twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 28 September 2022

Asyiknya Melihat Gelaran Master Demo Buat Kreasi Cakes Kekinian Bersama Chef Daniel


Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi Sukses Duplikasi Buat Character Chocolate Cake nan Cantik 

 

GILIRAN Chef Daniel Pradipta yang menggelar acara Master Demo with Chef demi membuat Character Chocolate Cake nan cantik dan elegan, Demo tersebut digelar sehari jelang pelaksanaan final exam, tepatnya Senin (26/09/2022) pagi, di Kitchen Patisserie 2 Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Master Demo with Chef tersebut dihadiri 13-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari diasuh Chef Renny Savitri. Oleh Chef Daniel, mahasiswa yang hadir tersebut dibagi dalam tiga tim, masing-masing tim beranggotakan 4-5 orang.

 

Demo membuat kreasi cakes kekinian tersebut setidaknya bisa dijadikan acuan bagi mahasiswa Pastry Art Class sebelum tampil dalam ujian praktik (final exam) yang dilaksanakan selama dua hari, tanggal 27-28 September 2022.

 

Pasalnya, Chef Daniel selain buka-bukaan resep membuat Character Chocolate Cake nan cantik dan elegan (karena resepnya tidak tersedia di Buku Ajar atau Silabus), juga tidak pelit berbagi ilmu seputar teknik membuat chocolate ganache dan chocolate modelling agar tampilan cake tersebut semakin keren dan berkelas.

 

Demi membuat produk cake kekinian yang memenuhi standar industri, Chef Daniel lebih dulu membagikan fotokopi resep Character Chocolate Cake hasil kreasinya sendiri agar mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu lebih mudah memahami materi yang akan didemonstrasikan.

 

Untuk efisiensi waktu dan memudahkan pekerjaan di cold kitchen, maka tiga tim mahasiswa Pastry Art Class tersebut langsung berbagi tugas sesuai arahkan Chef Daniel saat mendemonstrasikan cara membuat Character Chocolate Cake yang keren di hadapan mahasiswa, lalu mahasiswa diminta untuk menduplikasikannya.

 

Tim A yang dimotori Richard bersama empat rekannya berjibaku di cold kitchen sejak pukul 09.00, demi mempersembahkan kreasi Character Chocolate Cake yang keren tampilannya seperti yang dicontohkan Chef Daniel.

 

Kehebohan yang sama juga diltunjukkan Tim B yang diketuai Vince bersama tiga rekannya dan Tim C yang dipimpin Marcel bersama tiga anggotanya tampil antusias saat bekerja di kitchen demi membuat kreasi Character Chocolate Cake kekinian tersebut.

 

Di sela-sela gelaran demo dan masing-masing tim mahasiswa menduplikasi cara membuat kreasi Character Chocolate Cake nan cantik dan elegan, Chef Daniel menerangkan bahan yang dibutuhkan untuk membuat cake tersebut, yakni egg, sugar, SP, cake flour, cornstarch, milk powder, melted butter dan chocolate paste.

 

Untuk filling-nya sendiri, mahasiswa diminta membuat chocolate ganache. Bahannya meliputi dark chocolate compound (DCC), fresh cream dan butter. Sementara itu untuk hiasannya, mahasiswa juga diajarkan cara membuat chocolate modelling.

 

Bahan untuk membuat chocolate modelling terdiri dari dark chocolate compound (DCC), glucose dan water. Sedangkan bahan untuk cover-nya adalah dark chocolate compound (DCC), gold dust, baking papper dan plastic. Pemanfaatan gold dust membuat tampilan cake tersebut semakin keren dan berkelas.

 

”Teknik membuat chocolate modelling dan chocolate ornament sebetulnya mahasiswa sudah diajarkan saat praktik membuat Special Cake dan Wedding Cake Decoration. Dalam demo kali ini saya me-refresh kembali cara membuat chocolate modelling agar kalian semakin trampil,” tandas Chef Daniel di hadapan anak didiknya. Good jobs! Chef. The most amazing

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar