twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 18 September 2022

Aksi Seru Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Mario Alvin Jonathan


Mahasiswa Culinary Art Manfaatkan Bihun yang Di-Fry saat Menghias Kungpao dan Corn Soup, Dua Menu Masakan Legendaris Chinese Food


DEMI menampilkan kreasi plating yang berkesan mewah dan berkelas, empat tim mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari dibimbing oleh Chef Mario Alvin Jonathan, memanfaatkan bihun yang telah digoreng untuk mempercantik tampilan dua menu masakan legendaris Chinese Food, yakni Kungpao Chicken dan Corn Soup saat disajikan di meja display produk.

 

”Masing-masing tim, saya minta memanfaatkan bihun yang sudah digoreng saat mem-plating Kungpao Chicken dan Corn Soup sebelum dua makanan legendaris itu dihidangkan di meja makan. Jadi dalam plating-an kali ini kami sengaja tidak memanfaatkan nasi putih agar tampilan kreasi plating itu tampak semakin keren dan berbeda dari sebelumnya,” kata Chef Jo, sapaan akrab Mario Alvin Jonathan kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Rabu (14/09/2022), pekan lalu.

 

Pada pertemuan hari kedelapan, Rabu (14/09/2022), pekan lalu, mahasiswa Culinary Art Class kembali diajarkan teknik masak dua menu Oriental Cuisines yang legendaris di Indonesia, yakni Kungpao Chicken dan Corn Soup yang lezat. Praktik masak Chinese Food itu sendiri digelar di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Masih meneruskan gelaran Battle Cooking, 11 dari 13 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi dalam empat tim, masing-masing tim beranggotakan 2-3 orang. Setiap tim kebagian tugas masak dua menu masakan Oriental Cuisines. Masing-masing tim nantinya diadu untuk menampilkan kreasi plating-an yang terbaik dari hasil masakannya di hadapan dosen pembimbing.

 

Baik Tim 1 (Abul dkk), Tim 2 (Seylla cs), Tim 3 (Dita dkk) maupun Tim 4 (Tasya cs), sama-sama tampil all out di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, saat memasak Kungpao Chicken dan Corn Soup yang tasty & deliciously sesuai standar industri perhotelan.

 

Menu pertama membuat Kungpao Chicken. Bahan yang diperlukan untuk masak Kungpao Chicken yang lezat adalah chicken breast (dibersihkan lalu dipotong bentuk cube, stripe atau slice), tapioca flour, egg, button mushroom (diiris bentuk peel atau di-slice), green bellpepper, red bellpepper, onion (dipotong bentuk cube) dan garlic oil (take with garlic).

 

Sedangkan bahan pendukung lainnya seperti Chinese wine, oyster sauce, tomato sauce dan mushroom sauce dimasak menjadi satu bersama water (300-400 ml) dan ditambahkan juga seasoning secukupnya.

 

”Jadi selama proses memasak Kungpao Chicken, jangan lupa tambahkan juga sesame oil, cashewnut (biji mete) yang sudah di-fry, dry chili (di-flake), salt, pepper dan vetsin secukupnya,” terang Chef Jo kepada anak didiknya sebelum cooking battle itu digelar di hot kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Sementara itu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masak Corn Soup terdiri atas crab meat, garlic oil (take with garlic), chicken dan shrimp yang sudah dibersihkan (dipotong small dice lalu di-stir fry sebentar), chicken stock, whole kernel, salt, pepper, sugar, vetsin dan fishgravy (untuk seasoning-nya).

 

Bahan pendukung yang lain adalah Chinese wine, corn starch, egg white dan sesame oil. Sedangkan garlic yang sudah di-chop kemudian di sautee guna ditaburkan sebagai topping bersama parsley untuk garnish-nya. Selanjutnya irisan kecil red chili di-mixed bersama soy sauce (berasa asin) di dalam mangkuk mini sebagai condiment-nya.

 

Setelah semua pekerjaan rampung, masing-masing tim lalu diminta mem-plating dan meng-garnish hasil kreasi dua masakan Chinese Food tersebut ala hidangan mewah dan berkelas layaknya di restoran terkemuka atau hotel-hotel berbintang di Surabaya.

 

Aksi Tim B (Seylla cs), Tim C (Dita dkk) dan Tim D (Tasya cs) yang juga kebagian tugas masak dua menu yang sama, yakni Kungpao dan Corn Soup yang tasty & deliciously, tidak kalah serunya dengan Tim A, saat masing-masing tim itu berjibaku di hot kitchen Graha Tristar Surabaya. Personel masing-masing tim pun bahu membahu di kitchen demi menampilkan dua masakan Oriental Cuisines yang legendarisnya tersebut.

 

Selanjutnya dua menu makanan Oriental Cuisines itu disajikan di meja display untuk diabadikan oleh tim Multimedia Tristar Group, sebelum dievaluasi oleh Chef Jo dari aspek tampilan & kreativitas, tekstur dan citarasanya. Amazing. Good jobs! Bro & Sis …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar