twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 17 Juli 2022

Melihat Kehebohan Final Exam Hari Pertama Sesi Pagi di Kitchen Modern Tristar Samator


Mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas B Persembahkan Satu Set Menu Asian Cuisines untuk Hidangan Lunch Buffet ala Hotel Berbintang


 

PADA gelaran ujian praktik Hari Pertama Sesi Pagi, Kamis (30/06/2022), sembilan orang mahasiswa Culinary Art Tristar Samator Kelas B tampil all out demi mempersembahkan satu set menu lengkap Asian Cuisines untuk hidangan Lunch Buffet ala hotel berbintang, di Kitchen Modern Trestelle Accademia Culinaria Sky Suites SOHO-Samator Jl. Raya Kedung Baruk No. 26-28 Surabaya.

 

Mahasiswa Tristar Samator yang tampil di hot kitchen pagi itu adalah Lovissa Calista Liu, Marcelina Setiawan, Kenji Kairo, Delvin Noel, Faleria Christin, Sahirah Lutfi Basymeleh, Ferdinand Gunawan, Christin Elvira Sonbay dan Christine Samsudin.


Mereka pun berjibaku demi menyiapkan sembilan kreasi menu masakan Asian Cuisines yang tasty & deliciously, yakni Vietnamesse Spring Roll & Tod Mun Pla (Appetizer) dan Vietmamesse Chicken Corn Soup (Soup).

 

Sedangkan untuk sajian Main Course-nya sendiri terdiri dari Spicy Thai Chicken WingsStir Fry Thai Garlic Prawn, Som Tum dan Thai Fried Rice. Sementara itu untuk menu penutup (Dessert)-nya adalah Krong Krang Nam Ka Ti dan Thai Tea Ice.


Selama berjibaku di Kitchen Modern Trestelle Accademia Culinaria Sky Suites SOHO-Samator, pihak akademik memberi batasan waktu tidak lebih dari 120 menit atau sekitar dua jam, sejak prepare bahan, proses memasak hingga mem-plating dan menyajikannya di meja display produk.


 

Sembilan kreasi masakan Asian Cuisines di-plating dan dihias sedemikian rupa agar tampilannya semakin keren dan berkelas, sebelum di-taste dan dinilai oleh tim juri yang terdiri dari Chef Yanuar Kadaryanto dan Chef Antoni Clearius.

 

Sedikitnya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan.

 

Hasil kreasi masakan mahasiswa Culinary Art Class Tristar Samator tersebut yang terdiri atas Appetizer, Soup, Main Course dan Dessert tersebut, selain dikritisi juga diapresiasi oleh tim juri, baik dari aspek penampilan, tekstur maupun cita rasanya.

 

Selain memberi masukan soal teknik plating dan garnish-nya, mahasiswa juga diingatkan kembali seputar teknik masak yang benar, cara mengatur api stove agar masakan tidak sampai over cooking atau kurang masak dan sebagainya.

 

Mahasiswa juga diingatkan lagi bahwa tasting (icip-icip) saat masak hukumnya wajib agar masakan tersebut tidak sampai keasinan dan kalau masih kurang asin bisa ditambahkan sedikit garam.



”Secara overall saya lihat dari sisi tampilan dan kreativitas saat menyajikan hasil masakan di meja display rata-rata sudah oke. Tinggal kalian terus mempertajam aspek tekstur dan cita rasanya agar hasilnya semakin maksimal,” saran Chef Yanuar, seusai penjurian di lobi kampus Tristar Samator. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Tristar Group (termasuk Akpar Majapahit), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar