twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 04 Oktober 2022

Memotret Aksi Mahasiswa Praktik Masak Oriental Cuisines Bersama Chef Thomas Denny


Wow! Lezatnya Angshio Hie Bie dan Steamed Fish with Black Bean & Ginger, Dua Menu Chinese Food Legendaris Persembahan Mahasiswa Culinary Art

 

GILIRAN Dosen Pengajar Tristar Group, Chef Thomas Denny yang menantang mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, masak dua menu Chinese Food legendaris, yakni Angshio Hie Bie dan Steamed Fish with Black Bean & Ginger yang tasty & deliciously, di Kitchen Modern 2, Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya, Senin (26/09/2022) pagi.

 

Sebanyak sembilan orang mahasiswa Culinary Art Class yang hadir pagi itu dibagi empat tim masing-masing beranggotakan 2-3 orang. Setiap tim kebagian tugas masak dua menu masakan Oriental Cuisines (Chinese Food) dengan durasi masaknya sekitar 90 menitan.

 

Setiap tim tampil antusias saat masak menu Oriental Cuisines yang disajikan ala terkenal di Surabaya. Tim A (Abul dan Syahrul) kebagian tugas masak dua menu yakni Angshio Hie Bie dan Steamed Fish with Black Bean & Ginger yang tasty & delicious dengan tampilan berkelas dan elegan tentunya.

 

Menurut Chef Thomas, bahan-bahan yang diperlukan untuk masak Angshio Hie Bie terdiri dari Snapper fillet yang sudah di-slice dan tambahkan tepung SP secukupnya sebelum fillet-an ikan Kakap tersebut di-breading dan di-fry. Selanjutnya tapioca flour dan maizena di-mix bersama snapper fillet dan tofu yang di-slice atau dipotong seukuran dadu dan sudah di-fry.

 

Selama proses memasak Angshio Hie Bie tersebut tambahkan garlic oil (take with garlic yang di-sautee), onion yang dipotong cube, red chili (sudah dipotong julliene), salt, sugar & pepper, Chinese wine, tausi, oyster sauce, pepper, soy sauce, sesame oil, garlic yang sudah di-chop dan di-sautee, hioko mushroom (sebelumnya di-boiling lebih dulu kemudian di-slice) dan water.

 

”Jika cita rasanya dinilai masih kurang sedap, kalian bisa menambahkan seasoning secukupnya sampai rasa kuah Angshio Hie Bie tersebut betul-betul hau ce alias superlezat,” ujar Chef Thomas, di hadapan mahasiswa Culinary Art Class.

 

Sementara itu bahan-bahan yang dibutuhkan untuk masak Steamed Fish with Black Bean & Ginger meliputi Gurame fish yang sudah dibersihkan isi perut dan sisiknya, black bean, ginger (separo dipotong julliene dan sisanya di-slice), garlic di-chopped dan leek (sebagian di-cut 2-3 cm dan sisanya dipotong julliene).

 

Sedangkan shao xing wine, soy sauce, sesame oil dan fish sauce di-mix all lalu ditambahkan seasoning secukupnya. Sebelum ikan di-steamed sekitar 30-45 menitan bersama bumbu termasuk black bean, irisan ginger, chopped garlic, red chili yang sudah dipotong julliene, coriander leaf, salf & pepper dan potongan leek tersebut.

 

Nah, agar kuah bumbunya tidak sampai merembes saat dikukus, sebaiknya kalian bisa memanfaatkan alumunium foil selama proses steam-nya. Kalau alumunium foil-nya tidak tersedia di hot kitchen, maka kalian bisa menggunakan pyrex untuk men-steam Gurame fish tersebut,” ujar Chef Thomas.

 

Aksi heboh pun ditunjukkan Tim B (Monica dan Annisa), Tim C (Seylla, Jessica dan M. Farizky) dan Tim D (Uci dan Tasya), yang pagi itu juga kebagian tugas masak dua menu yang sama, yakni Angshio Hie Bie dan Steamed Fish with Black Bean & Ginger yang tasty & deliciously. Masing-masing tim harus berjibaku di kitchen Graha Tristar demi menampilkan dua menu masakan Chinese Food yang legendaris tersebut.

 

Personel masing-masing tim pun bahu membahu di kitchen demi menampilkan dua masakan Oriental Cuisines yang legendaris dan sampai sekarang kedua menu masakan sehat dan menyehatkan tersebut masih diminati pecinta kuliner di Surabaya dan sekitarnya.


”Selanjutnya masing-masing tim saya minta mem-plating dan meng-garnish-nya agar dua menu masakan Oriental Cuisines yang legendaris tersebut tampilannya semakin berkelas dan elegan ala hidangan mewah di restoran terkenal,” tandas Chef Thomas  di sela-sela kesibukannya mengevaluasi hasil kerja anak didiknya. Good jobs! Bro & Sis. Amazing

 

Anda tertarik kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan datang langsung ke Kampus Akpar Majapahit, Graha Tristar Jl. Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar