twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 29 September 2022

Melihat Aksi Seru Gelaran Master Demo with Chef Nadya di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Angkat Konsep Java Style, Mahasiswa Culinary Art Class Duplikasi Menu Masakan Selat Solo yang Dihidangkan ala Restoran Terkenal


GELARAN Master Demo with Chef Nadya Ratri Aryani, Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit kali ini mengangkat konsep Java Style dengan menu masakan khas bertajuk Selat Solo yang tasty & deliciously. Demo masak yang dihadiri 12-an mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi tersebut dihelat di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244, Senin (26/09/2022) pagi.

 

Konsep Java Style yang keren tersebut diusung Chef Nadya, karena terinspirasi kisah sukses menu masakan utama (main course) ini yang cukup populer di kalangan pecinta kuliner di Jawa Tengah, khususnya Kota Solo dan sekitarnya.

 

Selat Solo atau Steak Jawa merupakan sebuah hidangan khas Solo yang mendapat pengaruh dari hidangan Eropa. Bahan utama berupa daging has luar yang direbus dan disajikan dengan kuah encer bersama dengan sayuran dan kentang.

 

”Namun dalam master demo kali ini kuahnya atau sauce-nya dibikin sedikit agak kental, sedangkan daging yang sudah dibumbui dan ditambah gelatin kemudian digulung seperti rolade. Gulungan daging itu selanjutnya di-steam, lalu di-grilled hingga matang sempurna,” terang Chef Nadya kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Menariknya, menurut dosen cantik dengan hijab di kepala itu, menu masakan Selat Solo diangkat dalam gelaran master demo kali ini karena menu masakan tersebut tidak tersedia di dalam Buku Ajar (Silabus) yang sebelumnya sudah dibagikan kepada mahasiswa.

 

Dengan mengusung konsep Java Style, lanjut Chef Nadya, maka penyajian menu masakan Selat Solo tersebut di-plating dan di-garnish sekeren mungkin dan berkelas layaknya makanan di restoran terkenal sebuah hotel berbintang.

 

Dengan konsep yang superkeren tersebut maka cara penyajian Selat Solo pun bukan ala makan keroyokan di sebuah warung lesehan, melainkan dikemas seelegan mungkin menyesuaikan diri dengan segmen pasar menengah atas yang dibidik oleh restoran tersebut.

 

Demi mempercepat pekerjaan selama di hot kitchen, Chef Nadya pun melibatkan dua tim mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi (masing-masing beranggotakan enam orang), untuk menduplikasikan menu masakan tersebut seperti yang dicontohkannya saat demo di hadapan 12-an mahasiswa yang hadir pagi itu.

 

Untuk masak Selat Solo yang tasty & deliciously ini, masing-masing tim, yakni Tim A dimotori Christy Angelica dan Tim B dipimpin Anna Elissa Santoso, harus berjibaku selama 45 menitan di hot kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Aksi seru Tim A maupun Tim B saat di kitchen pun mereka lakoni, demi menyiapkan bahan-bahan untuk membuat mixed beef, yakni ground beef, tapioca flour, egg dan onion di-mix all (ditambahkan nutmeg dan SPI) lalu di-rest sekitar lima menitan dengan plastic wrap. Kemudian di-steam sekitar 20-30 menitan dan di-grilled di atas pan grill hingga matang sempurna.

 

Pekerjaan berikutnya membuat sauce-nya. Bahan untuk membuat sauce terdiri dari onion, garlic, nutmeg, sweet soy sauce, maizena dan beef powder. Selama di-sautee jangan lupa menambahkan water secukupnya, seasoning, parsley yang sudah di-chop dan tomato sauce.

 

”Sementara itu untuk membikin mustard-nya sendiri, maka bahan yang dibutuhkan adalah mustard, vinegar dan water lalu panaskan serta tambahkan cornstarch secukupnya,” ujar Chef Nadya di hadapan anak didiknya.

 

Selama gelaran master demo, Chef Nadya tampak mem-plating sendiri Selat Solo yang lezat itu di atas piring, layaknya penyajian makanan di restoran terkenal sebuah hotel berbintang. Giliran selanjutnya dua tim mahasiswa Culinary Art Class tersebut yang diminta menduplikasikannya seperti yang dicontohkan Chef Nadya. Good jobs! Bro & Sis. Very very impressive …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Akpar Majapahit dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit di Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar