twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Minggu, 23 Oktober 2022

Aksi Ciamik Mahasiswa Praktik Hot & Cold Pudding Art di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Pastry Art Class Diajarkan Chef Renny Buat Polcadot Pudding, Moss & Butter Pudding dan Coconut Caramel Pudding yang Keren


PADA tatap muka hari kedua materi praktik Hot & Cold Pudding Art, Selasa (11/10/2022) lalu, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas Pagi yang dibimbing Chef Renny Savitri, tampil percaya diri saat praktik membuat tiga kreasi pudding kekinian yang keren, di Kitchen Patisserie 2, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Tiga kreasi pudding kekinian tersebut adalah Polcadot Pudding, Moss & Butter Pudding dan Coconut Caramel Pudding. Aneka kreasi Hot & Cold Pudding Art yang diajarkan mahasiswa Pastry Art ini menjadi andalan sejumlah hotel berbintang di Surabaya untuk dihidangkan pada acara jamuan makan ala fine dining, table manner maupun buffet karena tampilannya yang superkeren, berkelas dan elegan.

 

Selama gelaran praktik hari kedua pagi itu, Chef Renny, sapan akrabnya, berbagi ilmu dengan 12-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi untuk kembali membuat tiga kreasi Hot & Cold Pudding Art dengan tampilan kekinian.

 

Sedangkan pada pertemuan hari pertama, Senin (10/10.2022), mahasiswa Pastry Art Class juga diajarkan teknik membuat tiga kreasi Hot & Cold Pudding Art bertajuk Crème Brule, Bread Butter Pudding dan Klapertaart yang cantik dan menarik.

 

Sebanyak 12 mahasiswa itu dibagi menjadi empat tim, setiap tim kebagian membuat satu kreasi pudding kekinian, Resep untuk membuat aneka kreasi pudding itu sendiri sudah tersaji dalam Buku Ajar (Silabus) yang sudah dibagikan sebelumnya.

 

”Praktik membuat tiga kreasi Hot & Cold Pudding hari ini masih akan berlanjut pada pertemuan hari terakhir, Rabu (12/10/2022), dengan membuat Lava Pudding, Montelimar Pudding with Vanilla Sauce dan Chocolate Coffee Souffle,” kata Chef Renny kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, belum lama ini.

 

Masih menurut Chef Renny, untuk membuat Polcadot Pudding, misalnya, maka pekerjaan tahap pertama yang harus dikerjakan tiga personel Tim A adalah membuat Pudding Chocolate-nya. Bahan yang dibutuhkan meliputi agar-agar chocolate, jelly powder plain, sugar, fresh milk dan black forest paste.

 

”Sedangkan tahapan pekerjaan berikutnya membuat Pudding Vanilla-nya. Bahan yang diperlukan terdiri atas agar-agar plain, jelly powder plain, sugar, fresh milk dan vanilla paste,” lanjut Chef Renny.

 

Sementara itu untuk membuat Moss & Butter Pudding, maka mahasiswa anggota Tim B maupun anggota Tim C pun diminta menyiapkan bahan untuk masak Moss Pudding-nya lebih dulu, yakni agar-agar, sugar, coconut cream (kara), water, egg, salt dan pandan paste.

 

“Sedangkan untuk membuat Butter Pudding-nya sendiri, maka bahan yang dibutuhkan meliputi margarine (melted), butter (melted), egg yolk, agar-agar powder, sugar, fresh milk dan vanilla paste,” ujar Chef Renny Savitri di hadapan anak didiknya.

 

Tak mau kalah dengan antusiasme personel Tim A, B dan C, maka Tim D yang beranggotakan tiga orang mahasiswa pun tampil ciamik saat berjibaku di Kitchen Patisserie Graha Tristar, demi membuat Coconut Caramel Pudding yang keren, berkelas dan elegan.

 

Setelah semua pekerjaan rampung, tiga kreasi pudding kekinian itu di-plating dan di-garnish lebih dulu agar tampilannya cantik, menarik dan berkelas, sebelum Hot & Cold Pudding Art tersebut di-display di meja uji untuk didokumentasikan lebih dulu, sebelum dievaluasi dosen pembimbing. Good jobs! Bro & Sis. Very very cool

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar