twitter
S1 Teknologi Pangan

Culinary - Patisserie - Culinology - Molecular Gastronomy.



Food Technology.

Tristar Institute - Jemursari 244 - Surabaya

Info: 081234506426 - 081233752227.

Pages

Rabu, 03 Agustus 2022

Aksi Mahasiswa Pastry Art Praktik Foodpreneur di Kitchen Patisserie Graha Tristar Surabaya


Chef Mei Tampilkan Chiffon Cake dan Checkerboard Cake, Chef Daniel All Out Buat Strawberry Pavlova Roll Cake

 


GELARAN Baking Demo for Entrepreneur kali kedua kembali bergulir pada Senin (01/08/2022) pagi. Sebanyak 25-an mahasiswa Pastry Art Akpar Majapahit Kelas A-1 dan A-2 Pagi yang diasuh Chef Dwi Mei Retnowati dan Chef Daniel Pradipta, tampak semangat mengikuti kegiatan yang dihelat di Kitchen Patisserie, Lantai 2 Graha Tristar Jl. Raya Jemursari No. 244 Surabaya.

 

Baking Demo for Entrepreneur kali kedua ini tujuannya untuk membekali anak didiknya seputar materi Foodpreneur agar pelaksanaannya nanti bisa saling melengkapi dengan materi praktik reguler di Kitchen Patisserie Lantai 2 Graha Tristar yang sudah disusun pihak Akademik.

 

Demi menyukseskan Program Foodpreneur, Dosen Pengajar Pastry Art Kelas A-1 Pagi, Chef Dwi Mei Retnowati tampil percaya diri saat demo membuat dua kreasi cakes kekinian, yakni Chiffon Cake dan Checkerboard Cake bersama anak didiknya.

 

Selama membuat dua kreasi cakes di Kitchen Patisserie 1 Lantai 2 Graha Tristar, Chef Mei juga melibatkan langsung 12 orang mahasiswa (dibagi dalam dua tim) yang hadir pagi itu, Hal ini demi meningkatkan ketrampilan dan kompetensi mahasiswa dalam pelaksanaan Program Foodpreneur.

 

Untuk membuat Chiffon Cake sesuai dengan standar industri, Chef Dwi Mei Retnowati pun berbagi resep dengan anak didiknya karena resep itu tidak tersedia di Buku Ajar (Silabus) Pastry yang telah dibagikan kepada mahasiswa.


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Chiffon Cake adalah egg yolk, sugar, cake flour, baking powder, salad oil, fresh milk, mocha paste, egg white, cream of tartar, sugar, fresh cream dan red cherry untuk garnish-nya.

 

Sementara itu demo membuat kreasi cake yang kedua adalah Checkerboard Cake. Demi membuat cake kekinian yang satu ini, maka bahan A yang disiapkan meliputi egg, sugar, cake emulsifier, cocoa powder, medium flour, margarine, dark chocolate compound (DCC) dan chocolate paste.

 

Sedangkan untuk bahan B sendiri bahan yang diperlukan adalah egg, sugar, cake emulsifier, milk powder, medium flour, margarine, white chocolate compound (WCC) dan vanilla paste. Selanjutnya bahan untuk membuat Filling-nya adalah fresh cream dan DCC, sedangkan untuk Cover dan Topping-nya sendiri, maka bahan yang disiapkan di kitchen adalah whipped cream dan DCC.

 

”Selama berjibaku di kitchen, saya juga melibatkan sejumlah mahasiswa dari masing-masing tim, sehingga durasi Baking Demo for Entrepreneur tersebut tidak lebih dari tiga jam, sejak prepare bahan, proses mengolah hingga menghiasnya di meja display,” ujar Chef Mei kepada kru www.sekolahmasak.info di ruang kerjanya, kemarin.

 

Sementara itu kesibukan serupa juga tampak di Kitchen Patisserie 2, Lantai 3 Graha Tristar, Senin (01/08/2022) pagi. Dosen Pengajar Pastry Art Akpar Majapahit, Chef Daniel Pradipta bersama 13 anak didiknya harus bekerja all out di kitchen, demi mempersembahkan Strawberry Pavlova Roll Cake yang keren tampilannya.

 

Di hadapan mahasiswa Pastry Art Kelas A-2 Pagi, Chef Daniel lebih dulu membagikan resep cara membuat Strawberry Pavlova Roll Cake kekinian. Setidaknya ada tiga tahapan pekerjaan yang harus dijalani.

 

Pekerjaan tahap pertama membuat Sponge Cake lebih dulu. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Sponge Cake adalah egg, sugar, cake emulsifier, cake flour, corn starch, milk powder, melted margarine, vanilla paste dan strawberry paste.

 

Tahapan pekerjaan selanjutnya menyiapkan Filling-nya. Bahan untuk membuat filling-nya sendiri meliputi fresh cream, icing sugar, strawberry dan strawberry jam. Sementara itu untuk tahapan pekerjaan ketiga adalah membuat Meringue Roll (di-bake pada suhu 160*C selama 20-25 menitan). Bahan yang diperlukan terdiri atas egg white, lemon juice, sugar, icing sugar, brown sugar dan corn starch.

 

Setelah proses nge-roll cake tersebut tuntas, barulah Strawberry Pavlova Roll Cake itu dihias sekeren mungkin agar tampilannya semakin cantik, menarik dan berkelas. Tampilan keren dari cake itu menjadi added value saat produk pastry tersebut di-display dan dijual online,” pungkas Chef Daniel. Good jobs! Bro & Sis. The most incredible


Anda tertarik aneka kegiatan mahasiswa dan ingin menjadi bagian dari civitas akademika Akpar Majapahit (member of Tristar Group), silakan daftarkan diri Anda dengan datang langsung ke Graha Tristar Jl Raya Jemursari 244 Surabaya, Telp. (031) 8433224-25, 081 330 350 822, 0812 3375 2227 (WA) atau 0813 5786 6283 (WA), sekarang juga. (ahn)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar