twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 03 Oktober 2022

Aksi Ciamik Praktik Buat Aneka Kreasi Es Krim Kekinian di Kitchen Graha Tristar Surabaya


Oreo Ice Cream Dome, Peach Ice Cream Cake dan Biscoff Lotus Ice Cream Tartlet, Tiga Kreasi Ice Cream Persembahan Mahasiswa Pastry Art  

 

SETELAH diajarkan cara buat Melon Sorbet, Es Puter Kelapa Muda dan Sweet Corn Gelato, maka pada pertemuan kali kedua, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 dan A-2 Pagi yang diasuh Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Renny Savitri, giliran mempersembahkan Oreo Ice Cream Dome, Peach Ice Cream Cake dan Biscoff Lotus Ice Cream Tartlet yang keren.


Selama praktiik membuat tiga kreasi es krim kekinian tersebut di Kitchen Patisserie Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, Rabu (21/09/2022) lalu, tiga mahasiswa Pastry Art Class kembali memanfaatkan tiga unit mesin pemroses es krim berukuran portable, dalam waktu yang bersamaan dengan durasi sekitar 60 menitan pada suhu -4* C.

 

Menurut Chef Renny Savitri, mesin pemroses es krim merk GEA tipe ICE-1530 dengan daya listrik 150 W (220 V) dan berkapasitas 1,5 liter dengan berat total 11,5 kg itu praktis banget jika digunakan untuk sarana mahasiswa praktik membuat es krim dan es puter kekinian di cold kitchen Graha Tristar Surabaya.

 

Sebelum mulai praktik, Chef Renny lebih dulu menjelaskan cara membuat tiga kreasi es krim sesuai panduan singkat yang tersaji pada Buku Ajar (Silabus) yang sudah diberikan kepada mahasiswa. Selain itu, mereka juga dikenalkan bagaimana cara mengaplikasikan mesin pemroses es krim portable yang masih baru tersebut.

 

Selanjutnya demi memudahkan pekerjaan di cold kitchen Graha Tristar, 13 mahasiswa Pastry Art Class yang hadir pagi itu dibagi tiga tim. Tim A (Richard bersama tiga rekannya) kebagian tugas untuk membuat Oreo Ice Cream Dome.

 

Sedangkan Tim B yang dimotori Vince bersama tiga mahasiswa lainnya dipercaya membuat Peach Ice Cream Cake dan Tim C yang diketuai Marcel bersama empat orang mahasiswa yang lain mendapat jobs membuat Biscoff Lotus Ice Cream Tartlet.

 

Dalam penjelasannya di hadapan mahasiswa, Chef Renny berujar bahwa proses pembuatan Oreo Ice Cream Dome, Peach Ice Cream Cake dan Biscoff Lotus Ice Cream Tartlet lebih ribet daripada membuat Melon Sorbet dan Es Puter Kelapa Muda yang telah dipraktikkan sehari sebelumnya.

 

Untuk membuat Oreo Ice Cream Dome, misalnya, bahan yang diperlukan terdiri dari fresh cream, fresh milk, sugar, cornstarch, egg yolk, vanilla, rum paste dan oreo (yang sudah di-chop lebih dulu).

 

Selanjutnya siapkan juga bahan untuk membuat chocolate sponge yang bahannya meliputi egg, sugar, cake emulsifier, cake flour (kunci biru), cornstarch, cocoa powder, melted butter, chocolate paste, fresh cream, red cherry (untuk garnish-nya), oreo dan dark chocolate compound.

 

”Sebelum ditampilkan di meja display produk, Oreo Ice Cream Dome yang sudah jadi tersebut lalu di-plating dan di-garnish sekeren mungkin agar tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas,” tambah Chef Dwi Mei Retnowati.


Demi hasil terbaik, lanjut Chef Mei, es krim yang sudah diproses dengan mesin pemroses es krim lalu di-freezer hingga membeku. Langkah ini dilakukan agar es krim yang telah di-plating tersebut nantinya tak cepat meleleh. Good jobs! Chef. Amazing

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar