twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 12 September 2022

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Nadya Ratri Aryani


Cantonese Chicken dan Szechuan Soup, Dua Menu Legendaris dari Negeri Tirai Bambu yang Eksis di Indonesia

 

GILIRAN Chef Nadya Ratri Aryani S.Pd., M.Kes., Dosen Pengajar Culinary Art Akpar Majapahit, yang memberikan tantangan kepada 12 mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi, untuk masak dua menu Oriental Cuisines yang legendaris dari Negeri Tirai Bambu, yakni Cantonese Chicken dan Szechuan Soup. Praktik masak hari kelima, Rabu (07/09/2022) pagi itu dihelat di Kitchen Modern 1, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi dua tim masing-masing beranggotakan enam orang. Setiap tim kebagian tugas masak dua menu masakan Oriental Cuisines (Chinese Food). Durasi untuk masak dua menu legendaris tersebut dipatok tidak lebih dari 90 menit.

 

Makanya, setiap tim berupaya tampil all out saat masak menu Oriental Cuisines yang disajikan ala hotel berbintang atau restoran ternama di Surabaya. Tim A (Alya Alfita Z., dkk) kebagian tugas masak dua menu yakni Cantonese Chicken dan Szechuan Soup.

 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masak Cantonese Chicken terdiri atas chicken, water, bebeko, sugar, salt, cinnamon, star anise, ngohiong, Chinese wine, sesame oil, shrimp crocucis, lime dan tambahkan food color (red & yellow) secukupnya.

 

Ayam utuh yang sudah dibersihkan bulu dan jeroan perutnya kemudian di-boil sampai setengah matang. Selanjutnya ayam tersebut di-deep fry baru ditiriskan di atas kitchen agar minyaknya menetes sampai tuntas. Selanjutnya ayam yang sudah di-fry tersebut dicelupkan minyak bumbu sampai merata, sebelum digioreng lagi hingga matangnya sempurna.

 

Selanjutnya demi membuat Szechuan Soup yang sedap, maka bahan masakan yang disiapkan terdiri atas dried fish lips, chicken breast, ear mushroom, shitake mushroom, tofu dan carrot (keduanya dipotong julienne) dan pock coy (di-pickled lebih dulu).

 

Chicken breast di-boil di atas kompor dengan api kecil demi membuat chichen stock-nya barulah bahan-bahan yang lainnya seperti dried fish lips, ear mushroom, shitake mushroom, tofu, carrot dan pock coy dimasukkan ke dalam wadah sup tersebut.

 

Selain itu, mereka juga masih harus membuat Szechuan Sauce-nya. Bahan untuk membikin sauce meliputi red chili dan hot chili (di-blend lalu di-sautee lebih dulu), chili oil, garlic oil, black vinegar, mushroom soy, shao xing wine, ginger (di-crushed), sesame oil dan Szechuan pepper (di-blend lalu ditambahkan seasoning secukupnya).

 

Szechuan Sauce yang telah siap tersebut baru dimasukkan ke dalam wadah sup agar cita rasa Szechuan Soup yang sedang dimasak tersebut benar-benar mirip seperti aslinya, yakni tasty dan deliciously.

 

Aksi ciamik Tim B (Christy Angelica cs) yang ditugasi untuk masak dua menu yang sama, yakni Cantonese Chicken dan Szechuan Soup yang tasty dan deliciously, juga tidak kalah hebohnya saat berjibaku di hot kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Mereka bahu membahu di kitchen demi mempersembahkan dua masakan Oriental Cuisines yang legendaris dan sampai saat ini kedua menu masakan menyehatkan tersebut masih tetap eksis di Indonesia.

 

”Jika semua pekerjaan rampung, sekarang kalian tinggal mem-plating dan meng-garnish-nya agar dua menu masakan Oriental Cuisines yang cukup populer di Surabaya ini tampil cantik, menarik dan berkelas,” tandas Chef Nadya Ratri Aryani, di hadapan anak didiknya. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar