twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 05 September 2022

Aksi Heboh Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Ardi Santoso


Sedapnya Wonton Soup dan Hainan Rice & Chicken, Dua Menu Masakan Chinese Food yang Populer di Asia


 

USAI dibekali dua materi praktik Fundamental Cooking Fried Rice dan Fundamental Cooking Noodle’s selama dua kali pertemuan oleh Chef Ardi Santoso, Dosen Pengajar Culinary Art Tristar Group, maka pada tatap muka hari ketiga, Rabu (31/08/2022), pekan lalu, mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, giliran diajarkan teknik masak dua menu Oriental Cuisines yang cukup populer di Asia, yakni Wonton Soup dan Hainan Rice & Chicken, di Kitchen Culinary 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Demi memudahkan pekerjaan di hot kitchen, 14 mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi tiga tim, masing-masing tim beranggotakan 4-5 orang. Setiap tim kebagian tugas masak dua menu masakan Oriental Cuisines. Masing-masing tim nantinya diadu untuk menampilkan kreasi plating-an yang terbaik dari hasil masakannya di hadapan Chef Ardi Santosa.

 

Baik Tim 1 (Christy dkk), Tim 2 (Alya cs) maupun Tim 3 (Adenanda dkk), sama-sama tampil all out saat memasak Wonton Soup dan Hainan Rice & Chicken. Menu pertama membuat Wonton Soup. Bahan yang dibutuhkan terdiri atas wonton skin (dibentuk ala siomay lengkap dengan isinya), chicken breast (dimasak dulu sampai tekstur dagingnya soft), garlic, spring onion (di-slice lebih dulu), ginger (di-grated), egg, chicken stock (kaldu ayam), soy sauce, sesame oil, salt dan pepper.

 

Untuk memasaknya, garlic, spring onion, ginger di-sautee sebentar sampai keluar aromanya harum. Olahan bumbu ini lalu dimasukkan ke dalam kaldu ayam bersama chicken breast dan egg untuk di-boiling. Kemudian tambahkan juga seasoning (white sugar, salt & pepper), sesame oil dan soy sauce secukupnya agar Wonton Soup tersebut berasa banget sedapnya.

 

Berikutnya masing-masing tim praktik masak menu kedua yakni Hainan Rice & Chicken. Nasi Ayam Hainan sendiri adalah hidangan sehat yang sangat populer di Asia. Berasnya dimasak menggunakan kuah sup ayam dan rasanya lebih nikmat daripada nasi putih biasa. Sedangkan ayamnya sendiri memiliki citarasa gurih (asin) dan biasanya disajikan dengan saus sambal, saus jahe dan kecap hitam manis.

 

Demi masak Hainan Rice & Chicken yang lezat, maka bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Hainan Rice meliputi rice, garlic, ginger, sesame oil, salt & pepper. Penampakan Hainan Rice setelah matang mirip dengan Nasi Lemak, hanya bedanya warna nasinya tetap dibiarkan natural yakni putih berminyak dengan aroma bumbu yang khas dari hasil kombinasi sesame oil, garlic, ginger, salt dan pepper.

 

Sedangkan untuk membuat olahan Hainan Chicken-nya sendiri membutuhkan sejumlah bahan masakan seperti chicken, ginger, garlic, Chinese wine, leek, sesame oil, clove, salt & pepper.

 

Cara masak chicken-nya adalah sebagai berikut bersihkan ayam, panaskan air, masukkan jahe lalu masak dengan api kecil. Setelah itu tambahkan bahan bumbunya seperti garlic, Chinese wine, leek, sesame oil, clove, salt & pepper, masak selama 30 menitan hingga ayam tersebut matang.

 

Selanjutnya untuk pekerjaan terakhir, masing-masing tim diminta mem-plating dan meng-garnish hasil kreasi masakan tersebut ala sajian di restoran atau hotel-hotel berbintang, sebelum makanan itu dihidangkan di meja display untuk dinilai langsung oleh Chef Ardi Santoso dari aspek tampilan & kreativitas, tekstur dan citarasanya. The most incredible. Good jobs! Bro & Sis …

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar