twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Senin, 10 Oktober 2022

Dari Keseruan Final Exam Culinary Art di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


Aneka Kreasi Menu Masakan Asian Cuisines yang Tasty Persembahan Mahasiswa Culinary Art Kelas A-1 Pagi

 

PADA gelaran final exam hari kedua yang digelar Rabu (28/09/2022) lalu, tujuh mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-1 Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Nadya Ratri Aryani, tampil all out demi mempersembahkan anerka kreasi menu masakan Asian Cuisines yang tasty dan keren tampilannya, di Kitchen Modern 1 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Dalam ujian praktik masak individual tersebut masing-masing peserta harus berjibaku di kitchen demi menampilkan kreasi masakan terbaiknya di hadapan tim juri, yang terdiri dari Chef Thomas Denny, Chef Ardi Santoso dan Chef Nadya Ratri Aryani.

 

Selama bekerja di hot kitchen, Anna Elissa Santoso tampil percaya diri saat masak Nasi Tim Ayam Jamur dan Kekian Ayam Udang. Selanjutnya Yolanda Pangestu fokus masak Nasi Siram Udang Telur dan Choi Pan, sedangkan Evan Alexander Kristiono membuat Chicken Iga yang lezat.



Giliran yang tampil berikutnya adalah Muhammad Farhan Fajri yang pagi itu tampak antusias demi masak Sup Kembang Tahu, sedangkan Agustinus Worodono Putro Nugroho membuat Koloke, Jonathan Tjandra Yulianto masak Tamie Cap Cay dan Kresna Priyotama membikin Sup Jagung.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari kedua itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta juga wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan tersebut tampil keren layaknya menu makanan yang biasa dihidangkan di hotel berbintang dan restoran terkenal di Surabaya.

 

Durasi masak dari prepare bahan masakan, memprosesnya di kitchen lalu menyajikannya di meja display produk dibatasi tidak lebih dari 90 menit. Dengan demikian masing-masing peserta ujian praktik masak tersebut harus pandai mengatur waktu saat bekerja di kitchen kampus Graha Tristar.

 

Selanjutnya hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yakni Chef Thomas Denny, Chef Ardi Santoso dan Chef Nadya Ratri Aryani. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di hotel-hotel berbintang.

 

Kepada kru www.sekolahmasak.info, di ruang kerjanya, Chef Nadya mengatakan, ujian praktik masak kali ini masing-masing tim bebas memilih kreasi Asian Cuisines atau American Cuisines. Sementara itu untuk masakan Asian Cuisines itu sendiri pilihannya bisa berupa masakan yang berasal dari Jepang, Korea, Tiongkok, Vietnam atau Thailand.

 

”Dalam ujian praktik masak kali ini, mahasiswa tampaknya banyak yang tertarik mengangkat masakan Asian Cuisines khususnya Chinese Food (Oriental Cuisines) mulai appetizer, soup, main course hingga dessert-nya yang tasty & deliciously,” ujar Chef Nadya seusai acara penjurian.

 

Masih menurut Chef Nadya, ujian praktik masak itu sendiri bertujuan untuk mengukur sejauh mana atensi mahasiswa, setelah mereka diajarkan teknik masak aneka menu masakan tersebut. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible taste

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar