twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 22 September 2022

Melihat Aksi Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Nadya


Steamed Fish with Black Bean & Ginger dan Angshio Hie Bie, Dua Menu Populer yang Ditampilkan Mahasiswa pada Gelaran Cooking Battle Hari Terakhir

 

DEMI menyukseskan gelaran cooking battle pada praktik masak hari terakhir, Rabu (21/09/2022) pagi, Chef Nadya Ratri Aryani menugaskan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, masak dua menu Oriental Cuisines, yakni Steamed Fish with Black Bean & Ginger dan Angshio Hie Bie yang lezat di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Sebanyak 14 orang mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi dua tim masing-masing beranggotakan tujuh orang. Setiap tim kebagian tugas masak dua menu masakan Oriental Cuisines (Chinese Food) dengan durasi masaknya sekitar 90 menitan.

 

Setiap tim tampil antusias saat masak menu Oriental Cuisines yang disajikan ala hotel berbintang di Surabaya. Tim A (Christy Angelica, dkk) kebagian tugas masak dua menu yakni Steamed Fish with Black Bean & Ginger dan Angshio Hie Bie yang lezat rasanya dengan tampilan mewah dan berkelas tentunya.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masak Steamed Fish with Black Bean & Ginger meliputi Garoupa fish (Kerapu) yang sudah dibersihkan isi perut dan sisiknya, black bean, ginger (separo dipotong julliene dan sisanya di-slice), garlic di-chopped dan leek (sebagian di-cut 2-3 cm dan sisanya dipotong julliene).

 

Sedangkan shao xing wine, soy sauce, sesame oil dan fish sauce di-mix all lalu ditambahkan seasoning secukupnya. Sebelum ikan di-steamed sekitar 30-45 menitan bersama bumbu termasuk black bean, irisan ginger, chopped garlic, red chili yang sudah dipotong julliene, coriander leaf, salf & pepper dan potongan leek tersebut.

 

Nah, agar kuah bumbunya tidak sampai merembes saat dikukus, sebaiknya Anda memanfaatkan alumunium foil selama proses pengukusannya. Kalau alumunium foil-nya tidak tersedia di hot kitchen, maka Anda bisa menggunakan pyrex untuk men-steam Garoupa fish tersebut.

 

Sementara itu bahan yang diperlukan untuk masak Angshio Hie Bie terdiri dari Snapper fillet yang sudah di-slice dan tambahkan tepung SP secukupnya sebelum fillet-an ikan Kakap tersebut di-breading dan di-fry. Selanjutnya tapioca flour dan maizena di-mix bersama snapper fillet dan tofu yang di-slice atau dipotong seukuran dadu dan sudah di-fry.

 

Selama proses memasak Angshio Hie Bie tersebut tambahkan garlic oil (take with garlic yang di-sautee), onion yang dipotong cube, red chili (sudah dipotong julliene), salt, sugar & pepper, Chinese wine, tausi, oyster sauce, pepper, soy sauce, sesame oil, garlic yang sudah di-chop dan di-sautee, hioko mushroom (sebelumnya di-boiling lebih dulu kemudian di-slice) dan water.

 

Jika cita rasanya dinilai masih kurang nendang, Anda bisa menambahkan seasoning secukupnya sampai rasa kuah Angshio Hie Bie tersebut betul-betul hau ce alias enak banget,” ujar Chef Nadya, di hadapan anak didiknya.

 

Aksi ciamik pun ditunjukkan Tim B (Anna Santosa cs) yang pagi itu juga kebagian tugas masak dua menu yang sama, yakni Steamed Fish with Black Bean & Ginger dan Angshio Hie Bie yang lezat. Masing-masing tim harus berjibaku di hot kitchen Graha Tristar Surabaya demi menampilkan dua menu masakan Oriental Cuisines yang kepopulerannya sudah tidak diragukan lagi.

 

Personel masing-masing tim pun bahu membahu di kitchen demi menampilkan dua masakan Oriental Cuisines yang populer dan sampai sekarang kedua menu masakan sehat dan menyehatkan tersebut masih disuka para pecinta kuliner.

 

”Selanjutnya masing-masing tim saya minta mem-plating dan meng-garnish-nya agar dua menu masakan Oriental Cuisines yang populer tersebut tampilannya semakin keren dan berkelas ala hidangan mewah di hotel-hotel berbintang,” tandas Chef Nadya saat mengevaluasi hasil kerja anak didiknya. Good jobs! Bro & Sis. Very very impressive

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar