twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 01 September 2022

Keseruan Aksi Mahasiswa Belajar Basic Cakes di Kitchen Graha Tristar Bersama Chef Renny


Mahasiswa Pastry Art Class Persembahkan Pandan Chiffon Cake, Fluffy Cheese Cake dan Ogura Cotton Cake yang Keren dan Berkelas


SEBANYAK 12-an orang mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang diasuh Chef Renny Savitri belajar Teknik Dasar Pengolahan Kue (Basic Cakes). Sekitar Sembilan resep aneka kreasi cakes akan dipraktikkan mahasiswa selama tiga kali tatap muka di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar, Jl, Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Pada pertemuan hari kedua, Rabu (24/08/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi praktik membuat tiga resep cakes, yakni Pandan Chiffon Cake, Fluffy Cheese Cake dan Ogura Cotton Cake.


Sebelum praktik di kitchen, mahasiswa Pastry Art Kelas Pagi ini dibekali pengetahuan umum tentang teknik dasar pembuatan cake oleh Chef Renny, sapaan akrabnya. Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit ini membagi 12 anak didiknya menjadi empat kelompok.


Kelompok 1 dan 2 kebagian tugas membuat Pandan Chiffon Cake, Kelompok 3 mendapat jobs membuat Fluffy Cheese Cake dan Kelompok 4 diberi tanggung jawab membuat Ogura Cotton Cake.


Pada pertemuan hari pertama, mahasiswa tampil antusias saat diminta menyiapkan bahan untuk bikin adonan cakes sesuai job desc-nya masing-masing. Tak salah jika setiap kelompok –masing-masing beranggotakan tiga orang-- berupaya tampil all out demi menghasilkan produk pastry yang berkualitas sesuai standar industri perhotelan.


Kelompok 1 dan 2 kebagian tugas membuat Pandan Chiffon Cake, misalnya, sudah prepare bahan pembuatan kue di meja kerja, yang terdiri dari egg, sugar, egg white, cream of tartar, sugar, cake flour, baking powder, salad oil, fresh milk, pandan paste dan fresh cream, sedangkan untuk garnish-nya bisa memanfaatkan red cherry segar.


Demi menyiapkan adonan untuk membuat cake-nya dengan sponge method, maka semua bahan tersebut di-mixer lalu dimasukkan ke dalam loyang berdiameter 20 cm dan di-bake pada suhu 190 *C selama 40-45 menitan. Pandan Chiffon Cake yang sudah selesai di-bake lalu diangkat dari mesin oven untuk didinginkan sebentar, sebelum di-garnish agar tampilannya semakin keren dan berkelas.


Selain Kelompok 1 dan 2, dua kelompok lain juga bekerja all out di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, demi membuat Fluffy Cheese Cake dan Ogura Cotton Cake yang memenuhi standar industri perhotelan.


”Demi hasil yang terbaik maka tidak hanya aspek cita rasa dan teksturnya saja yang saya perhatikan, namun aspek tampilan dan kreativitas penyajian juga saya nilai agar mahasiswa terbiasa bekerja di kitchen sesuai standar hotel berbintang,” terang Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, baru-baru ini.


Sementara itu pada tatap muka hari pertama, Selasa (23/08/2022) pagi, mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi praktik membuat tiga resep cakes, yakni Hurricane Roll Cake, Pandan Vla Roll Cake dan Mocha Nut Roll Cake.


Sedangkan pada pertemuan hari terakhir, Selasa (30/08/2022) pagi, Chef Renny kembali berbagi dengan anak didiknya cara membuat tiga resep cakes yang berbeda, yakni Marble Pound Cake, English Cake dan Layered Brownies Cake.


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa di Kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar