halusnya sendiri bahannya terdiri dari cabai merah besar, bawang putih, bawang merah, kunyit (dibakar), jahe, kencur, kemiri (disangrai), terasi (dibakar) dan lada bubuk. Sedangkan condiment-nya berupa Sambal Matah. Dan dalam satu piring Nasi Campur Bali itu umumnya ada Nasi Putih, Sate Lilit, Ayam Suwir, Lawar Bali dan Sambal Matah. Good jobs! Bro & Sis. Amazing


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Tristar Cruise International Training Centre (member of Tristar Group) di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Tristar Group, Gedung Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480823, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar