twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 14 Juli 2022

Chef Renny Savitri Kenalkan Teknik Hiasan Karamel Kekinian di Kitchen Graha Tristar


Mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi Tampil All Out Demi Belajar Buat Delapan Kreasi Caramel Art Kekinian  

 

SEPEKAN sebelum pelaksanaan final exam, 12-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang diasuh Chef Renny Savitri dikenalkan Teknik Hiasan Karamel (Caramel Art) kekinian di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (27/06/2022) pagi.


Oleh Chef Renny, mahasiswa Pastry Art Class itu diajarkan membuat delapan resep cakes yang dipercantik dengan sentuhan Caramel Art. Dosen Pengajar Pastry Art itu menjelaskan secara teori mengenai pengetahuan umum tentang aneka hiasan karamel dan proses aplikasinya dalam suatu produk pastry.

 

Aneka kreasi Caramel Art tersebut tetap mengacu pada standar industri perhotelan yang mendepankan tiga aspek yakni tampilan dan kreativitas, tekstur serta citarasanya. Dengan demikian kreasi Caramel Art yang ditampilkan mahasiswa itu harus benar-benar eksotik, cantik dan berkelas.

 

Pada tatap muka hari pertama, Senin (27/06/2022) pagi, Chef Renny, sapaan akrabnya membekali anak didiknya cara membuat Nougat Slice Vanilla Sponge, Choco Caramel Slice Chocolate with Spun Sugar, Orange Crème Tartlet with Spun Sugar dan Debostorte Chocolate Sponge yang cantik dan elegan penampilannya.

 

Sedangkan pada pertemuan hari kedua, Selasa (28/06/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Class kembali diajarkan teknik membuat empat kreasi hiasan Caramel Art yang berbeda, yakni Croquembunce Choux, Iced Lemon Cake with Pulled Sugar, Cheese Charlote with Almond Sugar dan Biscuit of Romance.

 

Antusiasme membuat empat kreasi Caramel Art yakni Nougat Slice Vanilla Sponge, Choco Caramel Slice Chocolate with Spun Sugar, Orange Crème Tartlet with Spun Sugar dan Debostorte Chocolate Sponge pada praktik hari pertama itu ditunjukkan anak didik Chef Renny, sejak mereka –terbagi dalam beberapa kelompok-- berbagi tugas membuat hingga meng-garnish empat kreasi Caramel Art tersebut di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya.

 

Untuk membuat Nougat Slice Vanilla Sponge, misalnya, mahasiswa mesti menyiapkan pekerjaan pertama membuat Vanilla Sponge, Bahannya terdiri dari egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), butter (di-melted dulu) dan tambahkan vanilla paste.

 

Selain menyiapkan Vanilla Sponge, mahasiswa juga diminta untuk membuat topping-nya. Bahannya sendiri meliputi butter, white margarine, condensed milk, icing sugar, vanilla paste dan dan peanut butter jam.


Sedangkan pekerjaan terakhir adalah menyiapkan garnish-nya. Bahan untuk membuat garnish terdiri dari sugar, water, lemon juice, peanut (yang sudah di-baked terlebih dulu) dan red cherry.

 

Sementara itu saat membuat karamel yang berwarna kecoklatan, butuh perhatian ekstra agar tidak sampai overcook alias kegosongan dengan warna kehitaman. Dalam kesempatan itu, Chef Renny memberi tips bagaimana memproses gula pasir menjadi karamel yang dipanaskan di atas pan pada suhu tertentu selama 15-20 menitan.

 

”Biasanya karamel yang overcook tidak elok untuk hiasan cakes, karena saat memprosesnya ditinggal kerja yang lain. Padahal demi hasil terbaik maka Anda mesti fokus saat memproses gula pasir jadi caramel,” terang Chef Renny Savitri di hadapan anak didiknya. Good jobs! Bro & Sis. Very very cool …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar