twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Kamis, 13 Oktober 2022

Melihat Kehebohan Final Exam Mahasiswa Pastry Art di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya


Mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi Sukses Tampilkan Tujuh Kreasi Cakes Kekinian nan Elegan 


PADA gelaran final exam hari kedua, Rabu (28/09/2022) lalu, tujuh mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari diasuh oleh Chef Dwi Mei Retnowati, sukses mempersembahkan tujuh kreasi cakes dengan tampilan kekinian nan elegan. Ujian praktik pastry secara individual tersebut mengangkat tema Amazing Cake Creations 2022.

 

Gelaran final exam itu sendiri dihelat selama dua hari, Selasa (27/09/2022) dan Rabu (28/10/2022) di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, dengan menghadirkan tiga orang juri independen dari Tristar Group. Dalam penjurian kali ini suasananya di-set up sedemikian rupa, sehingga mirip dengan suasana pesta perayaan hari ulang tahun. Pokoknya heboh banget!

 

Ujian praktik hari kedua itu diikuti tujuh mahasiswa Pastry Art Kelas A-1 Pagi. Mereka adalah Aisyah Aulia, Cindy Rizky Aulia, Habib Taufiqurrahman, Nicolaus Caesario, Reynaldy Dwi Pangga, Vaneza Lawrence Supit dan Yohanes Sadewa.

 

Aisyah pagi itu tampil all out di cold kitchen demi mempersembahkan Vanilla Chiffon Sandwich, Cindy berjibaku membuat Strawberry Fruit Cake dan Habib antusias menampilkan Strawberry Red Velvet Roll Cake kekinian nan elegan.

 

Sementara itu Nicolaus dengan penuh percaya diri membikin Chicken Curry Cake yang berasa asin/gurih (savoury taste), Reynaldy fokus membuat Japanese Mango Cake, Vaneza asyik bekerja di kitchen patisserie demi menampilkan Durian Sponge Cake dan Sadewa sibuk menyiapkan kreasi terbaiknya bertajuk Strawberry Pudding Cake.

 

Selama ujian praktik membuat aneka kreasi cakes kekinian di Kitchen Patisserie 1, Lantai 2 Graha Tristar Surabaya, setiap peserta ujian tampil all out demi mempersembahkan kreasi terbaiknya di hadapan tim juri yang terdiri dari Chef Renny Savitri, Chef Sari Palupi dan Chef Lusiana.

 

Di sela-sela mendampingi mahasiswa ujian praktik di cold kitchen, Chef Lusiana mengatakan ujian praktik individual mahasiswa Pastry Art itu berdurasi 2,5-3 jam, sejak persiapan bahan, memproses hingga mem-plating hasil kreasi Amazing Cake Creations 2022 dengan tampilan kekinian tersebut. Di antara kreasi cakes yang ditampilkan mahasiswa tersebut ada yang menggunakan teknik chiffon (cake) method, sponge method atau butter method.

 

“Sedangkan hasil kreasi mahasiswa itu nantinya dinilai oleh tiga juri. Kriteria penilaiannya meliputi tiga aspek, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di industri perhotelan,” terang Chef Lusi, sapaan akrab Dosen Pengajar Pastry Art Tristar Group kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya.

 

Ujian praktik yang mengusung tema Amazing Cake Creations 2022 ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka dikenalkan teknik dasar membuat aneka kreasi produk pastry kekinian dan mereka juga diajarkan cara menghias cakes agar tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas.

 

Selain menghadiri gelaran final exam secara individual di Kitchen Patisserie Graha Tristar, mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi juga mengikuti ujian teori di dalam kelas, di mana materi ujiannya berupa pengetahuan umum seputar teknik pengolahan produk pastry berikut metode pembuatannya hingga menebak nama-nama bahan roti dan kue, Good jobs! Bro & Sis. Congratulations …

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Pastry Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar