twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Selasa, 11 Oktober 2022

Memotret Kehebohan Final Exam Culinary Art di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya


10 Kreasi Masakan Asian Cuisines yang Ditampilkan Mahasiswa Culinary Art Kelas A-2 Pagi Diapresiasi Tim Juri 


TIM JURI yang terdiri dari Chef Ardi Santoso, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Thomas Denny mengapresiasi 10 kreasi masakan Asian Cuisines yang ditampilkan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi, selama pelaksanaan final exam hari kedua, Rabu (28/09/2022) lalu.

 

Selama gelaran ujian praktik masak pada hari kedua itu, delapan mahasiswa Culinary Art Akpar Majapahit Kelas A-2 Pagi yang sehari-hari dibimbing Chef Thomas Denny, tampil percaya diri saat berjibaku di Kitchen Modern 2 Lantai 3 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Dalam ujian praktik masak tersebut ada seorang mahasiswa yang tampil secara individual di Kitchen Modern Graha Tristar Surabaya. Sedangkan tujuh mahasiswa lainnya dibagi dalam tiga tim. Masing-masing tim pun harus tampil all out, demi mempersembahkan aneka kreasi masakan terbaiknya di hadapan tiga orang juri tersebut.

 

Selama berjibaku di hot kitchen, Gabriel Rafael Iban Demen tampil individual saat masak satu set menu makanan yang terdiri dari Fried Bread with Shrimp Filling (Appetizer), Hot & Sour Soup (Soup) dan Salt & Pepper Calamary (Main Course).

 

Selanjutnya Tim E (Muhammad Farizky Dafa, Syahrul Chuzaini dan Jessica) fokus masak Money Bag with Bangkok Sauce (Appetizer, berupa olahan daging sapi ala siomay yang disajikan dengan saus Bangkok), Tomato & Tofu Soup (Soup) dan Dan Dan Noodle (Main Course) yang tasty.



Sedangkan Tim F (Monica Salsabila dan Sucy Rahmadani) bekerja all out di kitchen demi membuat Stuffed Potato dan Chicken Roulade. Terakhir, Tim G (Stanley Erico Caesar dan Seylla Marcelia) tampil penuh antusias ketika masak Tofu Enoki dan Shrimp Pop Corn yang deliciously.

 

Sebelum hasil kreasi masakan mahasiswa dalam final exam hari kedua itu ditampilkan di hadapan tim juri, masing-masing peserta juga wajib mem-plating dan meng-garnish-nya lebih dulu agar masakan tersebut tampil keren layaknya menu makanan yang biasa disajikan di hotel berbintang dan restoran ternama di Surabaya.

 

Durasi masak dari prepare bahan masakan, memprosesnya di kitchen lalu menghidangkannya di meja display produk dibatasi tidak lebih dari 120 menit. Dengan demikian masing-masing peserta ujian praktik masak yang hadir pagi itu harus memperhatikan manajemen waktu saat bekerja di kitchen kampus Graha Tristar.

 

Selanjutnya hasil kreasi masakan mahasiswa itu dinilai oleh tim juri yakni Chef Ardi Santoso, Chef Nadya Ratri Aryani dan Chef Thomas Denny. Setidaknya ada tiga kriteria penilaian, yakni tampilan & kreativitas, tekstur dan cita rasa. Penilaian tersebut mengacu pada Standard Operation Procedure (SOP) yang biasa diaplikasikan di hotel-hotel berbintang.

 

Secara overall, tiga orang juri pun sepakat untuk mengapresiasi kerja keras dari Gabriel, sapaan akrab Gabriel Rafael Iban Demen, yang tampil secara individual di hot kitchen, demi mempersembahkan satu set menu yang terdiri dari Appetizer, Soup dan Main Course yang tasty.

 

Sedangkan tiga personel Tim E yang dimotori Syahrul Chuzaini juga layak diberi pujian karena berkat kesolidannya sukses menampilkan satu set menu yang terdiri Money Bag with Bangkok Sauce (Appetizer), Tomato & Tofu Soup (Soup) dan Dan Dan Noodle (Main Course) yang lezat rasanya dan keren tampilannya. Good jobs! Bro & Sis. Congratulations

 

Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa Culinary Art Class dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar