twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 29 Agustus 2022

Kehebohan Mahasiswa Praktik Masak Indonesian Cuisines Bersama Chef Andi Indarto

Cita Rasa Spesial Otak-Otak Bandeng dan Bebek Bakar Bumbu Boreh, Hidangan Kuliner Khas Jawa Timuran dan Bali yang Menggoda Selera

 

SALAH satu hidangan kuliner tradisional khas Indonesia yang cita rasanya menggoda selera adalah Otak-Otak Bandeng (Jatim) dan Bebek Bakar Bumbu Boreh (Bali). Dua menu spesial itu terasa nikmatnya jika dipadupadankan dengan Nasi Putih yang teksturnya pulen dan kesegaran Es Legen asli dari Gresik. Kelezatannya bikin nagih banget.

 

Otak-Otak Bandeng merupakan olahan makanan khas warga pesisir Pantai Utara Jawa Timur, yang membentang dari Tuban, Gresik, Surabaya hingga Sidoarjo. Sampai saat ini, Otak-Otak Bandeng cocok banget untuk lauk pauk pada menu hidangan makan siang (lunch) di sejumlah rumah makan dan restoran di daerah itu.

 

Cita rasa spesial dari Otak-Otak Bandeng mendorong sejumlah pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) dari Tuban dan Gresik menjajakannya dalam bentuk kemasan yang menarik dan praktis sebagai oleh-oleh khas daerah Tuban dan Gresik.

 

Kepopuleran Otak-Otak Bandeng juga diikuti oleh Bebek Bakar Bumbu Boreh, kuliner khas Bali. Ketenaran olahan Bebek Bakar Bumbu Boreh ini boleh disandingkan dengan Bebek Sinjay dan Bebek Songkem, olahan bebek khas dari daerah Bangkalan (Maduran).

 

Di Bali, sajian menu Bebek Bakar Bumbu Boreh pas banget jika dipadupadankan dengan Jukut Mapelencing dan Nasi Kuning. Bebek Bakar Bumbu Boreh cita rasanya memang kuat di bumbu rempah-rempahnya. Berasa pedas dan gurih merupakan ciri khas yang ditonjolkan pada masakan tersebut.

 

Dua menu khas masakan tradisional Indonesia tersebut juga diajarkan Chef Andi Indarto, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, kepada mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit (member of Tristar Group) Kelas A-2 Pagi, di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Surabaya, Rabu (24/08/2022) pagi, pekan lalu.

 

Praktik masak dua menu Indonesian Cuisines pada pertemuan hari kedelapan itu diikuti sembilan dari 13 orang mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi. Oleh Chef Andi, mahasiswa yang hadir pagi itu dibagi menjadi empat kelompok kecil, masing-masing beranggotakan 2-3 orang.

 

”Sesuai dengan panduan dalam Buku Ajar (Silabus) yang dibagikan kepada mahasiswa, dua menu masakan tradisional khas Indonesia, Otak-Otak Bandeng dan Bebek Bakar Bumbu Boreh itu kami ajarkan kepada mahasiswa Culinary Art Class saat praktik masak pada hari ke delapan,” terang Chef Andi kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Sebagai salah satu warisan budaya kuliner Nusantara yang cukup terkenal, dua menu masakan tradisional dari Jawa Timur dan Bali tersebut juga diapresiasi oleh mahasiswa Culinary Art Class untuk mempraktikkannya sendiri di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya.

 

Tim A Jessica dan Seylla, Tim B Balqis, Tasya dan Farizky, Tim C Bella dan Anggi sedangkan Tim D Dita dan Uci. Masing-masing tim berjibaku di kitchen demi masak dua menu tradisional khas Indonesia dengan durasi masak tidak lebih 90 menit.

 

Gelaran Cooking Battle ala Chef Andi itu terasa heboh karena masing-masing tim dituntut untuk tampil sebaik mungkin demi mempersembahkan Otak-Otak Bandeng dan Bebek Bakar Bumbu Boreh yang sudah di-plating sedemikian rupa di meja display produk.

 

Masing-masing tim pun antusias menyiapkan menu Otak-Otak Bandeng, yang bahannya terdiri dari milk fish (bandeng yang sudah dicabut durinya) dan coconut grated (parutan kelapa yang disangrai). Daging milk fish bebas duri dicampur dengan salam leaf, lemon grass dan kaffir leaf lalu ditambahkan dengan coconut grated dan diaduk sampai merata.

 

Selain itu, mahasiswa juga diminta membuat bumbu paste-nya dari bahan-bahan seperti salt, candlenut, garlic, shallot, turmeric, coriander dan palm sugar, di-blend jadi satu lalu di-sautee (ditumis sampai keluar aroma harum).

 

Selain itu demi masak Bebek Bakar Bumbu Boreh yang berasa pedas bumbu boreh-nya dan gurih daging bebeknya, maka bahan yang dibutuhkan meliputi duck (berupa separonya bebek utuh), water, oil, shallot, garlic, hot chili, turmeric, shrimp cake, candlenut, galangal, aromatic ginger, lemon grass, kaffir leaf dan salt.

 

Sebelum gelaran cooking battle tersebut, mahasiswa juga diingatkan agar menanak Nasi Putih, agar saat mem-plating hasil masakannya nanti setara dengan tampilan masakan yang biasa disajikan di hotel-hotel berbintang atau restoran terkenal di Surabaya.

 

Setelah berjibaku di kitchen sekitar 1,5 jam, hasil masakan mahasiswa Culinary Art baik dari Tim A, B, C maupun Tim D, kemudian dikritisi dan dinilai oleh Chef Andi Indarto dari aspek tampilan dan kreativitas, tekstur serta cita rasanya, sesuai standar industri perhotelan. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik dengan kegiatan mahasiswa Culinary Art Class Akpar Majapahit terakreditasi A. dan ingin bergabung menjadi mahasiswa Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang ke Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar