twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 15 Juli 2022

Serunya Mahasiswa Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Nadya Ratri Aryani


Lezatnya Ayam Balut Saus Mentega, Bistik Lidah, Cah Jagung Muda dan Kikil, Hidangan Kuliner khas Jawa Timuran yang Yummy Banget

 

SEPEKAN jelang gelaran final exam, 13 orang mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani, masih harus berjibaku di Kitchen Culinary 2, Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, Senin (27/06/2022) pagi, demi praktik masak empat menu Indonesian Food, yakni Ayam Balut Saus Mentega, Bistik Lidah, Cah Jagung Muda dan Kikil yang yummy banget.

 

Hidangan kuliner khas Jawa Timuran tersebut selalu bikin nagih saat disajikan untuk menu makan siang (lunch). Contohnya menu Ayam Balut Saus Mentega. Menu masakan yang enak ini ternyata mudah untuk dibuat. Ayam merupakan bahan favorit yang banyak diolah menjadi beragam masakan.

 

Kreasi masakan Ayam Balut Saus Mentega rasanya manis, gurih dan lezat. Ayam Balut Saus Mentega sendiri adalah menu klasik yang hampir selalu ada di restoran dan ternyata cara masaknya pun nggak bikin ribet.


Bahan yang dibutuhkan untuk masak Ayam Balut Saus Mentega adalah chicken broiler (dibersihkan lebih dulu, lalu di-breading dan selanjutnya di-fry), flour, egg, water, baking powder, salt & pepper, butter, onion, garlic, sweet soy sauce, L&P sauce, water, green peas dan spring onion.

 

Selanjutnya masak menu kedua yakni Bistik Lidah. Untuk membuat menu istimewa yang satu ini membutuhkan bahan seperti beef tongue (dibersihkan lebih dulu, lalu dipresto demi memudahkan pekerjaan melepas skin-nya), water, beef powder, L&P sauce (saus Inggris), margarine, salt, nutmeg, onion, flour, beef tongue stock, fresh milk, bay leave, salt pepper & sugar, sweet soy sauce.

 

Sedangkan menu ketiga adalah Cah Jagung Muda. Untuk masak Cah Jagung Muda ala restoran, maka bahan yang disiapkan adalah baby corn, arcis, carrot, shrimp, shallot, garlic, red chili, salt & pepper, sweet soy sauce dan oyster sauce.


Sementara itu menu yang terakhir adalah Kikil. Untuk masak Kikil dengan kuah kental nan gurih, maka bahan yang diperlukan meliputi beef feet (di-boiling lebih dulu sampai matang dan kikilnya jadi empuk), shallot, garlic, galangal, ginger, aromatic ginger, candlenut, lemon grass, kaffir leaf, spring onion, salt & pepper, turmeric serta bahan untuk membuat sambalnya.

 

Selama praktik masak di kitchen, 13 mahasiswa Culinary Art Class itu langsung berbagi tugas sebelum berjibaku di kitchen selama 90 menitan, demi masak empat menu masakan khas Indonesia tersebut. Setelah empat menu masakan itu matang, maka hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class tersebut di-plating semenarik mungkin agar tampilannya berkelas dan elegan.

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class tersebut kemudian dievaluasi oleh Chef Nadya Ratri Aryani dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya, sesuai standar industri perhotelan. Good jobs! Bro & Sis. Very very impressive…

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar