twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 11 Juli 2022

Mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit All Out Sukseskan Program Foodpreneur


Chef Renny Puji Tim A yang Berhasil Buat 60 Paket Quiche & Tim B Sukses Produksi 100 Paket Tartlet Kekinian



 

SEBANYAK 11 orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang terbagi dalam dua tim, langsung tancap gas demi mengimplementasikan Program Foodpreneur yang dirancang sejak awal Juni 2022 lalu, di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya bersama Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Renny Savitri.

 

11 mahasiswa Pastry Art Class itu pun dibagi menjadi dua tim, masing-masing beranggotakan 5-6 orang. Program Foodpreneur yang dicanangkan pihak Akademik itu berdurasi setengah bulan, terhitung mulai 16-30 Juni 2022.

 

Menurut Chef Renny, Program Foodpreneur tersebut sudah berjalan dua triwulan terakhir dan ini adalah gelaran kali kedua. Tahapan pelaksanaannya sendiri terdiri dari tiga kali pertemuan, yakni (1). Sosialisasi Proposal, (2). Presentasi Proposal dan Food Test, sedangkan tahapan terakhir (3). Proses Produksi di Kitchen Patisserie 2 difasilitasi sepenuhnya oleh pihak Kampus.

 

Tema utama dari Program Foodpreneur ini adalah menampilkan aneka kreasi Pie (Tartlet) dan Muffin (Cupcakes) dengan tampilan kekinian. Masing-masing tim bebas berkreasi demi menghasilkan produk pastry yang terbaik. Inilah tantangan yang harus dihadapi pebisnis yang baru merintis usaha di bidang Patisserie.

 

Tim A yang diketuai Febiola Novitasari dengan didukung lima orang personel lainnya sepakat berjibaku di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar pada hari H proses produksi, tepatnya Kamis (23/06/2022) pagi hingga selesai, demi membuat 60 paket Quiche dua varian rasa, yakni BBQ Chicken Quiche dan Beef Mushroom Quiche yang sudah dipesan customer.

 

Selama sepekan buka lapak online dan pemesanan via layanan open Pre Order (PO) lewat chat WhatsApp (WA) masing-masing personel Tim A, pihaknya optimistis bisa menjual minimal 60 paket Quiche dua varian rasa tersebut sesuai ekspektasi.

 

”Setiap paket berisi satu buah Quiche.  Harga per paketnya kami bandrol Rp 25.000, sudah termasuk free ongkir untuk daerah Surabaya dan sekitarnya. Dengan harga ritel sebesar itu, kami hanya memperoleh margin keuntungan tidak lebih dari Rp 5.000 per paketnya karena perhitungan Harga Prokok Penjualan (HPP)-nya sekitar Rp 20.000-an,” terang Febiola di dampingi Antonius Junior Winarso.

 

Junior menambahkan, relatif kecilnya margin keuntungan yang diperoleh Tim A karena terkendala kenaikan harga daging yang sudah di atas Rp 100 ribu per kilogramnya dan pihaknya juga masih harus membeli cetakan Quiche sendiri lantaran peralatan itu tidak tersedia di kitchen kampus.

 

Berbeda dengan tantangan yang dihadapi Tim A, maka lima personel Tim B yang dimotori Marcellous Marciano bisa sedikit bernapas lega karena mereka masih bisa menangguk margin keuntungan sebesar Rp 8.000-an, untuk setiap paket Muffin dua varian rasa, yakni Choco Crunchy Muffin dan Corn Cheese Muffin, yang dibandrol Rp 18.000 per paketnya.

 

Margin keuntungan sebesar itu karena HPP untuk membuat setiap paket Muffin (@ berisi dua pieces) itu tidak lebih dari Rp 10.000. Tanpa diduga order pemesanan dari 10 customer potensial itu ternyata tembus 100 paket. Bahkan eloknya lagi ada satu pelanggan istimewa yang langsung order 25 paket untuk meramaikan acara hari ulang tahun anaknya.

 

Sebelum memantapkan tekadnya demi memuluskan Program Foodpreneur tersebut, baik Tim A maupun Tim B sudah dibekali ilmu cara menghitung biaya (food costing) agar dalam perjalanannya bisa meraih untung dan berhasil memenuhi target penjualan yang ditetapkan.

 

”Dengan bekal ilmu cara menghitung biaya (food costing) dan pengetahuan seputar pentingnya kemasan (packaging) dari Dosen Pengajar Mata Kuliah Umum (MKU), langkah kami jadi calon pebisnis andal semakin terbuka lebar,” ujar Marcel, sapaan akrab Marcellous Marciano kepada kru www.sekolahmasak.info, di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, baru-baru ini.

 

Antusiasme 11 mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi saat berjibaku di kitchen demi menyukseskan pelaksanaan Program Foodpreneur juga mendapat atensi dan pujian langsung dari Dosen Pembimbing Chef Renny Savitri. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar