twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Jumat, 21 Oktober 2022

Asyiknya Belajar Teknik Dasar Pengolahan Petit Four Kekinian Bersama Chef Daniel Pradipta


Mahasiswa Pastry Art Antusias Buat Choux Cup, Éclair, Choux Roll, Fruit Exotic Cake, Edelweiss Cake dan Cheese Strawberry Cake nan Cantik dan Elegan


USAI liburan tengah semester, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelaa A-1 Pagi kembali mengikuti jadwal perkuliahan baru dengan materi materi belajar Teknik Dasar Pengolahan Petit Four kekinian bersama Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group, Chef Daniel Pradipta.


Selama dua kali pertemuan itu, Chef Daniel berbagi ilmu cara membuat enam kreasi Petit Four kekinian nan cantik dan elegan. Pada tatap muka hari pertama, Senin (10/10/2022) pagi, mahasiswa praktik membuat tiga kreasi Petit Four yakni Choux Cup, Éclair dan Choux Roll.


Sedangkan pada tatap muka hari kedua, Selasa (11/10/2022) pagi, Chef Daniel mengajarkan cara membuat tiga kreasi Petit Four yang berbeda dari sebelumnya, yakni Fruit Exotic Cake, Edelweiss Cake dan Cheese Strawberry Cake, di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.


Praktik membuat tiga kreasi Petit Four hari pertama itu diikuti 14 orang mahasiswa Pastry Art Class. Sesuai Buku Ajar (Silabus), mereka diajarkan membuat enam kreasi Petit Four kekinian yang keren dan berkelas.


”Aneka kreasi Petit Four yang saya ajarkan ini ukurannya dibuat agak mungil, rapi dan detail hiasannya pun tampak glowing agar tampilannya semakin cantik dan berkelas,” kata Chef Daniel di hadapan anak didiknya, pekan lalu.


Selama praktik hari kedua, Selasa (11/10/2022) pagi, di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, Tim A diminta Chef Daniel membuat Fruit Exotic Cake. Sedangkan Tim B kebagian tugas membikin Edelweiss Cake serta Tim C dan Tim D fokus mengerjakan Cheese Strawberry Cake. Untuk memudahkan pekerjaan dan pembagian tugas di cold kitchen, masing-masing tim beranggotakan 3-4 orang mahasiswa.


Demi membuat Fruit Exotic Cake nan cantik dan elegan, maka Tim A harus berjibaku di cold kitchen sejak prepare bahan, memproses hingga menampilkan kreasi Petit Four itu di meja display produk sebelum dievaluasi oleh dosen pembimbing.


Untuk membuat Fruit Exotic Cake ada tiga tahapan pekerjaan. Tahapan pekerjaan pertama, menyiapkan bahan untuk membuat Sponge Cake yakni egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, vanilla paste, butter (melted) dan orange zest.


Sedangkan tahapan pekerjaan selanjutnya membuat Sponge Pudding dan bahan yang dibutuhkan adalah agar-agar, fresh milk, sugar, orange essence, egg yolk, egg white dan sugar. Egg white dan sugar di-mixed demi membuat meringue-nya. Untuk tahapan pekerjaan terakhir adalah menyiapkan bahan untuk Topping-nya, yang terdiri dari water, sugar, agar-agar dan mandarin orange.


Tim B yang kebagian tugas membuat Edelweiss Cake, antusias menyiapkan bahan untuk membuat adonan Vanilla Sponge seperti egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, cornstarch, margarine (melted) dan vanilla paste.


Selanjutnya bahan untuk Butter Cream-nya sendiri berupa butter, white margarine, condensed milk, vanilla paste, icing sugar, strawberry jam, white chocolate compound (WCC) dan red cherry sebagai garnish-nya.


Adonan Edelweiss Cake yang sudah kalis lalu ditaruh di atas loyang kemudian di-oven (bakimg) pada suhu 180*C selama 30-35 menitan. Cake yang sudah matang dbentuk bulat dengan diameter 10 cm baru dihias dengan motif daun dan bunga edible sesuai arahan dari dosen pembimbing.


Tak mau kalah dengan semangat kerja personel Tim A maupun Tim B, maka anggota Tim C dan Tim D pun tampil percaya diri di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya, demi mempersembahkan kreasi Petit Four yang superkeren, yakni Cheese Strawberry Cake. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible …


Anda tertarik dengan aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class di kampus Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan menghubungi Divisi Marketing Akpar Majapahit Jl Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 8480821-22, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar