twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 14 September 2022

Aksi Ciamik Praktik Buat Aneka Kreasi Es Krim & Es Puter Kekinian Bersama Chef Dwi Mei


Melon Sorbet, Es Puter Kelapa Muda dan Sweet Corn Gelato Buatan Mahasiswa Pastry Art Class, Diapresiasi Tamu dari Bank Sampoerna



 

SUATU kebanggaan jika hasil kreasi Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi saat praktik membuat aneka kreasi es krim dan es puter kekinian, diapresiasi oleh rombongan tamu dari Bank Sampoerna yang datang bersama Presdir Tristar Group Ir Juwono Saroso MM, M.MPar., di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Rabu (14/09/2022) siang.

 

Rombongan tamu melihat dari dekat bagaimana mahasiswa Pastry Art Class Akpar Majapahit (member of Tristar Group) praktik membuat tiga kreasi es krim dan es puter kekinian, yakni Melon Sorbet, Es Puter Kelapa Muda dan Sweet Corn Gelato sesuai standar industri berikut cara meng-garnish-nya agar tampilannya semakin keren. "Hmmm cantik banget garnish-nya es krim ini," puji salah satu tamu yang mengenakan hijab hitam di dampingi seorang rekannya yang mengabadikannya dengan kamera handphone.

 

Dengan memanfaatkan tiga unit mesin pemroses es krim berukuran portable, maka tiga tim mahasiswa Pastry Art Class tersebut bisa membuat Melon Sorbet, Es Puter Kelapa Muda dan Sweet Corn Gelato, dalam waktu yang bersamaan dengan durasi sekitar 60 menitan pada suhu -4* C.

 

Mesin pemroses es krim merk GEA tipe ICE-1530 dengan daya listrik 150 W (220 V) dan berkapasitas 1,5 liter dengan berat total 11,5 kg itu praktis banget jika digunakan untuk sarana mahasiswa praktik membuat es krim dan es puter kekinian di cold kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Sebelum praktik dimulai, Chef Mei lebih dulu menerangkan teknik membuat es krim, es milk (gelato), sorbet dan es puter sesuai panduan singkat yang tersaji pada Buku Ajar (Silabus) yang sudah diberikan kepada mahasiswa. Selain itu, mereka juga dikenalkan bagaimana cara mengaplikasikan mesin pemroses es krim portable yang masih tampak kinyis-kinyis (baru) tersebut.

 

Selanjutnya demi memudahkan pekerjaan di cold kitchen Graha Tristar, 13 dari 14 mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu dibagi tiga tim. Tim A (Reynaldy bersama tiga rekannya) kebagian tugas untuk membuat Melon Sorbet.

 

Sedangkan Tim B yang dimotori Sadewa bersama tiga mahasiswa lainnya dipercaya membuat Sweet Corn Gelato dan Tim C yang diketuai Habib bersama empat orang mahasiswa yang lain mendapat jobs membuat Es Puter Kelapa Muda.

 

Dalam penjelasannya di hadapan mahasiswa, Chef Mei mengatakan bahwa proses pembuatan Melon Shorbet memang tidak terlalu ribet, karena tidak harus menggunakan mesin pemroses es krim seperti halnya dalam praktik membuat Es Puter Kelapa Muda dan Sweet Corn Gelato.

 

”Namun pada praktik kali ini, mahasiswa diminta memanfaatkan mesin pemroses es krim ukuran portable itu demi membuat Melon Shorbet karena hasil akhirnya tekstur Melon Sorbet tersebut terasa lebih halus,” terang Chef Mei, sapaan akrabnya kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, kemarin.

 

Bahan untuk membuat Melon Sorbet terdiri dari sugar, water, melon syrup, melon fresh dan lemon juice. Cara membuatnya sugar, water, melon syrup dan melon segar yang di-blender bersama ice cube yang sudah dihancurkan lebih dulu, kemudian pindah dalam mesin pemroses es krim tersebut selama 60 menitan pada suhu -4* C.

 

”Sebelum ditampilkan di meja display produk, Melon Sorbet yang sudah jadi tersebut lalu dimasukkan ke dalam mangkuk es krim dan di-garnish dengan irisan buah melon agar tampilannya cantik dan menarik,” ujarnya.

 

Selain diajarkan cara membuat Melon Sorbet, Es Puter Kelapa Muda dan Sweet Corn Gelato, maka pada tatap muka hari kedua, Senin (19/09/2022) depan, mahasiswa kembali diajarkan membuat tiga resep es krim yang berbeda yakni Oreo Ice Cream Dome, Biscoff Lotus Ice Cream Tartlet dan Peach Ice Cream Cake yang lezat dan keren tampilannya.

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit, silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar