twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 13 September 2022

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Mario Alvin Jonathan


Lezatnya Chicken Porridge, Egg Flower Soup dan Sapo Tofu, Tiga Menu Masakan Chinese Food Kreasi Mahasiswa Culinary Art 

 

PADA pertemuan hari keenam, Rabu (07/09/2022), pekan lalu, mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi kembali diajarkan teknik masak tiga menu Oriental Cuisines yang cukup populer di Indonesia, yakni Chicken Porridge, Egg Flower Soup dan Sapo Tofu yang lezat. Praktik masak Chinese Food bersama Chef Mario Alvin Jonathan itu digelar di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Masih melanjutkan gelaran Battle Cooking, 14 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu tetap dibagi dalam tiga tim, masing-masing tim beranggotakan 4-5 orang. Setiap tim kebagian tugas masak tiga menu masakan Oriental Cuisines. Masing-masing tim nantinya diadu untuk menampilkan kreasi plating-an yang terbaik dari hasil masakannya di hadapan Chef Jo, sapaan karib Mario Alvin Jonathan.

 

Baik Tim 1 (Seylla dkk), Tim 2 (Jessica cs) maupun Tim 3 (Balqis dkk), sama-sama tampil all out di hot kitchen Graha Tristar Surabaya, saat memasak Chicken Porridge (Bubur Ayam), Egg Flower Soup dan Sapo Tofu yang lezat sesuai standar industri perhotelan.

 

Menu pertama membuat Chicken Porridge. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat bubur ayam istimewa (topping-nya dilengkapi irisan telur bebek hasil fermentasi) ini terdiri atas rice dan chicken stock di-cook yang soft, lalu ditambahkan salt, vetsin dan sesame oil secukupnya.

 

Sedangkan chicken breast-nya di-boil dan diberi seasoning, bitan (di-steam sekitar tiga menitan), wedges, wonton skin (di-dice lalu di-fry), tong jae, spring onion (di-slice), dan cakwee-nya juga di-slice.

 

Selanjutnya membuat menu kedua yakni Egg Flower Soup. Bahan untuk masak sup spesial ini adalah tomato (di-dice lebih dulu), soy sauce dan chicken stock di-reheat, egg, spring onion (sudah di-slice), baru ditambahkan salt, pepper, sugar dan vetsin secukupnya.

 

Sementara itu untuk masak menu yang terakhir, Sapo Tofu, maka bahan-bahan yang harus disiapkan meliputi tofu (di-cut menjadi delapan bagian), carrot (di-cut menjadi bentuk bunga), hioko mushroom (di-boil lebih dulu baru di-slice), ginger (di-crushed), pok choy (di-cut to half lalu di-blanch) dan garlic-nya sendiri juga di-slice lalu di-sautee.

 

Sedangkan bahan yang lain seperti oyster sauce, soy sauce, chicken stock, chicken breast (diiris model julienne) juga dimasukkan bersama bahan-bahan sebelumnya, lalu Anda tambahkan salt, pepper, sugar, vetsin dan maizena secukupnya agar kuahnya mengental. Tunggu beberapa menit sampai Sapo Tofu tersebut masak sempurna baru masakan tersebut diangkat.

 

Setelah semua pekerjaan tuntas, masing-masing tim lalu diminta mem-plating dan meng-garnish hasil kreasi tiga masakan Chinese Food tersebut ala hidangan mewah dan berkelas layaknya di restoran terkenal atau hotel-hotel berbintang.

 

Selanjutnya tiga menu makanan Oriental Cuisines tersebut disajikan di meja display untuk  didokumentasikan oleh tim Multimedia Tristar Group, sebelum dievaluasi oleh Chef Jo dari aspek tampilan & kreativitas, tekstur dan citarasanya. Amazing. Good jobs! Bro & Sis …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar