twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 13 Juli 2022

Mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit All Out Sukseskan Program Foodpreneur


Tampil Terakhir di Kitchen Patisserie, Tim A & Tim B Kelas A-1 Siang Tetap Semangat Produksi Tartlet dan Muffin Kekinian Pesanan Pelanggan


DEMI menyukseskan Program Foodpreneur bagi 10 orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Siang yang sehari-hari dibimbing Chef Sari Palupi, tetap tampil percaya diri saat menggelar proses produksi dua kreasi Tartlet dan dua kreasi Muffin kekinian, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (27/06/2022) pagi.

 

10 mahasiswa Pastry Art Class yang terbagi dalam dua tim itu harus berjibaku di kitchen sejak pagi hingga sore, demi memenuhi order dari pelanggan yang sudah memesan produk pastry andalan masing-masing tim dengan sebaik-baiknya.

 

Tim A yang diketuai Aisyah Aulia Hanum bersama empat anggotanya, misalnya, tampil all out di kitchen, demi menyiapkan 75 paket berisi Panfry Curry Chicken Tartlet dan Mac & Cheese Tartlet yang dipesan oleh 72 customer setianya.

 

Open Pre-Order (PO) sebanyak itu, sekitar 60 persennya diperoleh dari penjualan secara online melalui IG: tresdelicieux yang digulirkan sejak dua pekan sebelum hari H proses produksi, sedangkan sisanya yang 40 persen diorder melalui layanan chat WhatsApp (WA) masing-masing personel dari Tim A.

 

”Setiap paket berisi lima pieces Tartlet kekinian itu kami bandrol Rp 25.000. Dari harga jual tersebut kami mampu meraih margin keuntungan Rp 10.000 per paketnya karena Harga Pokok Produksi (HPP) kami tidak lebih dari Rp 15.000 per paketnya,” kata Hanum kepada kru www.sekolahmasak.info, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar, Senin (27/06/2022) lalu.

 

Untuk pengiriman barang pesanan pelanggan, pihaknya memberi apresiasi berupa free ongkos kirim (bebas ongkir) apabila jaraknya 0-5 kilometer dari kampus. Namun, jika pelanggan lokasi rumahnya di atas 5 kilometer dari kampus, maka dikenakan biaya pengiriman sebesar Rp 15.000.

 

Hanum juga menginformasikan, modal awal dari hasil patungan dengan segenap anggota Tim A terkumpul Rp 600.000. Uang tersebut selain untuk belanja berbagai bahan kue, juga untuk beli packaging yang harga per box-nya bermain pada kisaran Rp 1.700.

 

Sementara itu Tim B yang dimotori Yohanes Sadewa Putra Nugraha juga mulai berjibaku di kitchen bersama empat orang anggotanya sejak Senin (27/06/2022) pagi, demi memenuhi target penjualan 70-an paket berisi dua pieces Muffin kekinian (Banana Muffin Choco Chip dan Banana Muffin Choco Cheese) yang keren tampilannya, pasca timnya membuka lapak online.

 

Dari penawaran lewat layanan online tersebut, pihaknya berhasil menjaring 50-an pelanggan potensial. Menariknya, salah satu pelanggan ada yang pesan 10 paket sekaligus. ”Ini yang membuat kami bangga banget,” tandas Sadewa, sapaan akrabnya kepada kru www.sekolahmasak.info, di sela-sela mempersiapkan bahan untuk membuat dua kreasi Muffin, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya.

 

Sukses menjaring 50 pelanggan itu karena pihaknya juga mengandalkan sistem layanan open PO dan chat WA dari masing-masing personel. Dirinya optimistis bisa mengimplementasikan Program Foodpreneur, karena program itu besar manfaatnya bagi mahasiswa yang ingin belajar sejak dini sebagai calon pengusaha makanan dan minuman yang andal.

 

Masih menurut Sadewa, setiap paketnya dilepas dengan harga Rp 18.000 (isi dua buah Muffin). Kalau HPP-nya tidak lebih dari Rp 9.000 per paketnya, maka margin keuntungan yang berhasil ditangguk sekitar Rp 9.000-an untuk setiap paketnya. Boleh jadi ini adalah bisnis yang menggiurkan banget!  


Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Sari Palupi menambahkan, 10 orang anak didiknya ini baru berjibaku di kitchen lima hari setelah mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi (diasuh Chef Dwi Mei Retnowati) dan mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi (dibimbing Chef Renny Savitri) mengimplementasikan Program Foodpreneur.


”Meskipun 10 mahasiswa dari kelas kami kebagian jadwal proses produksi hari yang terakhir, namun mereka tetap antusias dan tampil all out saat bekerja di kitchen demi mempersembahkan produk pastry yang terbaik sesuai pesanan pelanggan,” tandas Chef Upi sapaan karib Chef Sari Palupi, di ruang kerjanya. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible … 


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar