twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 20 Juli 2022

Pengenalan Dasar Masak di Kitchen Culinary Graha Tristar Bersama Chef Nadya Ratri Aryani


Mahasiswa Baru Culinary Art Diajarkan Buat Aneka Kreasi American Breakfast yang Cantik ala Hotel Berbintang

 

PADA pertemuan hari kedua materi praktik Basic Cookery Knowledge di Kitchen Culinary 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Selasa (12/07/2022) lalu, Dosen Pengajar Dasar Masak (Basic Cookery Knowledge) Akpar Majapahit, Chef Nadya Ratri Aryani, mengajarkan cara membuat aneka kreasi American Breakfast berbasis olahan telur yang lezat serta membuat Tomato Sauce dan Espagnol, di hadapan 12 mahasiswa baru Culinary Art Kelas A-1 Pagi.

 

Demi memudahkan pekerjaan saat praktik masak di Kitchen Culinary Graha Tristar, Chef Nadya Ratri Aryani pun meminta mahasiswa baru Culinary Art Class itu untuk tampil individual saat mem-plating hidangan menu American Breakfast secantik mungkin seperti yang dicontohkan.


Selama kuliah Basic Cookery Knowledge hari kedua tersebut, Chef Nadya menerangkan konsep-konsep dasar teknik dan pengetahuan dalam proses memasak telur (ayam) terutama cara membuat Over Easy (Telur Ceplok), Sunny Side Up (Telur Mata Sapi), Omelette, Schrambled Egg dan Poach Egg. Selain itu mahasiswa baru Culinary Art Class juga diajarkan cara membuat dua kreasi saus yakni Tomato Sauce dan Espagnol.


Dalam pertemuan kedua itu, mahasiswa dibekali teknik membuat dua kreasi saus. Pertama membuat Tomato Sauce. Saus tomat adalah saus yang dibuat dari buah tomat yang sudah dimasak ditambah gula, garam, cuka dan rempah-rempah seperti cengkih dan kayu manis. Bawang Bombay, seledri dan sayuran lain juga sering ditambahkan ke dalam saus tomat.


Sesuai panduan pada Buku Ajar (Silabus) edisi 2022 yang sudah dibagikan kepada mahasiswa, bahan untuk membuat Tomato Sauce adalah bacon, butter, onion, carrot, celery, flour, chicken stock, tomatoes, tomato paste, bay leaf, garlic, thyme, clove, pepper corn, sugar dan salt.


”Sedangkan kreasi saus berikutnya adalah Espagnol. Bahan yang dibutuhkan demi membuat saus yang satu ini terdiri atas onion, carrot, celery, butter, flour, brown stock, tomato paste, bay leaf, thyme dan parsley stem,” terang Dosen Pengajar Culinary Art Class Akpar Majapahit itu kepada anak didiknya.


 

Selain itu mereka juga diajarkan bagaimana cara mem-plating Over Easy, Sunny Side Up, Omelette, Schrambled Egg dan Poach Egg + BreadMix Vegetables Salad ala American Breakfast yang ditata sedemikian rupa agar tampilannya cantik dan menarik saat disajikan di atas meja. Sebuah padu padan plating-an menu sarapan pagi yang keren!


“Setelah saya kasih contoh bagaimana mem-plating aneka kreasi American Breakfast yang keren, sekarang giliran setiap individu mahasiswa itu diminta menampilkan hasil plating-an menu American Breakfast terbaiknya,” tukas Chef Nadya.


Oleh Chef Nadya Ratri, mahasiswa baru Culinary Art Class tersebut juga dikenalkan dengan teknik merebus, menggoreng dan mengatur api kompor (stove) di kitchen agar masakan tersebut betul-betul matang sempurna.Mahasiswa pun diminta untuk mulai membiasakan diri dengan nge-taste setiap kali masak agar bisa tahu apakah masakan itu masih kurang asin dan jangan sampai keasinan.


”Mahasiswa pun saya kenalkan dengan pengetahuan dasar-dasar hygiene & sanitation, pengetahuan menggunakan pisau, pra persiapan masak, prosedur berbagai macam pembuatan kaldu merupakan hal-hal yang diutamakan hingga sejarah layanan makanan modern,” terang Chef Nadya kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, baru-baru ini. Very very cool. Good jobs! Bro & Sis. …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) di Gedung Graha Tristar, silakan menghubungi Tim Marketing di Front Office (FO) Tristar Group Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar